youngster.id - Untuk mendukung ekspansi dan optimalisasi bisnis jual beli mobil bekas (used car) OLXmobbi, perusahaan otomotif Toyota melalui Toyota Motor Asia (Singapore) Pte. Ltd. (TMA) telah menyuntikkan dana ke Astra melalui PT Astra Digital Mobil (ADMO) sebesar US$120 juta.
Dana sebesar US$120 juta atau Rp2 triliun ini dikonversi dalam bentuk kepemilikan 40% saham di ADMO. Setelah transaksi ini terjadi, Astra melalui PT Astra Digital Internasional (ADI) tetap memiliki kontrol atas ADMO dengan kepemilikan saham sebesar 60%.
Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro mengatakan, pihaknya secara terus menerus melakukan optimalisasi terhadap bisnis inti dan sekaligus aktif berinvestasi pada bisnis yang memiliki skala yang dapat ditingkatkan dan peluang pertumbuhan yang tinggi. Menurutnya, pasar mobil bekas di Indonesia sebagian besar masih terfragmentasi, sehingga memiliki potensi besar untuk menciptakan nilai dalam skala yang juga besar.
“Kemitraan ini memperkuat komitmen kami untuk berinovasi, memberikan aksesibilitas dan solusi mobilitas terpercaya bagi masyarakat Indonesia,” ucap Djony, dikutip Rabu (7/5/2025).
Seperti diketahui, ADMO memiliki OLX.co.id dan OLXmobbi, melalui anak perusahaannya. OLX.co.id merupakan salah satu platform iklan baris digital terbesar untuk jual beli barang bekas dan jasa di Indonesia. Sedangkan, OLXmobbi merupakan bisnis mobil bekas yang menggunakan model online-to-offline, yang memiliki lebih dari 30 store dan inspection center yang tersebar di 10 kota besar di Indonesia.
Dengan memanfaatkan ekosistem otomotif Grup Astra yang komprehensif serta teknologi dan jaringan luas yang dimiliki oleh Toyota, ADMO dapat memodernisasi sektor mobil bekas dan memperluas akses untuk pelanggan di Indonesia dalam mendapatkan kendaraan berkualitas, layanan pembiayaan, asuransi dan layanan purnajual di seluruh Indonesia.
Deputy Chief Executive Officer Toyota Motor Asia Hao Quoc Tien mengatakan, pihaknya senang dapat memperluas kolaborasi dengan Astra sebagai mitra lama yang terpercaya. Menurutnya, Toyota memiliki visi “Mobility for All”, bisnis mobil bekas dan mobilitas memungkinkannya untuk memperluas jangkauan dalam mewujudkan visi itu.
“Kami yakin bahwa kami dapat melanjutkan komitmen yang sudah dijalankan selama lebih dari 50 tahun untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat Indonesia melalui kemitraan ini,” kata Tien.
Kemitraan ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi antara Astra dan Toyota, dalam memudahkan pelanggan membeli kendaraan baru dan bekas melalui program trade-in.
Sejalan dengan tren makro yang lebih luas seperti ekonomi sirkular, keterjangkauan, dan digitalisasi, kemitraan ini juga membuka sebuah peluang strategis. Dengan struktur biaya yang lebih rendah, jangkauan pasar yang lebih luas, serta meningkatnya permintaan konsumen terhadap mobil bekas di Indonesia, OLXmobbi berada pada posisi yang baik untuk dapat menjadi mobility enabler terdepan.
STEVY WIDIA
Discussion about this post