youngster.id - Gen Z merupakan kelompok populasi terbesar di Indonesia. Menariknya, generasi ini sangat aktif di dunia digital dan berkontribusi pada penetrasi internet di Indonesia sebesar 34,40%. Melihat tingginya aktivitas digital Gen Z, Indosat Ooredoo Hutchison melalui brand Tri kembali menggelar program Generasi Happy.
Director & Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison Ritesh Kumar Singh mengatakan, inisiatif ini bertujuan untuk mengajak lebih banyak Gen Z memanfaatkan dunia digital dengan kreatif dan positif.
“Tahun ini, kami berinovasi dalam format acara online-offline-online, memberikan pengalaman digital yang positif bagi Gen Z untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan mereka. Hal ini sejalan dengan misi Indosat menghadirkan layanan digital kelas dunia, menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” kata Ritesh dikutip Sabtu (28/9/2024).
Dalam dua tahun program Generasi Happy ini telah mengunjungi lebih dari 2.000 sekolah di sembilan kota. Kini program kembali hadir dengan sejumlah kota diantaranya Jambi, Sukabumi, Jember dan Banjarmasin.
“Generasi Happy hadir untuk membekali mereka dengan literasi digital. Rangkaian program Generasi Happy memberikan pengetahuan dan keterampilan agar Gen Z memanfaatkan dunia digital secara maksimal, sekaligus mempersiapkan mereka menghadapi tantangan di era digital,” ujar Ritesh.
Menurut dia, seluruh rangkaian Generasi Happy 2024 didukung oleh empat pilar utama yaitu Literasi Digital, Skills Development, Academy, dan Entertainment.
Rangkaian Generasi Happy 2024 dimulai dengan School Attack, yaitu kunjungan ke sekolah-sekolah untuk memberikan edukasi seputar dunia digital. Dilanjutkan dengan Generasi Happy Academy yang membahas silabus eksklusif mengenai topik-topik penting untuk menguasai dunia content creator yang dapat diakses secara online, berkolaborasi dengan 3 kreator terbaik di bidangnya, yaitu Irene Suwandi untuk Skill and Creativity, Medy Renaldy untuk Authenticity, dan Nessie Judge untuk Passion.
Selanjutnya, Tri mengajak Gen Z untuk unjuk bakat dan mengambil langkah awal menjadi content creator melalui Generasi Happy Creator Competition, sebuah kompetisi membuat konten video dengan tema yang bervariasi, yaitu Foodies, Travel, Art & Culture, dan Gaming. Para pemenang kompetisi ini akan mendapatkan berbagai hadiah, termasuk berpartisipasi dalam sesi pelatihan content creator spesial dari Irene Suwandi, Medy Renaldy, dan Nessie Judge serta partner digital.
Tri juga memperkenalkan Generasi Happy H3RO School Competition, turnamen Mobile Legends: Bang Bang untuk Gen Z penggemar gaming. Empat tim terbaik dapat bersaing di panggung H3RO Rookie Tournament, kemudian berkesempatan mengikuti H3RO Masterclass.
Puncak dari rangkaian Generasi Happy adalah Generasi Happy School Festival yang akan diramaikan oleh penampilan dari bintang tamu inspiratif nasional dan talenta lokal favorit. Festival ini juga menghadirkan babak akhir Generasi Happy H3RO School Competition, lomba cosplay, hingga Academy on Stage, di mana para ahli dan kreator akan membagikan wawasan tentang dunia digital di atas panggung festival.
Gen Z juga dapat mengikuti Generasi Happy Point Hunt dengan berpartisipasi dalam ragam aktivitas seru seperti AR experience di rangkaian Generasi Happy School Festival dan mengumpulkan poin untuk mendapatkan hadiah menarik. Rangkaian Generasi Happy 2024 juga didukung oleh partner di bidang digital dan edukasi, yaitu TikTok, Mobile Legends: Bang Bang, Infinix, Viu, Zalora, Ruangguru, Noice, dan LifeVitae.
Gen Z dapat mengikuti rangkaian Generasi Happy dan mendapatkan entry pass Generasi Happy School Festival di microsite generasihappy.tri.co.di. Program ini terbuka untuk para pengguna setia Tri maupun pelanggan baru.
“Pada tahun ini, Generasi Happy berinovasi dengan menghadirkan berbagai aktivitas dalam format gabungan online dan offline, di mana Gen Z dapat mengasah keterampilan mereka dan mendapatkan kesempatan belajar langsung dari para ahli di berbagai bidang,” pungkas Ritesh.
STEVY WIDIA