Giring Mengubah Arah Bisnis Kincir.com

Giring Ganesha Presiden Indonesia Esports Premier League (Foto: Stevy Widia/Youngster.id)

youngster.id - Giring Ganesha memutuskan untuk membuat Kincir.com pivot. Startup yang dibangunnya sejak 2013 sekarang mensasar generasi millennial terutama pada kaum remaja pria.

Sebelumnya Kincir.com dikenal sebagai online fans club berbasis media sosial. Di sini par apenggemar dapat mengetahui kabar terbaru dan berinteraksi dengan idola mereka. Kesuksesan Kincir.com meraih 210.000 member dan 279 idola lokal dan internasional membuat startup ini pun digaet oleh GDP Venture.

Namun di tahun ini, Kincir.com melakukan pivot menjadi multi channel network yang menyediakan bergam konten popular di kalangan anak muda.

“Kincir.com telah lama hadir sebagai sahabat untuk anak muda. Dari data yang kami dapat, 83% pembaca kami adalah anak muda usia 15-24 tahun. Karena itu kami putuskan untuk pivot, dan fokus menjadi media konten untuk generasi Z, khususnya pria,” kata Giring yang juga menjabat sebagai Chief Executive Officer Kincir.com saat ditemui Youngster, Kamis (2/11/2017) di Jakarta.

Menurut dia, perubahan dari startup berbendera PT Gajah Merah Terbang diharapkan akan mempercepat pertumbuhan bisnis. Namun Giring mengaku dirinya tidak menetapkan target yang terlalu muluk, termasuk tidak buru-buru IPO. Dia lebih menekankan agar Kincir.com dapat memberikan literasi yang menarik bagi generasi milenial yang sekarang sangat digital. Tentu dengan konten yang terpercaya dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Jadi kami ingin memberi inspirasi dengan cara yang fun, penuh visual yang menarik dan berinteraksi dengan pembaca sehingga mereka juga dpat menyuarkan pendapat mereka,” ucap politisi Partai Solidaritas Indonesia itu.

Untuk tahap awal, Kincir.com yang mengusung tagline “We Are Young” akan hadir dengan lima kanal, yaitu Geeky, Chillax, Icon, Turbo, serta Style.

Kolom Geeky nantinya akan berisi konten mengenai kebudayaan pop yang digemari anak muda, mulai dari film, komik, game, anime, teknologi, dan sains. Adapun Chillax, memuat gaya hidup generasi muda seperti pengetahuan dunia, relasi percintaan, hingga edukasi.

Icon, berisi konten yang membahas sosok ternama mulai dari selebritas, figure yang menjadi viral, dan tokoh yang menginspirasi dalam bidang apapun. Sedangkan Turbo, membahas segala hal tentang otomotif. Satu kanal lain, Style akan lebih banyak membahas tentang gaya hidup anak muda dalam berbusana.

STEVY WIDIA

Exit mobile version