youngster.id - Shopee Pilih Lokal adalah program dari e-commerce Shopee untuk mendukung pengusaha lokal di Indonesia. Program ini telah menaungi pengusaha lokal dan UMKM di 514 kota dan kabupaten di Indonesia. Untuk memperkuat komitmen ini Shopee melakuan pembaruan fitur Shopee Pilih Lokal.
Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan, langkah ini agar akses digital bagi para pealku usaha ini semakin terintegrasi, dengan berbagai fitur di dalam dan luar aplikasi Shopee. Di sisi lain, pembeli produk lokal juga akan dimudahkan dalam mencari produk terbaik dengan berbagai penawaran menarik.
“Shopee mengakselerasi akses digitalisasi bagi para pengusaha lokal dengan menghadirkan rangkaian solusi agar pengusaha lokal, termasuk UMKM, dapat berdaya saing tinggi. Shopee Pilih Lokal kami perbaharui agar dapat menghadirkan berbagai program serta dukungan yang terintegrasi, termasuk promosi, program pelatihan, pendampingan dan juga ekspor,” kata Monica dalam jumpa pers virtual, Selasa (9/8/2022).
Sebagai bagian dari semangat baru ini, Shopee Pilih Lokal hadir dengan fitur dan logo terbaru. Seperti membawa platform Shopee Pilih Lokal ke laman utama aplikasi Shopee untuk akses lebih mudah. Kemudian, Kanal Pencarian dalam platform Shopee Pilih Lokal untuk memudahkan pembeli mencari dan mendapatkan produk unggulan dari pengusaha lokal.
Lalu ada laman khusus kampus UMKM Shopee. Ini ruang khusus bagi produk dari para pengusaha lokal yang telah mengikuti bimbingan di Kampus UMKM Shopee. Laman ini juga terintegrasi dengan fitur pendaftaran bagi pelaku usaha untuk mengikuti pelatihan dan pendampingan di 9 Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor.
Juga ada laman khusus koleksi UMKM binaan Shopee, untuk menampilkan produk pengusaha lokal yang telah mengikuti program Bimbel Shopee dan Sobat UKM. Laman ini juga terintegrasi dengan fitur pendaftaran bagi pelaku usaha untuk mengikuti kedua pelatihan yang bisa diikuti secara daring dari mana saja di Indonesia.
Kemudian ada laman khusus program ekspor Shopee. Ini untuk menampilkan produk pengusaha lokal yang sudah Go Global bersama Program Ekspor Shopee. Laman ini juga terintegrasi dengan fitur pendaftaran bagi pelaku usaha untuk mendaftarkan diri agar dapat menjual produk ke 7 negara di Asia Tenggara dan Amerika Latin.
Menurut Monica, program Shopee Pilih Lokal tidak hanya terbatas pada penjual, tapi juga menghadirkan rangkaian penawaran menarik bagi pembeli selama periode kampanye berlangsung.
“Kami juga menggelar Hari Belanja Produk Lokal. Mendedikasikan tanggal 17 setiap bulannya sebagai Hari Belanja Produk Lokal untuk mendorong transaksi produk pengusaha lokal. Tak hanya itu, Shopee juga akan menggelar Festival Pilih Lokal 17.8 dan Festival Kuliner Lokal 17.8. Ini adalah komitmen Shopee dalam memberikan dukungan nyata terhadap pengusaha lokal agar dapat menciptakan ekosistem digital yang komprehensif bagi pengusaha lokal,” ucap Monica.
Komitmen Shopee untuk membantu UMKM diwujudkan melalui dukungan komprehensif, mulai dari pembukaan 9 Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor di Pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi, menghadirkan Shopee Center di Jawa Barat dan Pekalongan untuk menjangkau UMKM di kota-kota kecil, hingga Program Ekspor Shopee yang telah berhasil membantu UMKM memperluas pasarnya ke berbagai negara di Asia Tenggara dan Amerika Latin.
Untuk lebih lanjut mendukung pengusaha lokal menjangkau pasar global, Shopee hingga saat ini telah menginisiasi dua program strategis yaitu Shopee x ERIGO dan Shopee Java in Paris. Selain itu, Shopee juga menyediakan Kurikulum Bisnis Digital untuk melatih 26.000 siswa SMK di Jawa Barat agar siap menghadapi masa depan bisnis digital, serta memberikan dukungan bagi para pegiat UMKM yang terdampak pandemi COVID-19 melalui program 100M Shopee.
STEVY WIDIA
Discussion about this post