youngster.id - Tokopedia melalui ‘Mitra Tokopedia’ bekerja sama dengan Warung Pintar, OVO dan mitra strategis lainnya menginisiasi Festival Gerakan Warung Nasional (FGWN) untuk memajukan ekosistem warung sekaligus mengakselerasi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia.
CEO dan Co-Founder Tokopedia, William Tanuwijaya, mengatakan, FGWN merupakan puncak perayaan Gerakan Warung Nasional, sebuah gerakan dari Tokopedia bersama para mitra strategis untuk mengajak masyarakat mengembangkan ekosistem warung.
“Kami berkomitmen menjembatani pelaku usaha tradisional, seperti pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya, dengan teknologi untuk mempermudah mereka mengembangkan usaha di era digital. Lewat gerakan ini, kami berharap seluruh profesi di Indonesia, salah satunya pemilik warung, dapat berevolusi menjadi ‘perusahaan teknologi’ lewat ekosistem Tokopedia, sehingga mereka dapat selalu relevan dengan perubahan zaman dan terus berperan dalam pemerataan dan pertumbuhan ekonomi nasional,” papar William dalam keterangannya, Minggu (15/12/2019).
Festival ini mendapat dukungan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, Teten Masduki. “Kami mendukung tumbuh kembangnya inovasi dalam memajukan ekosistem warung di Indonesia yang dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk Tokopedia dan Warung Pintar. Pemilik-pemilik warung adalah bagian dari pegiat UMKM yang berkontribusi lebih dari 60% terhadap ekonomi negara. Keberadaan mereka perlu kita apresiasi. Melalui pemanfaatan teknologi, para pejuang ekonomi ini diharapkan mampu beradaptasi dengan perkembangan era dan terus mengambil bagian dalam menyokong perekonomian Indonesia,” kata Menteri Teten saat membuka FGWN pada 14 Desember 2019 di Lapangan Banteng, Jakarta.
Sementara itu, Agung Bezharie Hadinegoro CEO dan Co-Founder Warung Pintar mengungkapkan, 3,5 juta warung yang ada di Indonesia merupakan tulang punggung ekonomi bangsa, dan menyediakan lapangan pekerjaan yang setara bagi semua golongan masyarakat.
“Menurut data internal kami, 58% dari ribuan mitra Warung Pintar adalah juragan perempuan. Hebatnya, mereka berhasil menyumbang 60% dari total penghasilan keluarga. Lewat Festival Gerakan Warung Nasional, Warung Pintar ingin mendukung komitmen para juragan warung yang ingin bertumbuh tanpa batas menggunakan sistem teknologi yang mudah dipakai dan dipahami,” ungkap Agung.
FGWN merangkul berbagai UMKM serta komunitas warung, salah satunya seperti Sahabat Usaha Rakyat (SAHARA) hingga seniman-seniman muda untuk membuat karya kreatif bertemakan kehidupan warung.
“SAHARA membantu para pemilik warung khusus yang pengelolanya perempuan untuk dapat memajukan usahanya dengan pelatihan, permodalan dalam bentuk pasokan produk berkualitas secara teratur dan dukungan teknologi yang handal, pemasaran bersama dan bedah warung. Semoga lewat inisiatif ini, para pemilik warung dapat semakin mudah untuk mendapatkan akses sembako dengan harga bersaing dan dapat menikmati berbagai fasilitas yang menguntungkan,” kata Sharmila pendiri SAHARA.
STEVY WIDIA
Discussion about this post