Rabu, 1 Oktober 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Dua Tahun Melemah, Bisnis Pesan-Antar Makanan di Asia Tenggara Kembali Tumbuh

18 Februari 2025
in Headline
Reading Time: 2 mins read
pesan-antar makanan

Dua Tahun Melemah, Bisnis Pesan-Antar Makanan di Asia Tenggara Kembali Tumbuh (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Setelah dua tahun pertumbuhannya melemah sebesar 5%, sektor pengiriman makanan di Asia Tenggara kembali pulih pada tahun 2024. Belanja pesan-antar makanan di Asia Tenggara tumbuh 13% YoY menjadi US$19,3 miliar pada tahun 2024 dengan Vietnam dan Indonesia memimpin pertumbuhan.

Hal itu terungkap dari laporan tahunan yang dirilis perusahaan riset Momentum Works bertajuk “Food Delivery Platforms in Southeast Asia”.

Jianggan Li, Chief Executive Officer dan Founder Momentum Works mengatakan, kebangkitan ini sebagian besar didorong oleh Vietnam dan Indonesia, sementara negara-negara lain mencatat pertumbuhan dua digit atau hampir dua digit.

“Setelah bertahun-tahun memprioritaskan keuntungan, platform pesan-antar makanan terkemuka di Asia Tenggara telah mendapatkan kembali momentum untuk mendorong fase pertumbuhan berikutnya,” kata Jianggan, seperti dilansir TN Global, Senin (17/2/2025).

Baca juga :   Gadget Insurance Makin Diminati Masyarakat Indonesia

Meskipun pertumbuhan pasar makanan dan minuman (F&B) secara keseluruhan mengalami perlambatan menjadi 4,6%, penetrasi pesan-antar makanan semakin dalam, berkat segmen pelanggan baru dan strategi platform yang terus berkembang.

“Dengan segmentasi pelanggan yang lebih tajam dan peningkatan efisiensi operasional, mereka kini siap untuk mengeksplorasi langkah-langkah yang lebih berani dan strategis yang mendorong ekspansi berkelanjutan,” tambahnya.

Menurut laporan itu, pasar pesan-antar makanan di Indonesia mengalami pertumbuhan sebesar 18%, didorong oleh upaya ekspansi agresif dari Grab, Gojek, dan ShopeeFood. Pasar pesan-antar makanan di Vietnam mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 26%.

Sementara itu, Grab mempertahankan posisi teratasnya, meningkatkan keunggulannya atas Foodpanda, sementara ShopeeFood menyalip Gojek untuk menjadi pemain terbesar ketiga di wilayah tersebut.

Laporan ini juga menunjukkan bahwa platform terkemuka seperti Grab dan ShopeeFood telah mengalihkan fokus mereka untuk menarik pelanggan pasar massal melalui inisiatif ramah anggaran seperti biaya pengiriman yang lebih rendah dan makanan bernilai tambah.

Baca juga :   Startup Asuransi Qoala Dapat Pendanaan Rp 209 Miliar

Selain itu, platform ini menargetkan wisatawan, khususnya dari Tiongkok, untuk mendorong pertumbuhan.

TikTok, di sisi lain, telah mulai menguji coba layanan lokal di Indonesia dan Thailand, yang memungkinkan pengguna membeli voucher untuk F&B dan layanan lainnya. Meski masih dalam tahap awal, masuknya TikTok dapat mengganggu pasar pesan-antar makanan, terutama jika TikTok bermitra dengan platform pesan-antar untuk pemenuhan kebutuhan.

Laporan tersebut juga menyoroti bahwa platform telah berfokus pada peningkatan keekonomian unit dengan mengoptimalkan operasi pengendara, mengurangi biaya pengiriman, dan mensegmentasi pelanggan ke dalam tingkatan massal, standar, dan premium.

Pasar pesan-antar makanan di Asia Tenggara menjadi semakin terkonsentrasi, dengan dua pemain terkemuka mendominasi lebih dari 80% pasar di sebagian besar negara. Potensi merger Grab-Gojek dapat membentuk kembali lanskap kompetitif pada tahun 2025. (*AMBS)

Baca juga :   GoFood Luncurkan Inovasi Teknologi Rekomendasi Berbasis Pencarian

 

Tags: Bisnis Pesan-Antar MakananGoFoodGraFoodShopeefood
Previous Post

Nexmedis Peroleh Pendanaan dari East Ventures dan Forge Ventures

Next Post

Mafindo Hadirkan Modul Literasi Digital Gratis untuk Siswa SMP dan SMA

Related Posts

Pojok Belajar
News

Perkuat Daya Saing UMKM Kuliner, GoFood Perluas Pojok Belajar ke 24 Kota

11 Agustus 2025
0
aplikasi GoBiz
News

Tren Makanan Yang Bisa Jadi Referensi Bagi Pelanggan dan Mitra Usaha di 2025

10 Februari 2025
0
Resto Padang Payakumbuah
News

Resto Padang Payakumbuah Catat Tingkat Pertumbuhan Paling Pesat di GoFood

7 Desember 2024
0
Load More
Next Post
modul Mafindo

Mafindo Hadirkan Modul Literasi Digital Gratis untuk Siswa SMP dan SMA

Bittime - Toke Palapa

Bittime Rencanakan Burn 80% Suplai Token Palapa dalam 2 Tahun

Media Sosial Pengaruhi Tren Liburan Gen Z Indonesia

Media Sosial Pengaruhi Tren Liburan Gen Z Indonesia

Discussion about this post

Recent Updates

Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Vokasi UI Gelar Program UMKM Naik Kelas di Kota Depok

Upskilling Jadi Kunci Lulusan Vokasi Bersaing di Dunia Kerja

30 September 2025
Tokopedia dan TikTok

Terlambat Laporkan Akuisisi Saham Tokopedia, TikTok Terkena Denda Rp15 Miliar

30 September 2025
800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

800 Mahasiswa Indonesia Terpilih Jadi Gemini Ambassador

30 September 2025
Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

Juara Chessnation 2025 Berasal dari Luar Jakarta

30 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version