Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

E-commerce Harus Berevolusi Masuki Era Industri 4.0

20 Februari 2019
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
E-commerce Harus Berevolusi Masuki Era Industri 4.0

IpSos Marketing Summit 2019 bertajuk E-Commerce 4.0 Whats Next. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Era Industri 4.0 sudah di depan mata. Industri e-commerce di Indonesia harus mempersiapkan diri berevolusi dan berintegrasi dengan bisnis offline dan terus mengembangkan diri dengan inovasi dan mempertahankan integritas.

Demikian hasil kesimpulan dari acara IpSos Marketing Summit bertajuk E-Commerce 4.0 Whats Next yang berlangsung, Selasa (19/2/2019) di Ritz Carlton, Jakarta. Acara ini dihadiri oleh sejumlah pelaku industri marketing dan e-commerce di Indonesia dengan pembicara Yustinus Prastowo, Pengamat Ekonomi, Soeprapto Tan, Managing Director Ipsos Indonesia, Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dan Kusumo Martanto, CEO Blibli.com.

Mereka membahas bagaimana industri E-commerce berevolusi di Indonesia. Yustinus menjelaskan evolusi dimulai dari era E-commerce 1.0 saat Internet memungkinkan terjadinya komunikasi atau pertukaran informasi antara pihak penjual dan konsumen. Dilanjutkan dengan E-commerce 2.0, yaitu saat di mana e-commerce mulai diperhitungkan sebagai salahsatu saluran untuk membantu upaya-upaya penjualan barang atau jasa. Kemudian, evolusi berkembang dimana e-commerce semakin dimungkinkan perkembangannya berkat adanya kemajuan di bidang sistem pembayaran dan pengaturan logistik yang semakin mumpuni.

Baca juga :   UMKM Biak Siap Pasarkan Produk Lewat Daring Tahun 2017

“Kita sudah ketahui bagaimana E-commerce telah menjadi salahsatu penyumbang besar dalam kinerja ekonomi di Indonesia serta mampu mengundang investor dari dalam dan luar negeri untuk menanamkan modal dalam industri ini dalam 3-4 tahun terakhir. Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana para pelaku dan penggiat industri E-commerce di Indonesia menyiapkan diri secara optimal, untuk semakin menancapkan eksistensinya serta terus meningkatkan kontribusinya bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia, terutama dalam memasuki Era Industri 4.0,” ungkap Yustinus Prastowo, Pengamat Ekonomi.

Menurut dia, e-commerce di Indonesia juga telah banyak melakukan berbagai inisiatif yang semakin mengukuhkan keberadaan dan dukungan mereka dalam mendorong bisnis para pelaku bisnis dari skala mikro, kecil dan menengah (UKM) di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi digital.

Tidak saja dalam urusan pemasaran, tetapi juga dalam memperluas jangkauan logistik dan distribusi. Sesuatu yang belum pernah terbayangkan sebelumnya, bagaimana sebuah usaha kecil di bagian barat Indonesia, bisa meraih pasar dari konsumen di wilayah Timur Indonesia, dan sebaliknya. Dan yang paling membanggakan adalah, kemampuan pelaku E-commerce untuk memberikan kesempatan dan pengalaman dalam berbisnis, bagi mereka yang tidak pernah berkecimpung dalam dunia bisnis, melalui dukungan teknologi dalam memasarkan produk dan karya mereka.

Baca juga :   Indonesia Diprediksi Punya Tiga Unicorn Baru dari E-Commerce, Fintech, UMKM Digital

Sementara menurut Soeprapto, ada empat pilar utama yang perlu mendapat perhatian, dalam mengantisipasi era e-Commerce 4.0 di Indonesia.
“Empat pilar tersebut adalah masalah Infrastruktur untuk memudahkan para pelaku industri e-commerce dapat menghadirkan inovasi terbaru mereka, kesiapan konsumen dan mitra bisnis dalam mengadopsi teknologi dan inovasi terbaru, diversifikasi kategori untuk semakin menjawab kebutuhan konsumen. Lalu bagaimana industri kreatif di Indonesia juga dapat memberikan kontribusinya dalam meningkatkan kreativitas para pelaku bisnis dalam memanfaatkan platform-platform yang telah tersedia. Dan tentu saja, kemampuan para pelaku industri e-commerce dalam menghadirkan produk dan layanan yang inovatif berbasis riset yang komprehensif,” paparnya.

Sementara Kusumo Martanto, CEO Blibli.com, mengatakan, ekosistem di industri e-commerce Indonesia sudah semakin lengkap. Mulai dari produk-produk berkualitas, kemudahan dan kenyamanan dalam berbelanja online termasuk diantaranya 24jam layanan customer care,15 hari pengembalian barang hingga gratis ongkos kirim dan kecepatan pengiriman”.

Baca juga :   Telkomsel dan InMobi Jalin Kerja Sama untuk Mobile Marketing di Indonesia

“Elemen lain yang tidak kalah penting dan terus kami tingkatkan adalah sistem pembayaran yang semakin lengkap serta aman, dimana hal ini masih menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku industry e-commerce,” ujar Kusumo.

Dia menyetujui bahwa integrasi antara online dan offline akan menjadi jawabab. “Untuk mengantisipasi era e-commerce 4.0, Blibli.com telah menghadirkan beberapa inovasi layanan O2O, yaitu layanan belanja terintegrasi antara offline dan online sehingga customer semakin nyaman dalam bertransaksi melalui e-commerce. Tidak lama lagi, konsumen tidak saja dapat melihat atau mencari barang secara online melalui layar monitor, namun mereka bisa memperoleh pengalaman see-touch-feel dari barang yang akan dibeli. Hanya dengan sekali klik, transaksi bisa dilakukan dan barang langsung dikirim ke alamat yang dituju,” pungkas CEO Blibli ini.

STEVY WIDIA

Tags: e-commerceera e-Commerce 4.0IpsosIpSos Marketing Summit
Previous Post

Nokia Hadirkan Produk IoT Agribisnis dan Logistik

Next Post

Kolaborasi E-Commerce Beri Kontribusi Positif Bagi Industri

Related Posts

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline
News

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

29 September 2025
0
Lazada Hadirkan Beragam Fitur Berbasis AI dan Panduan untuk Bantu Penjual Maksimalkan Bisnis
Headline

Penjualan Lazada 9.9 Mega Brands Sale 2025 Meningkat, AI Jadi Pendorong Performa

20 September 2025
0
e-commerce
Headline

Pasar e-Commerce Indonesia Peringkat 2 Terdinamis di Dunia

17 September 2025
0
Load More
Next Post
Bhinneka Berkolaborasi Dengan Lazada Indonesia

Kolaborasi E-Commerce Beri Kontribusi Positif Bagi Industri

Creative Nest Indonesia, Wadah Kreatif Untuk Kaum Millenial

Creative Nest Indonesia, Wadah Kreatif Untuk Kaum Millenial

Zilingo Ingin Berdayakan UKM Lokal

Zilingo Ingin Berdayakan UKM Lokal

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version