Festival Legendaris GrabFood di 8 Kota, Turut Melestarikan Kuliner Lokal

Festival Legendaris Grabfood

Festival Legendaris GrabFood di Stadion Patriot Bekasi (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Grab menggelar Festival Legendaris GrabFood di 8 kota yaitu Palembang, Medan, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Makassar dan wilayah Jabodetabek. Selain menghadirkan ragam produk kuliner daerah legendaris, acara ini mengapresiasi pemilik usaha yang melestarikan khasanah kuliner lokal, para mitra pengemudi Grab yang berperan aktif di lingkungan sekitar, serta beberapa tokoh lokal legendaris yang telah memberikan kontribusi positif untuk melestarikan budaya.

Head of Marketing, GrabFood & GrabMart, Grab Indonesia Hadi Surya Koe menyampaikan, Festival Legendaris GrabFood yang digelar di 8 kota ini menjadi momen khusus untuk memberikan apresiasi bagi para pahlawan-pahlawan lokal yang telah berjasa dalam memberikan kontribusi bagi kotanya.

“Kami berharap lewat acara ini, masyarakat Indonesia dapat terus menikmati sajian lokal kebanggaan kotanya,” kata Hadi dalam puncak festival berlangsung hari ini, Minggu (20/11) di Stadion Patriot Bekasi.

Menurut dia, festival ini juga untuk makin mengedepankan posisi GrabFood sebagai tujuan utama untuk para konsumen mencari restoran-restoran, tempat makan, dan menu legendaris Indonesia. Apalagi sejumlah mitra resto GrabFood pun turut meramaikan acara Festival Legendaris GrabFood di setiap kotanya.

“Para pemilik usaha kuliner lokal berperan penting dalam melestarikan citarasa khas Tanah Air, selain juga menjadi mitra strategis GrabFood dalam berkontribusi ke ekonomi daerah. Bisnis kuliner sendiri merupakan bagian dari sub sektor penyumbang terbesar Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif, menurut data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia,” papar Hadi.

Pada puncak acara festival ini, GrabFood juga mengapresiasi dua Tokoh Lokal Legendaris dari Jakarta yaitu Yogie Achmad As-Syauqie dan Fifi Firman Muntaco. Yogie Achmad As-Syauqie adalah salah seorang Tokoh Lokal Legendaris kota Jakarta yang  berkontribusi dalam melestarikan budaya khas Betawi.

Ia merupakan Ketua Komunitas Ondel-Ondel DKI Jakarta yang menaungi 25 sanggar dengan 300 anggota aktif. Sebelumnya, ia sempat menjadi content creator di YouTube untuk mengenalkan ondel-ondel melalui kanal Video Unik yang telah diikuti lebih dari 781.000 pengikut.

Apresiasi untuk Tokoh Lokal Legendaris lainnya juga diberikan kepada Fifi Firman Muntaco atau Mpok Fifi, seorang seniman Betawi yang mengelola sanggar musik Betawi Samrah sejak 1993 sebagai warisan dari sang ayah, mendiang sastrawan Betawi Firman Muntaco. Semasa hidupnya, Firman telah menghasilkan ribuan karya tulis, di mana 500 di antaranya adalah cerpen berdialek Betawi yang tersimpan di pusat dokumentasi HB Jassin, Taman Ismail Marzuki. Sebagai penerus sang ayah, Fifi Firman Muntaco dan sanggarnya kerap menjuarai berbagai lomba kesenian Betawi.

Tidak hanya tokoh lokal dan resto legendaris, apresiasi juga diberikan kepada para mitra pengemudi Grab yang menunjukkan peran aktifnya bagi lingkungan sekitar. “Para mitra pengemudi adalah nadi bagi layanan GrabFood. Peran mereka tentu tidak terelakkan dan tidak boleh luput dari apresiasi berbagai pihak. Tidak hanya berperan penting dalam kegiatan operasional Grab, para mitra pengemudi ini juga aktif meluangkan waktunya untuk berbagi dan berkontribusi bagi lingkungan sekitarnya. Kami tentunya sangat berterima kasih kepada para mitra pengemudi Grab,” tambah Hadi.

Sementara itu, GrabFood juga menghadirkan kategori makanan Resto Legendaris dengan menawarkan puluhan ribu menu andalan kuliner Indonesia dari ribuan pelaku UMKM kuliner di 21 kota di Indonesia. Mulai dari Medan, Palembang, Batam, Pekanbaru, Padang, Jambi, Lampung, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Denpasar, Makassar, dan Manado, yang semuanya tergabung sebagai mitra resto GrabFood.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version