Dukung Pemerataan Pembelajaran, Telkom-ITDRI Luncurkan Metaverse BEN Campus

BEN Campus

Dukung Pemerataan Pembelajaran, Telkom-ITDRI Luncurkan Metaverse BEN Campus (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Agar para talenta digital bisa melakukan pembelajaran jarak jauh melalui metaverse, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama Telkom melalui Indonesia Telecommunication and Digital Research Institute (ITDRI) berkolaborasi untuk menciptakan Blue Economy Network (BEN) Campus.

Dengan mengkolaborasikan teknologi virtual reality dan augmented reality, maka pemerataan pembelajaran dan orientasi kelestarian alam dapat terwujud melalui 3 inovasi yaitu Virtual Reality, Internet of Things (IoT), dan Virtual Campus.

Blue Economy Network (BEN) merupakan suatu jaringan kolaborasi antara berbagai entitas Penta-Helix yaitu akademis, bisnis, komunitas, pemerintah, dan penyedia teknologi yang berkontribusi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan sosial tanpa harus merusak sumberdaya kelautan dan perikanan. BEN diharapkan mampu mempermudah para entitas berdasarkan tugas, fungsi, dan kewenangan untuk membangun Blue Economy Indonesia.

SGM Telkom Corporate University & Chairman of ITDRI, Jemy V. Confido berharap dengan diluncurkannya BEN Campus yang memanfaatkan berbagai terobosan inovasi Telkom-ITDRI, dapat mengakselerasi digitalisasi sumber daya manusia dari seluruh entitas perikanan dan kelautan untuk mewujudkan aktivasi jaringan kolaborasi Penta-Helix.

“Dengan berbagai potensi besar yang dimiliki maritim dan bahari Indonesia, kehadiran BEN Campus ini menjadi wujud nyata komitmen Telkom-ITDRI dalam melakukan transformasi digital khususnya di sektor perikanan yang dimulai dengan pemanfaatan inovasi dan pembelajaran digital untuk para taruna,” katanya.

BEN Campus diharapkan dapat membantu para pelajar penerus bangsa bidang kelautan dan perikanan siap untuk bekerja dan berkarya sesuai dengan kebutuhan industri. Lebih lanjut, BEN turut meningkatkan kesejahteraan seluruh pelaku di sektor ekonomi biru meliputi terjaganya ekosistem laut, terciptanya lapangan kerja, meluasnya peluang investasi, dan pemerataan pertumbuhan ekonomi nasional.

Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui Indonesia Telecommunication & Digital Research Institute (ITDRI) bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sebelumnya sudah melakukan penandatanganan kerja sama dan mewujudkan Smart Fisheries, kelanjutan kolaborasi keduanya ditandai dengan perilisan BEN Campus ini.

Launching BEN Campus ini diselenggarakan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda di Gedung ICC Cibinong Science Center pada Jumat secara online dan offline (28/10) lalu.

Event online diisi dengan talkshow untuk taruna taruni serta live streaming Metaverse BEN melalui Smarteye Virtual Convention Center dengan menampilkan produk BEN Campus dimana taruna taruni diperkenalkan dengan produk BEN Campus.

Sedangkan untuk event offline, Telkom-ITDRI mengisi booth pada acara Indonesia Research and Innovation (InaRi) Expo 2022 yang diadakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dari tanggal 27 – 30 Oktober 2022 dengan menampilkan produk ITDRI yaitu  myDigiLearn, dan BEN. Audience yang hadir bisa merasakan dan mencoba secara langsung Virtual Reality (VR) Tour, Augmented Reality (AR) Streaming dan menyaksikan talkshow bersama expert dari kelautan, seminar, exhibition tentang BEN Campus serta terdapat games menarik untuk para taruna yang hadir.

 

HENNI SOELAEMAN

Exit mobile version