Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Gandeng IBM, Kominfo Gelar SSI x IBM

17 Mei 2024
in Headline
Reading Time: 2 mins read
SSI x IBM

Gandeng IBM, Kominfo Gelar SSI x IBM (Foto: Istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Setelah meluluskan 132 startup dari 8 batch sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali membuka gelombang pendaftaran Startup Studio Indonesia (SSI). Tahun ini, berkolaborasi dengan IBM, Kominfo menggelar SSI x IBM.

Direktur Ekonomi Digital Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Boni Pudjianto mengatakan, SSI X IBM ditujukan untuk membantu para founder startup di Indonesia mencapai Product-market fit (PMF). Juga, membuka peluang bagi mereka untuk menjadi mitra pembangun resmi IBM dan mendapatkan kesempatan ekspose ke jajaran klien serta ekosistem IBM.

“Kolaborasi terbaru SSI dengan IBM diharapkan dapat membantu para startup untuk mencapai Product-market fit, menciptakan model finansial yang berkelanjutan, serta memiliki rencana solid dalam pencapaian profitabilitas,” ujar Boni, dikutip Jum’at (17/5/2024).

Pendaftaran SSI X IBM terbuka untuk semua startup digital Indonesia dengan prioritas utama untuk startup yang beroperasi sebagai tech enabler, startup dengan tahap pendanaan bootstrap hingga Seri A, startup telah memiliki paid traction selama minimal 6 bulan, dan startup yang tertarik untuk mengeksplorasi kerjasama dengan IBM dalam aspek pengembangan produk serta bisnis.

Selanjutnya, 20 startup dari hasil seleksi akan melakukan elevator pitch kepada dewan curator. Kemudian dewan kurator akan memilih 10 startup yang paling relevan dengan struktur program SSI X IBM. Setelah itu, 10 startup terpilih dapat mengikuti sesi Diagnosis dengan tim IBM untuk mengidentifikasi kebutuhan, tantangan, dan pengembangan produk dari masing-masing startup. Hasil diagnosa tersebutlah yang akan menjadi dasar pengembangan kurikulum sepanjang program SSI berlangsung.

Baca juga :   ICCA 2017 Apresiasi Bagi Komunikasi Korporat

“Kominfo berkomitmen untuk selalu menghadirkan kurikulum pelatihan yang praktis, tepat guna, dan sesuai kebutuhan para peserta. Kami yakin materi ini akan bermanfaat bagi semua startup tahap awal, karena itu kami mengundang semua founder untuk berpartisipasi dalam program inkubasi nasional ini,”  kata Boni.

Program akselerasi SSI resmi dimulai di akhir bulan Juni dengan sesi Founder’s Camp, di mana startup bisa melakukan group coaching dengan jajaran praktisi startup terkemuka untuk mendiskusikan langkah-langkah pencapaian PMF. Setelah itu, startup akan mengikuti sesi Co-Creation & Coaching yang meliputi brainstorming dengan tim IBM, Dewan Penasihat SSI, dan Expert Coach, untuk membahas secara detail aspek produk, keuangan, penjualan, dan pengembangan startup. Rangkaian program SSI X IBM kemudian ditutup dengan Milestone Day, dimana para finalis berkesempatan memaparkan model bisnis dan pencapaiannya di depan para stakeholders industri startup.

Baca juga :   Startup Studio Indonesia Buka Pendaftaran Batch 8

“Kami bangga menjadi mitra perdana program inkubasi nasional Startup Studio Indonesia. Mengingat rekam jejak SSI dan potensi digital Indonesia, kami siap membantu dan membina startup terpilih untuk scale up dan meningkatkan hasil bisnis,” kata Roy Kosasih, Presiden Direktur IBM Indonesia.

Hingga saat ini, SSI memiliki total 132 alumni startup yang telah mencatatkan pertumbuhan bisnis dan kenaikan traction signifikan sejak mengikuti program. Satu dari 3 alumni SSI (32%) berhasil mendapatkan pendanaan tahap lanjut, dan 50% alumni SSI telah menjalin kerja sama strategis, baik dengan mitra swasta maupun pemerintah.

Secara total, pendanaan yang diraih alumni SSI mencapai lebih dari US$65,8 juta atau sekitar Rp1 triliun. Berbagai torehan prestasi ini sejalan dengan misi Kominfo dalam memulai inisiatif SSI, yakni untuk membantu 150 startup tahap awal Indonesia untuk ‘naik kelas’ pada tahun 2024, baik dari segi jumlah pengguna, jumlah pendapatan, penyerapan tenaga kerja, dan pendanaan.

Baca juga :   Startup Studio Indonesia Target Fasilitasi 150 Startup Digital Pada 2024

 

STEVY WIDIA

Tags: Product-market fit (PMF)SSI x IBMStartup Studio Indonesia (SSI)
Previous Post

Infrastruktur Data Center Harus Akomodatif pada Kebutuhan Masa Depan

Next Post

Jobstreet Campus Ambassador, Upaya Dukung Pengembangan Mahasiswa Indonesia

Related Posts

DoctorTool
Headline

DoctorTool Siap Dukung Digitalisasi Rekam Medis yang Aman dan Optimal di Indonesia

4 Juli 2024
0
Startup Studio Indonesia Batch 7
Headline

Startup Studio Indonesia Buka Pendaftaran Batch 8

28 November 2023
0
startup Gapai.id
Headline

Startup Gapai.id Targetkan Raih US$1 Juta dalam Putaran Pendanaan Tahap Awal

23 Oktober 2023
0
Load More
Next Post
Jobstreet Campus Ambassador

Jobstreet Campus Ambassador, Upaya Dukung Pengembangan Mahasiswa Indonesia

Telkomsat

Telkomsat Tawarkan Layanan Bisnis Berbasis Starlink di Indonesia

Telkomsel x BiliBili

Telkomsel Gandeng BiliBili Demi Perkembangan Komunitas Konten Anime, Comic, dan Games

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version