youngster.id - Animo masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi terhadap festival belanja online pertama Tokopedia bertajuk ‘Ramadan Ekstra’ sangat tinggi. Kegiatan ini menorehkan sejarah baru bagi e-commerce Indonesia ini.
Dengan antusiasme masyarakat Indonesia yang begitu besar terhadap Ramadan Ekstra, aplikasi Tokopedia berhasil memuncaki Apple Store mengalahkan Facebook, WhatsApp, dan Instagram. Sementara di Android, Tokopedia juga berhasil menjadi #3 Top Chart di Google Play mengalahkan Facebook dan Instagram.
“Misi kami untuk mendorong pemerataan ekonomi secara digital selalu menjadi motivasi utama kami dalam berkarya. Kami sangat terharu dan mengapresiasi kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap Ramadan Ekstra. Kemeriahan dan antusiasme terhadap program ini memberikan pelajaran dan pengalaman berharga yang menjadi motivasi kami agar di tahun-tahun mendatang, Ramadan Ekstra dapat menghadirkan pelayanan yang jauh lebih baik lagi,” ungkap Willliam Tanuwijaya CEO sekaligus Co-founder Tokopedia dalam keterangannya, Minggu (27/5/2018) di Jakarta.
Menurut data Google Analytics, sepanjang bulan Mei 2018, Tokopedia sudah melayani lebih dari 65 juta masyarakat Indonesia yang mengunjungi Tokopedia setidaknya 300 juta kali di bulan ini. Jumlah pengunjung ini setara dengan 11 kali populasi Singapura.
Dan tepat di puncak Ramadan Ekstra pada 25 Mei lalu, Tokopedia berhasil mencatatkan nilai transaksi setara dengan akumulasi nilai transaksi sepanjang lima tahun pertama (Agustus 2009 – Juni 2014). Dalam 10 menit pertama saja, berhasil mengalahkan angka transaksi sepanjang tahun pertama Tokopedia berdiri (Agustus 2009 `– July 2010).
Google Trend juga menunjukan grafik Tokopedia menempati posisi tertinggi di search items sebagai aplikasi belanja online.
“Sedangkan aplikasi Tokopedia menempati posisi top trending pada App Store sebagai aplikasi paling dicari khusus pada kategori ‘Top Free Shopping Apps’. Di Play Store, Tokopedia menempati posisi pertama dan untuk kategori ‘Top Free Apps di Play Store’ berada pada posisi ke-7,” ungkap Melissa Siska Juminto, COO Tokopedia.
Dia menegaskan, dengan keberhasilan ini maka mereka akan senantiasa meningkatkan layanan secara maksimal demi memberikan pengalaman belanja terbaik untuk masyarakat Indonesia. “Kami berterima kasih kepada masyarakat yang begitu tinggi selama program Ramadhan Ekstra,” tutupnya.
STEVY WIDIA
Discussion about this post