Hyundai Startup Challenge Dukung Wirausaha Sosial di Indonesia

Hyundai Startup Challenge 2022

Wirausaha sosial Hear Me terpilih sebagai juara pertama Hyundai Startup Challenge 2022 (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Memasuki tahun ketiga, Hyundai Motor Group kembali menggelar Hyundai Startup Challenge (HSC)–sebuah dukungan pendanaan dan bimbingan dari perusahaan otomotif asal Korea Selatan ini kepada wirausaha sosial di Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya.

HSC 2022 telah memilih deretan usaha sosial yang dapat memberikan dampak sosial dan memecahkan berbagai masalah sosial terkait dengan sektor lingkungan, pekerjaan, kendaraan listrik, dan kesehatan di Indonesia.

“Seiring dengan semakin eratnya kerja sama antara Indonesia dan Hyundai, saya percaya bahwa nilai-nilai yang dibawa HSC juga akan terus meningkat. Hyundai Motor Company akan terus membantu menyelesaikan masalah sosial Indonesia melalui cara-cara kreatif dan inovatif, serta berkontribusi dalam membina wirausaha muda di berbagai bidang,” kata Lee Kang Hyun, Vice President Hyundai Motor Asia Pacific Headquarters, Senin (28/11/2022).

Tahun ini HSC diikuti 826 tim pada tahap rekrutmen. Hal ini menunjukkan rasio kompetitif tertinggi yang pernah ada yaitu mencapai 55:1. Selanjutnya terpilih 15 tim, yang mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi Hyundai Motor Manufacturing Indonesia sebagai pabrik anak perusahaan Hyundai Motor di Indonesia dan mendapatkan bimbingan konsultasi (akselerasi) dari para ahli selama program berlangsung (enam bulan). Selain itu, setiap tim diberikan hibah senilai 9 juta won selama program tersebut untuk mengembangkan bisnisnya.

Direktur Aplikasi, Permainan, TV, dan Radio, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Iman Santosa mengatakan, tingginya peminat HSC ini menunjukkan bahwa adanya minat yang tinggi dari masyarakat Indonesia sendiri dalam meningkatkan perubahan sosial di lingkungannya.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Hyundai Motor Group, dengan adanya Hyundai Start-Up Challenge ini kami bisa bekerja sama dan mengenal karya para pemenang. Tentunya karya-karya dari para pemenang ini sangat penting untuk meningkatkan kapasitas perkembangan ekonomi digital di masa depan. Kemampuan dan keunggulan digital networking yang dimiliki oleh generasi muda senantiasa harus berjiwa mandiri, kreatif, kolaboratif, inovatif, dan memahami teknologi agar mampu bersaing di era 5.0, sehingga semakin memperkuat ekosistem digital di Indonesia,” ujar Iman.

Sebagai sesi penutup program akselerasi tersebut, digelar acara Hyundai Start-up Challenge Indonesia 2022 Demo Day, dengan mengusung tema “Move Impact Forward, Together” dan menekankan tiga aspek penting, yaitu: Move Sustainability Forward, Move Equality Forward, dan Move Accessibility Forward. Pada acara ini juga diumumkan pemenang HSC 2022.

Pemenang pertama tim Hear Me, dengan karya yang dapat meningkatkan aksesibilitas bagi penderita tunarungu dalam kehidupan sehari-hari melalui pengembangan aplikasi terjemahan/interpretasi bahasa isyarat, berhasil mendapatkan hadiah sebesar 32 juta won (US$23,834). Pemenang kedua adalah Syams, hasil karya yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat lokal, membuat kerajinan tangan tradisional Indonesia melalui daur ulang yang menarik perhatian. Syams mendapatkan hadiah sebesar 16 juta won. Pemenang ketiga, Algobashdengan karya Enabler e-commerce bekerja pada platform berbasis teknologi untuk mendukung tenaga kerja digital, menyelesaikan kesenjangan pendidikan melalui pelatihan programmer Indonesia dan platform tanya-jawab ini, berhasil mendapatkan hadiah sebesar 8 juta won. (*AMBS)

 

Exit mobile version