Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News Analyze

Gen Z dan Milenial Lebih Suka Membeli Makan daripada Memasak Sendiri

1 Juni 2023
in Analyze, Headline
Reading Time: 2 mins read
Kuliner Gen Z dan Milenial

Mayoritas Gen Z dan Milenial Lebih Suka Membeli Makan daripada Memasak Sendiri (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Gaya hidup dan kebutuhan masyarakat khususnya Gen Z dan Milenial memengaruhi berbagai tren, salah satunya tren kuliner. Kehadiran berbagai kuliner dari luar negeri, atau produk makanan baru juga dapat memengaruhi tren kuliner yang ada.

Co-Founder dan CEO Populix, Timothy Astandu mengatakan, saat ini Gen Z dan Milenial mayoritas lebih menyukai membeli makanan di luar baik secara online, takeaway, ataupun dine-in dibandingkan memasak makanan sendiri atau memakan masakan yang sudah tersedia di rumah.

Dalam laporan Populix terbaru bertajuk “Trend Makanan Dan Minuman Pada Gen Z & Millennial 2022-2023”, terungkap dalam seminggu Gen Z dan Milenial dapat membeli makanan 1-3 kali (63%) secara offline, dan dapat memesan makanan secara online minimal 2-3 kali dalam sebulan (21%) hingga  2-3 kali dalam seminggu (25%).

“Gen Z dan Milenial juga selalu ter-update informasi promo atau makanan viral melalui media sosial. Tren-tren inilah yang perlu diperhatikan oleh pelaku bisnis kuliner dalam memasarkan produk mereka,” kata Timothy, Rabu (31/5/2023).

Baca juga :   CloudKitchen.id Beri Solusi Bisnis F&B Dengan Menekan Biaya Operasional

Berdasarkan survei yang dilakukan pada 3.138 Gen Z dan Milenial, 57% responden mengatakan membeli makanan secara online, membeli makanan secara offline–takeaway (57%), memasak makanan sendiri (49%), membeli makanan secara offline-dine in (46%), dan memakan makanan yang sudah tersedia di rumah (41%).

Faktor-faktor pertimbangan dalam memilih tempat kuliner bagi Gen Z dan Milenial adalah harga (85%), menu (78%), jenis makanan (71%), dan kualitas layanan (58%).  Selanjutnya faktor yang menentukan dalam membuat keputusan untuk memilih tempat kuliner adalah promo diskon harga (65%), tempat terdekat (61%), rate tertinggi (terenak/terpopuler) (57%), tempat termurah (52%), dan tempat terlaris (47%).

Produk kuliner yang paling sering dibeli  adalah fast food (63%), produk siap makan/ minum (57%), makanan buatan rumah (33%), produk siap masak (32%), produk frozen (31%), dessert (29%), produk freshmade (20%), dan healthy food (19%).

Baca juga :   Aplikasi Live Streaming Mobile HiClub Hadir di Indonesia

Berdasarkan jenisnya, makanan tradisional Indonesia merupakan makanan yang paling disukai (44%). Fusion Indonesia dengan Asian (17%), dan fusion Indonesia dengan western (16%). Dari segi minuman, kopi (39%) adalah minuman yang paling sering dibeli oleh Gen Z dan Milenial. Disusul oleh boba drink/minuman kekinian (24%) dan teh (20%).

Gen Z dan Milenial saat ini juga lebih memperhatikan makanan sehat, terbukti 38% responden mengatakan makanan dengan kadar gula rendah paling disukai. Tidak hanya itu, snack sehat (19%), dan makanan penurun berat badan (11%) juga merupakan pilihan produk makanan sehat yang disukai Gen Z dan Milenial. 44% responden juga mengatakan bahwa proses pembuatan produk kuliner merupakan hal yang penting.

Baca juga :   Amartha Siap Menjangkau Seluruh Indonesia

Gen Z dan Milenial banyak menggunakan YouTube (73%) dan media sosial seperti akun khusus yang memberikan update kuliner (58%) dan influencer (50%), dan akun media sosial resmi brand kuliner (33%) untuk mencari informasi seputar kuliner. Diikuti informasi dari televisi (25%), aplikasi review restoran (14%), website (13%) dan portal berita online (9%).

Konten-konten yang banyak disukai adalah konten review (44%), dan promo (33%). Selanjutnya kuliner viral atau tren di media sosial (26%) merupakan aspek yang paling berpengaruh pada daya beli Gen Z dan Milenial. Diikuti dengan promo (19%), rekomendasi teman (19%), dan harga (13%). Mayoritas dari mereka menyukai promo buy 1 get 1 (49%). Diikuti diskon harga coret (14%), voucher diskon harga penuh (10%), dan beli banyak lebih hemat (10%). (*AMBS)

Tags: ataupun dine-inbisnis kulinerGen Z dan Milenialmembeli makanan secara onlinetakeaway
Previous Post

ONIC Esports Berikan Edukasi untuk Berkarier di Dunia eSports

Next Post

Startup Aruna Berkolaborasi Dengan 40 Ribu Nelayan di 31 Provinsi

Related Posts

Kisarasa
Headline

Kisarasa, Panggung bagi Wirausaha Mikro di Bisnis Kuliner

28 Maret 2025
0
Softskill Milenial dan Gen Z
Headline

Gen Z dan Milenial Harus Memiliki Softskill Agar Siap Bersaing di Era Digital

21 November 2024
0
Social Bella
Headline

Gen Z Lebih Unggul dari Milenial Dalam Hal Literasi dan Pengetahuan Kecantikan

8 Agustus 2024
0
Load More
Next Post
Aruna

Startup Aruna Berkolaborasi Dengan 40 Ribu Nelayan di 31 Provinsi

Huawei Cloud & IDA

Huawei Cloud Gandeng IDA Untuk Buka Jalur Baru Produktivitas dan Inovasi Industri Media Digital

aplikasi Blibli

Tren Belanja Meningkat untuk Penuhi Quality Time Bersama Keluarga

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version