youngster.id - Sementara itu, berdasarkan data Ipsos Global Trend 2021, 59% konsumen di Indonesia tidak setuju bahwa brand global memiliki produk lebih baik daripada brand lokal. Bahkan 87% konsumen lebih cenderung untuk memilih membeli produk lokal dibandingkan produk global.
Hal ini mendorong Hypefast menggelar Indonesia Brand Founder Summit 2022 sebagai puncak program Hypefast Brand Founders of The Year. Acara ini merupakan konferensi consumer brand lokal terbesar di Asia Tenggara, dengan mengangkat topik-topik yang dinilai dapat memberikan wawasan serta memberikan dampak terhadap perkembangan brand lokal di Indonesia.
“Kami berharap, Indonesia Brand Founders Summit 2022 ini, dapat menghasilkan sebuah solusi bersama, untuk memajukan brand lokal di Indonesia, serta insight yang dapat menginspirasi dan memotivasi pemilik brand generasi selanjutnya di Indonesia. Apalagi revenue per tahun dari brand-brand yang berpartisipasi di acara Indonesia Brand Founders Summit 2022 hampir mencapai sekitar Rp 13 triliun,” kata Achmad Alkatiri CEO dan Founder Hypefast dalam keterangan pers, Rabu (12/10/2022).
Sejak pendaftaran dibuka pada Juni lalu, tercatat lebih dari 500 brand mendaftar dan dinominasikan oleh masyarakat sebagai Brand Founders of The Year. Dari ratusan brand ini, tim Hypefast dan jajaran juri telah mengkurasi dan melakukan assessment lebih lanjut untuk memilih 15 brand lokal untuk menjadi Hypefast: Brand Founders of The Year, Class of 2022.
Pemilihan kelimabelas pemilik brand ini, berdasarkan pertimbangan dan kriteria yang telah ditentukan oleh para juri, yang terdiri dari Komisaris Utama Hypefast, Gita Wirjawan, Founder dan CEO Hypefast, Achmad Alkatiri, dan Ketua Habibie Center, Ilham Habibie, serta jurnalis senior dari Forbes Indonesia, Ulisari Elista.
“Selama proses penyeleksian kami melihat begitu banyak potensi-potensi brand lokal ini untuk bisa berkembang. Namun, tentunya mereka tidak bisa bergerak sendiri, dibutuhkan dukungan penuh dari pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, mitra ekosistem, dan lainnya agar brand lokal ini bisa bersaing di pasar global. Hypefast hadir memposisikan diri sebagai partner yang tidak hanya memberikan modal, tetapi juga menyediakan tim ahli serta ekosistem retail yang terintegrasi,” kata Achmad.
Menurut dia, brand yang terpilih datang dari berbagai kategori mulai dari Food and Beverage, Fashion, Automotive, Accessories, Personal Care, Beauty dan Stationery. Program ini juga merupakan penghargaan dan apresiasi untuk pemilik brand lokal di Indonesia atas kontribusi yang diberikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan industri kreatif tanah air. Hal ini selaras dengan data simulasi Badan Pusat Statistik pada 2022, dimana dampak pembelian produk dalam negeri senilai Rp400 triliun dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 1,67% hingga 1,71%.
“Sudah semestinya brand lokal menjadi primadona di negeri sendiri. Peningkatan minat serta kesadaran masyarakat akan produk dan brand lokal pun menunjukkan jalan menuju era baru brand lokal semakin nyata. Hypefast yang selalu mendukung pertumbuhan brand lokal pun, melihat sudah semestinya brand-brand lokal ini diberikan apresiasi guna menumbuhkan semangat mereka berkarya dan berinovasi,” pungkas Achmad.
Penghargaan ini adalah inisiasi Hypefast bersama Forbes Indonesia, dan didukung oleh The Habibie Center, Future City Accelerator, School of Government and Public Policy serta Endgame Podcast. Pemberian penghargaan ini akan dilaksanakan dalam acara Indonesia Brand Founders Summit 2022, pada 13 Oktober 2022 mendatang.
STEVY WIDIA
Discussion about this post