IdeaFest 2022 Gelar NEXSPACE Kompetisi Dan Mentoring Startup

Nexspace

Sesi mentoring Nexspace. (Foto: istimewa)

youngster.id - IdeaFest 2022 menjadi fasilitator bagi pelaku industri kreatif nasional serta internasional untuk berbagi ide, wawasan, hiburan, dan terobosan kreatif kolaboratif. Pada festival kali ini juga digelar NEXSPAXE, program kompetisi dan mentoring startup.  

Managing Director 11th Space Indonesia Wanyi Praktinyo mengungkapkan, kompetisi yang digelar 11th Space bersama IdeaFest ini diikuti 26 startup.

NEXSPACE melakukan sesi mentoring bersama dengan acara Ideafest 2022 selama empat hari kepada 26 startup yang lolos seleksi tahap awal hingga akhirnya terpilihlah 5 startup sebagai pemenangnya,” kata Wanyi dalam keterangan pers Kamis (1/12/2022).

Wanyi menjelaskan, startup yang terpilih pertama adalah Bonvie, sebuah startup yang memproduksi perawatan rambut rontok organik, terbuat dari 100% bahan alami. Kemudian Plana Wood, startup pengolah limbah plastik untuk dijadikan panel pengganti kayu atau batu bata yang berkualitas dan ramah lingkungan.

Berikutnya adalah Nom Nom Herbs and Spices, startup yang membantu para petani rempah untuk menghasilkan produk berkualitas dengan harga jual yang lebih baik. Lalu, Kita App yaitu startup yang membuat aplikasi untuk pregnancy tracker dan keluarga sehat. Terakhir adalah Silang.id aplikasi untuk mengajarkan bahasa isyarat dan membuka akses menuju kesempatan kerja bagi komunitas tuna rungu di Indonesia.

“Mereka berpeluang mendapatkan pendanaan, serta koneksi dengan perusahaan yang sejalan dengan ide dan visi mereka,” kata Wanyi.

Wanyi menegaskan, NEXSPACE tidak hanya sebagai kompetisi startup, tetapi menjadi komunitas bagi para pebisnis muda dimana semua pelaku bisnis maupun startup dapat saling terhubung, berkolaborasi, dan berinovasi untuk membangun Indonesia.

“11th Space Indonesia akan terus hadir sebagai business accelerator dan mendampingi para founder bisnis maupun startup untuk mematangkan ide serta memberikan solusi akan kebutuhan masyarakat Indonesia melalui berbagai program ataupun kegiatan lainnya,” ungkap Wanyi.

Silang menjadi startup favorit para mentor dan juri di program NEXSPACE 2022. Perusahaan rintisan ini mendapat kesempatan untuk mempresentasikan ide bisnis mereka di hadapan ribuan penonton saat ajang IdeaFest 2022 pada tanggal 27 November 2022.

Co-Founder dari Silang, Bagja Prawira membuka presentasi dengan menggunakan bahasa isyarat yang juga diterjemahkan secara live oleh salah satu penerjemah bahasa isyarat dari Silang.

NEXSPACE menghadirkan Ivan Tandyo (CEO Navanti Holdings), Yose Rizal (Commissioner of Telkomsel), Stephanie Regina (Haloka Group), David Soong (Founder, Sweet Escape & Boga Group), Chelsea Hartanto (Investment Professional, Alpha JWC), Dr. Indrawan Nugroho (CEO & Co-Founder, CIAS) sebagai mentor.

Ivan Tandyo selaku CEO Navanti Holdings memberikan kesan pesannya tentang NEXSPACE tahun ini yang menjadi debut. Menurut dia, NEXSPACE telah membuktikan bahwa terdapat ruang untuk mengembangkan startup serta bisnis kreatif dengan pendampingan yang tepat.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version