IDE, Wadah Bagi Pelaku UMKM Bertransformasi Digital dan Kembangkan Bisnis

Indosat IDE

Narasumber seminar dan peluncuran Indosat Digital Ecosystem ((DE). (Foto:stevywidia/youngster.id)

youngster.id - Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) melalui Indosat Business meluncurkan platform digital Indosat Digital Ecosystem (IDE). Layanan ini mensasar pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar dapat bertransformasi digital dan mengembangkan bisnis lebih besar lagi.

Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison Bayu Hanantasena mengatakan, IDE memberikan akses komunitas dan solusi kelas enterprise untuk mendukung transformasi digital UMKM di Indonesia. Hal ini sejalan dengan tujuan IOH yaitu menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia dengan mempercepat transformasi digital bangsa, salah satunya bagi pelaku UMKM.

“Kami berharap platform IDE dari Indosat Business dapat mengakselerasi pertumbuhan bisnis dan mendorong digitalisasi UMKM. Hal ini dikarenakan IDE menawarkan platform digital terintegrasi untuk mengakses teknologi yang dibuat khusus untuk pelaku UKM dan memungkinkan menjalankan bisnis mereka dengan lebih baik melalui hyperlocal-insight, literasi digital, dan pasar untuk mengakses produk teknologi,” kata Bayu dalam peluncuran IDE, Kamis (13/10/2022) di The Atrium Grand Ballroom Sampoerna Strategic Square, Jakarta.

Dia menjelaskan, platform IDE menyediakan tiga fitur untuk mendukung pelaku UMKM, yaitu IDE Advisory, IDE Academy, serta IDE Marketspace. Lewat IDE Advisory, pengguna dapat meningkatkan insight global untuk mengembangkan bisnis mereka. Lebih lanjut, IDE juga menyediakan akses ke video dan pelatihan yang memudahkan pelaku UMKM mendapatkan kemampuan digital melalui fitur IDE Academy.

“Tiga fitur tersebut akan membantu UMKM lebih melibatkan pelanggan berdasarkan data, lebih sistematis dalam mengelola keuangan, dan menjalin hubungan yang kuat satu sama lain. Sementara untuk memperluas jejaring bisnis, relasi, dan kesempatan untuk cross-promotion, IDE menyediakan fitur Marketspace sebagai ruang komunitas pelaku UMKM,” kata Bayu menegaskan.

Menurut Bayu, platform ini IDE menyasar semua kelas pengusaha UMKM. Karena itu, solusi enterprise ini tersedia dalam harga yang terjangkau, termasuk oleh pengusaha mikro.”Modelnya IDE adalah inklusif, tidak eksklusif,” tambah Bayu.

Untuk memperkuat platform IDE, Indosat bekerjasama dengan Google Cloud. Country Director Indonesia Google Cloud Megawaty Khie mengatakan kolaborasi ini untuk mengembangkan sebagai sebuah platform lengkap yang menyediakan tools yang didukung data dan keterampilan digital yang diperlukan untuk UMKM di area metro dan non-metro.

“Bagi UMKM, terdapat tiga hal penting yang berperan dalam meningkatkan pertumbuhan usaha mereka yaitu: tools untuk memastikan kehadiran secara online, kemampuan untuk menghadirkan kerja sama yang dikustomisasi kepada pengguna ‘digital-first’ saat ini, dan keterampilan untuk mengombinasikan tools dan kemampuan agar lebih efektif. Untuk menjadi perusahaan yang mapan di masa depan hanya terjadi melalui penggabungan teknologi cloud dan telekomunikasi yang terdepan,” ungkapnya.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version