GoFood Dorong Visibilitas UMKM Kuliner Lokal

GoFood Juara Lokal

Head of Regions & External Affairs Gojek Gede Manggala (tengah) dan mitra GoFood. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Berdasarkan data dari Kemenkop UKM RI, tercatat ada 20,76 juta UMKM yang bergabung ke platform digital per Desember 2022. Namun setelah masuk ke ekosistem digital, UMKM tetap membutuhkan dukungan dan ragam inovasi yang dapat membantu mereka mengembangkan usahanya.

Untuk itu, Gojek melalui GoFood menghadirkan inisiatif Koleksi Juara Lokal GoFood. Ini merupakan kategori khusus di dalam aplikasi yang berisi kurasi menu-menu khas daerah guna mendorong visibilitas UMKM kuliner lokal ke jutaan pelanggan loyal GoFood.

Head of Regions & External Affairs Gojek Gede Manggala menjelaskan, inisiatif teranyar dari GoFood ini dapat memberikan peluang bagi UMKM kuliner lokal untuk lebih mudah
ditemukan oleh para pelanggan.

“Selain dukungan dari sisi teknologi, Koleksi Juara Lokal GoFood menjadi salah satu wujud upaya Gojek melalui GoFood untuk terus mendorong UMKM kuliner lokal yang telah go digital agar tetap eksis, bahkan meningkatkan usahanya secara berkelanjutan,” papar Gede dalam jumpa pers, Kamis (25/5/2023).

Inisiatif ini pertama kali diluncurkan di Bali pada November 2022 bersamaan dengan perhelatan forum dunia yakni KTT G20.  Kini, Koleksi Juara Lokal GoFood telah diperluas ke kota-kota lainnya, mulai dari Makassar, Medan, Balikpapan, Surabaya, Bandung dan Jabodetabek.

Menurut Gede, ragam menu khas daerah yang hadir di Koleksi Juara Lokal GoFood telah dikurasi secara khusus berdasarkan rekomendasi hidangan khas, resto legendaris, hidden gem, dan favorit masyarakat setempat, serta UMKM kuliner lokal yang memiliki pertumbuhan bisnis positif dan memiliki potensi untuk terus berkembang.

“Melalui Koleksi Juara Lokal GoFood, kami ingin memberikan kesempatan dan visibilitas yang sama kepada UMKM kuliner lokal agar dapat menjangkau pelanggan secara lebih luas,” ujar Gede.

Selain itu menurut Gede, hasil riset Alvara Research Center pada 2022 menyebut makanan nusantara atau makanan daerah menjadi kategori makanan yang paling banyak dijual oleh UMKM Indonesia dengan proporsi mencapai 42,3% dari total responden yang diwawancarai. Hal ini juga yang mendorong Gojek untuk mengambil peran aktif dalam membantu kemajuan UMKM kuliner yang menjual menu-menu khas daerah

Langkah Gojek mendapat dukungan dari Direktur Utama SMESCO Indonesia Leonard Theosabrata. Di amengatakan, SMESCO dan GoFood memiliki visi yang sejalan untuk mendorong UMKM kuliner dapat naik kelas.

“Kami melihat bahwa inisiatif Koleksi Juara Lokal GoFood dapat mengangkat eksposur resto UMKM kuliner yang menjual menu-menu khas daerah secara maksimal di platform online. SMESCO Indonesia turut mengapresiasi Koleksi Juara Lokal GoFood sebagai salah satu inisiatif dari ekosistem Gojek untuk mendukung jutaan UMKM yang telah go digital makin bertumbuh secara berkelanjutan,” katanya.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version