Dukung Implementasi Pembayaran Antarnegara, Kini DANA Bisa Digunakan di Singapura

DANA

Dukung Implementasi Pembayaran Antarnegara, Kini DANA Bisa Digunakan di Singapura. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Perluasan standardisasi pembayaran antarnegara melalui interkoneksi QR Code, untuk negara Indonesia dan Singapura sudah resmi terlaksana. Dompet digital DANA kembali berperan serta sebagai salah satu penyedia jasa pembayaran nonbank pertama yang mendukung Bank Indonesia untuk mengimplementasikan inisiatif ini.

Kerja sama Bank Indonesia (BI) dan Monetary Authority of Singapore (MAS) memungkinkan masyarakat yang melakukan perjalanan ke dua negara tersebut, untuk menyelesaikan pembayaran di merchant offline dan online, menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) atau QR Network for Electronic Transfers Singapore (NETS).

Vince Iswara, CEO & Co-Founder DANA Indonesia mengatakan, kini masyarakat Indonesia bisa menggunakan aplikasi DANA sebagai opsi pembayaran ritel ketika mereka mengunjungi Singapura, untuk melakukan pembayaran di merchant Singapura melalui QR NETS. Sebaliknya, masyarakat Singapura yang mengunjungi Indonesia juga dapat melakukan pembayaran di merchant DANA melalui QRIS.

“Kami berterima kasih kepada Bank Indonesia yang terus mempercayakan DANA sebagai dompet digital pertama untuk turut serta menjadi peserta launching yang mengimplementasikan QR Cross Border di tiga negara berturut-turut, yaitu Thailand, Malaysia, dan kini Singapura. Misi kami dalam menyediakan pembayaran dan layanan keuangan secara digital terus diperluas aksesnya bagi seluruh Masyarakat Indonesia,” kata Vince, Jum’at (17/11/2023).

Menurut Vinve, dalam menghadirkan pembayaran lintas negara ini, DANA telah menyiapkan keamanan berlapis dan memastikan kemudahan serta kenyamanan bertransaksi digital. Tidak hanya itu, ekosistem terbuka yang kami miliki juga akan membuka kesempatan bagi banyak UMKM yang telah menjadi mitra kami, untuk mendapatkan perhatian wisatawan mancanegara dan meningkatkan transaksinya di kemudian hari.

Dalam aspek keamanan, DANA menggunakan teknologi berlapis dan terdepan di kelasnya. Misalnya, DANA menggunakan metode pengamanan bertransaksi yang beragam mulai dari PIN, OTP, hingga autentikasi wajah yaitu DANA VIZ. DANA juga memiliki sertifikasi keamanan global seperti sertifikasi ISO 27001:2013 yang mencakup perlindungan terhadap keamanan data pelanggan dan PCI-DSS (Payment Card Industry Data Security Standard) untuk pembayaran menggunakan kartu.

Dalam kemudahan dan kenyamanan bertransaksi digital lintas negara, DANA menghadirkan pengalaman bertransaksi digital yang paling intuitif sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Jaminan perlindungan pun diaplikasikan secara menyeluruh mulai dari pencegahan hingga penyelesaian. Layanan pelanggan DANA hadir setiap saat guna memberikan solusi yang cepat untuk setiap kendala yang dialami masyarakat. Seluruh upaya tersebut merupakan wujud komitmen DANA sebagai penyedia jasa pembayaran digital yang terdaftar dan diawasi oleh Bank Indonesia dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Berbagai upaya yang diterapkan DANA, kini ikut berimbas positif pada pertumbuhan pembayaran lintas negara di dua negara terdahulu, yaitu Thailand dan Malaysia. DANA mencatat pertumbuhan transaksi lintas negara yang signifikan yakni hingga mencapai tujuh kali lipat sejak bulan April hingga Oktober 2023.

“DANA optimistis pertumbuhan yang berkelanjutan masih akan terus berlangsung, seiring dengan meluasnya negara-negara ASEAN yang berpartisipasi dalam pembayaran lintas negara,” tutup Vince.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version