Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Hyperlocal Tokopedia Pacu Transaksi Belanja Online di Sumatera Utara

23 Juni 2023
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Hyperlocal Tokopedia

Dari kiri ke kanan: Head of Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya (kedua kiri), Pemilik Usaha Fog Apothecary, Vivi Tantri (ketiga kiri), CEO and Co-Founder Coffeenatics, Harris Hartanto (kanan) (Foto: Istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Guna mengakomodasi tingginya animo belanja online masyarakat, Tokopedia menghadirkan inisiatif Hyperlocal berteknologi geo-tagging di Sumatera Utara. Inisiatif ini mendekatkan pembeli dan penjual di mana pun mereka berada, agar pembeli bisa mendapatkan lebih banyak pilihan produk kebutuhan dengan lebih efisien.

Head of Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, Hyperlocal Tokopedia membawa beragam dampak positif. Pada Mei 2023 dibanding rata-rata bulanan selama 2023 (Januari-April), jumlah pembeli di Sumatra Utara termasuk Medan dan sekitarnya meningkat lebih dari 1,5 kali lipat.

“Medan, Gunungsitoli, Batu Bara, Pakpak Bharat dan Tanjung Binjai menjadi wilayah di Sumatra Utara dengan kenaikan tertinggi jumlah pembeli,” kata Ekhel, Kamis (22/6/2023).

Di sisi lain, Rumah Tangga, Kesehatan, Makanan dan Minuman, Fesyen serta Elektronik menjadi beberapa kategori yang paling laris di Sumatra Utara, termasuk Medan dan sekitarnya, pada periode Januari hingga Mei 2023.

Inisiatif Hyperlocal Tokopedia diterapkan dalam berbagai kampanye, salah satunya Waktu Indonesia Belanja (WIB). Jumlah pembeli di kampanye WIB Sumatra Utara termasuk Medan dan sekitarnya meningkat hampir 1,5 kali lipat pada Mei 2023 dibanding rata-rata bulanan selama 2023 (Januari-April).

“Promo yang paling sering digunakan oleh masyarakat Sumatra Utara termasuk Medan dan sekitarnya, dalam belanja online melalui Tokopedia, sepanjang 2023 (Januari-Mei) adalah Bebas Ongkir dan Cashback,” jelas Ekhel.

Baca juga :   Dina Rimandra Handayani : Ingin Merawat Tradisi Batik

Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, kontribusi UMKM lokal terhadap PDB Indonesia meningkat setiap tahunnya, bahkan mencapai 60,3% pada tahun 2019. Di sisi lain, Pemerintah Indonesia menargetkan pertumbuhan wirausaha di Indonesia sebesar 4% pada tahun 2024.

“Sejalan dengan upaya pemerintah Indonesia untuk meningkatkan jumlah pelaku usaha di Indonesia, kini Tokopedia telah menjadi rumah bagi sekitar 14 juta penjual yang hampir 100% pegiat UMKM. Mereka memasarkan lebih dari 1,8 miliar produk ke masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia,” klaim Ekhel.

Menurut Ekhel, Tokopedia melakukan berbagai upaya, salah satunya Hyperlocal, untuk mempermudah pelaku usaha khususnya UMKM menciptakan peluang lewat pemanfaatan kanal digital dari seluruh penjuru di Indonesia, seperti Sumatra Utara (Sumut).

Baca juga :   Tren Belanja Online di Tokopedia pada Kuartal III 2023

Dampaknya, berdasarkan data internal Tokopedia, Nias, Nias Utara, Nias Barat, Dairi dan Medan menjadi wilayah dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual di Sumut pada Mei 2023 dibandingkan rata-rata bulanan selama 2023 (Januari-April).

Salah satu manifestasi Hyperlocal Tokopedia adalah Kumpulan Toko Pilihan (KTP)–halaman kurasi produk dari penjual terdekat dari lokasi pembeli. Jumlah transaksi di Sumut termasuk Medan dan sekitarnya karena adanya kampanye KTP meningkat hampir 1,5 kali lipat pada Mei 2023 dibandingkan rata-rata bulanan selama 2023 (Januari-April).

Manifestasi Hyperlocal Tokopedia lainnya adalah Dilayani Tokopedia–gudang pintar penyedia layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual menitipkan produk di wilayah-wilayah dengan permintaan tinggi. Sepanjang bulan Mei 2023 dibandingkan rata-rata bulanan selama 2023 (Januari-April), Tokopedia mencatat, ada peningkatan jumlah penjual yang memanfaatkan gudang pintar Dilayani Tokopedia di Sumut termasuk Medan dan sekitarnya sebesar lebih dari 2,5 kali lipat. Transaksi lewat Dilayani Tokopedia di Sumut pun meningkat 2,5 kali lipat.

Baca juga :   Peroleh Pendanaan Sebesar US$75 Juta, Startup Scrut Automation Ekspansi ke Indonesia

“Secara keseluruhan, Hyperlocal Tokopedia berserta sederet manifestasinya telah mendorong peningkatan jumlah penjual di Sumut termasuk Medan dan sekitarnya sebesar hampir 2,5 kali lipat pada Mei 2023 dibandingkan rata-rata bulanan selama 2023 (Januari-April),” tutup Ekhel.

Contoh UMKM Medan sekaligus penjual di Tokopedia, Fog Apothecary, menjual produk essential oil, perawatan tubuh dan wewangian rumah berbahan alami. Sejak bergabung dengan Tokopedia pada 2018 dan mengikuti beragam kampanye–seperti turunan Hyperlocal, yaitu KTP–bisnis Fog Apothecary kian tumbuh dan berkembang.

Ada pula, Coffeenatics, usaha kopi yang didirikan oleh Harris Hartanto dan Norita Chai sejak 2015 ini telah merasakan banyak manfaat dari dari turunan inisiatif Hyperlocal Tokopedia, yaitu Dilayani Tokopedia, serta berhasil memberdayakan ratusan petani kopi lokal.

 

STEVY WIDIA

Tags: Hyperlocal Tokopediateknologi geo-tagging
Previous Post

Bliblimart Luncurkan Kampanye “Dihitung-hitung Pasti Untung”

Next Post

Perluas Potensi Pasar, Paper.id Hadir di Ekosistem Digital Hub

Related Posts

belanja online
News

Tren Belanja Online di Tokopedia pada Kuartal III 2023

18 September 2023
0
Hyperlocal Tokopedia
News

Hyperlocal Tokopedia Dorong Tumbuh Kembang Pelaku Usaha di Indonesia

4 September 2023
0
Hyperlocal Tokopedia
News

Hyperlocal Tokopedia Bantu Pasarkan 1,8 Miliar Produk dari 14 Juta UMKM

31 Agustus 2023
0
Load More
Next Post
Digital Experience Center (DXC)

Perluas Potensi Pasar, Paper.id Hadir di Ekosistem Digital Hub

Rumah Indofood

Rumah Indofood Target Jaring 1 Juta Pengunjung di Jakarta Fair Kemayoran 2023

Rahasia #BukaPluang

Dorong Masyarakat Berinvestasi, Pluang Gelar Kampanye “Rahasia #BukaPluang”

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version