E-commerce Buka Peluang UMKM Dalam Negeri Ambil Bagian Ekonomi Digital Global

youngster.id - E-commerce Berperan dalam membuka peluang bagi UMKM dalam negeri untuk bisa ambil bagian dalam ekonomi digital global. Hal ini tidak hanya menguntungkan pelaku UMKM namun juga dapat meningkatkan perekonomian daerah.

Hal ini disampaikan Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Christin Djuarto dalam acaea ASEAN Online Sale Day (AOSD).

“Shopee melihat cross-border sebagai pendorong bagi UMKM untuk mencapai kemakmuran dalam pertumbuhan ekonomi digital. Saat ini, kami memiliki lebih dari 20 juta produk UMKM yang terdaftar dalam Program Ekspor Shopee dan bisa dibeli di berbagai negara seperti Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin. Hal ini akan memberikan mereka kesempatan untuk memperluas peluang pasar dan mengembangkan kualitas produk-produk mereka,” jelas Christin dalam siaran pers, Sabtu (18/8/2023).

Sebelumnya, data dari Kementerian Koperasi dan UKM menyebut ekspor produk UMKM baru 15,65%, masih rendah jika dibandingkan dengan Korea Selatan sebesar 19,7%, Malaysia 17,3%, dan Thailand sebesar 28,7%. Padahal UMKM menyumbang lebih dari 90% lapangan kerja dan hampir 60% dari PDB.

Menurut Christin hal ini sebagai peluang untuk meningkatkan keterlibatan UMKM dalam ekonomi global.

“Salah satu contohnya adalah seller di Shopee namanya Pak Ahmad dari Boyolali, yang memproduksi dan menjual batik. Melalui crossborder ini, Pak Ahmad tidak hanya berhasil menaikan penjualan hingga 10 kali lipat, tapi juga bisa membuka kesempatan kerja bagi 35 warga sekitar yang kini membantu memproduksi batik yang laku hingga Malaysia dan Singapura. Ini efek domino positif yang mau kita lihat,” ungkapnya.

Christin juga menjelaskan bahwa UMKM tidak akan merasa kesulitan saat mereka ingin mengekspor produknya bersama Shopee. “Kendala seperti bahasa, logistik, proses  pembayaran dan informasi terhadap pangsa pasar semua akan dibantu oleh Shopee. Jadi pengiriman ke Brasil sekalipun akan semudah mengirim produk ke Bekasi,” paparnya.

Program Ekspor Shopee telah hadir sejak 2019 dan dapat diakses oleh semua UMKM di Indonesia. Program ini diharapkan dapat terus memberikan kontribusi positif untuk kemajuan UMKM dan perekonomian daerah secara berkelanjutan.
90.000 produk dari e-commerce Shopee yang berasal dari 4.400 Penjual di berbagai negara juga turut memeriahkan AOSD 2023. Hingga Sabtu, 19 Agustus 2023 sudah ada lebih dari 2,8 juta pesanan yang diterima para Penjual Shopee dari berbagai negara.

 

STEVY WIDIA 

Exit mobile version