IdeaFest 2022 Hadirkan NEXSPACE, Program Akselerasi Bisnis Bagi Startup

IdeaFest 2022

IdeaFest 2022. (Foto: istimewa)

youngster.id - Festival kreatif tahunan, IdeaFest berkolaborasi dengan 11th Space menggelar NEXSPACE.  Program ini menyediakan kesempatan akselerasi bisnis hingga pendanaan bagi startup. Tercatat sudah ratusan startup founders yang mendaftar untuk kemudian diseleksi menjadi 26 yang terpilih untuk menjalani program tersebut. 

“Para startup founders bisa belajar dari mentor profesional dari industri yang berbeda-beda dalam kurikulum yang telah dirancang,” kata Ben Soebiakto Co-Chairman IdeaFest 2022 dalam keterangannya, Jumat (25/11/2022).

Ben menjelaskan, NEXSPACE ini  terinspirasi dari Shark Tank yang merupakan kompetisi startup untuk mendapatkan pendanaan investor bagi para pemenangnya. “Itu yang membuat kami melahirkan sebuah program bagi para enterpreuneur,” ujarnya.

Pendaftaran program ini telah dibuka sejak Oktober 2022. Saat ini sudah ada ratusan startup yang mendaftar, mereka akan diseleksi menjadi 26 yang terpilih untuk berlanjut ke program eksklusif NEXSPACE. “Kategorinya masih startup, yang kami sebut layak di-grooming dalam sebuah mentorship,” ujarnya.

Setelah melewati sesi mentoring oleh para mentor dari berbagai latar belakang, juga workshop dan challenge 24-26 November 2022, sebanyak tiga atau lima startup founders terpilih akan berlanjut ke tahap akhir, Demo Day, pada 27 November 2022. Pada tahap ini mereka akan presentasi di hadapan para juri, investor dan penonton di IdeaFest. Di sinilah IdeaFest menyediakan kesempatan pertemuan para pelaku bisnis dengan para investor.

Program NEXSPACE ini dijalankan bareng The 11th Space sebagai salah satu kolaborator di Ideafest 2022. Business hub yang menyediakan ekosistem wirausahawan untuk menemukan mentor, jaringan, investor, dan sistem pendukung yang tepat untuk mengembangkan bisnis ini membagi tiga program utama yang akan diberikan kepada 26 entrepreuner atau start up yang terpilih.

Ketiganya adalah, yang pertama, ‘Pre-Accelerator’. Ini ditujukan untuk membangun 3M (Manajemen, Manufaktur, dan Pemasaran) bisnis dalam program enam bulan. Kedua, ‘Accelerator’, yang membantu meningkatkan bisnis dalam pemodelan keuangan, kemitraan strategis, menemukan investasi malaikat, dan penggalangan dana dalam program tiga tahun.

Sub-Program terakhirnya adalah ‘Consultation’. Tahap ini berupa pendampingan mingguan atau bulanan dan membantu bisnis menetapkan pencapaian, strategi pengembangan bisnis, dan perhitungan struktur keuangan.

Tentang kolaborasi dengan The 11th Space, Ben mengungkap keyakinannya komunitas kreatif di Indonesia dapat bergerak bersama untuk menciptakan karya yang berdampak bagi ekonomi negara dalam jangka panjang.

Sebelumnya Ideafest telah menyelenggarakan sejumlah program bootcamp. Pada 2015 dan 2016 tentang social enterprise, pada 2019 tentang Food and Beverage yang diberikan nama Space Up. Program lalu rehat selama dua tahun pandemi.

“Setelah berhadapan dengan pandemi selama lebih dari dua tahun, kini dunia perlahan pulih dengan sendirinya, dan kami sadar kemajuan teknologi saat ini menjadikan kolaborasi lebih bebas hambatan,” katanya.

Dengan tema “Reality Re:defined” yang diusung tahun ini, IdeaFest 2022 bekerja sama dengan lebih dari 180 pelaku kreatif, 30 komika, dan 30 tenant kuliner untuk hadirkan lebih dari 100 sesi dan puluhan experiential booth. IdeaFest digelar 24-27 November 2022 di Jakarta Convention Center (JCC).

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version