Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Indonesia Berjuang untuk Mengimbangi Transaksi Tanpa Uang Tunai di Asia Tenggara

25 Mei 2023
in Headline
Reading Time: 3 mins read
cashless society

Indonesia Berjuang untuk Mengimbangi Transaksi Tanpa Uang Penggunaan Dompet Digital Meningkat, Indonesia Menuju Cashless Society? (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Pembeli di Asia Tenggara, terutama Indonesia dan Filipina, semakin bergantung pada transaksi tanpa uang tunai (cashless). Konektivitas dan digitalisasi menjadi pemicu hiperkonsumerisme di wilayah ini.

E-commerce mode, kecantikan, dan gaya hidup ZALORA melaporkan pembayaran digital di Asia Tenggara tumbuh menjadi 81,20% pada tahun 2022, naik dari 74,61% pada tahun 2020.

Pembayaran digital diperkirakan akan mendorong belanja e-commerce di kawasan ini, tetapi karena bentuk kepulauan yang terpecah-pecah di Indonesia dan Filipina, maka integrasi sistem pembayaran dapat terhambat. Dengan begitu uang tunai tetap menjadi raja.

Transaksi yang ditutup melalui metode pembayaran cash-on-delivery (COD) telah menurun secara signifikan dalam dua tahun terakhir menjadi antara 15% dan 20% dari sebelumnya 25%.

“Terlepas dari prospek positif, lanskap pembayaran di Asia Tenggara tetap sangat terfragmentasi. Faktanya, karena keragaman wilayah, integrasi dari pasar ke pasar pada umumnya sulit dilakukan oleh satu pemain di tingkat pembayaran,” kata Achint Setia, Kepala Pendapatan dan Pemasaran ZALORA, seperti dikutip Retail Asia.

ZALORA mencatat bahwa transaksi tunai pada 2021 di Filipina kembali ke tingkat pra-pandemi, sementara pembayaran tunai di Indonesia naik menjadi 60% pada 2021 dari 58% pada 2020. Hal ini ada kaitannya dengan topografi kepulauan Filipina dan Indonesia.

Baca juga :   Fintech Dorong Sistem Cashless

“Tantangan dengan Filipina dan Indonesia adalah topografi mereka yang jauh lebih beragam dan tersebar. Ada tantangan, bahkan secara logistik bagi pemain lama untuk melakukan ekspansi,” kata Setia.

Sebagian pelanggan yang berada di pelosok enggan menggunakan metode pembayaran digital dan memilih bermain aman dengan mengandalkan COD. Misalnya, Indonesia yang memiliki lebih dari 17.500 pulau memiliki kesenjangan digital yang sangat besar antara pelanggan di Pulau Jawa dan pelanggan di pulau-pulau terpencil.

Mengutip data dari Boston Consulting Group, 57% masyarakat Indonesia lebih suka membayar tunai, 8% lebih memilih mobile wallet, dan 7% menggunakan internet banking.

Hiperkonsumerisme di Asia Tenggara

Konektivitas dan digitalisasi yang tumbuh secara eksponensial di kawasan ini juga memicu hiperkonsumerisme karena pembeli menuntut fleksibilitas, kenyamanan, dan kontrol. Misalnya, banyak pembelian bernilai tinggi juga dimungkinkan oleh adanya layanan “beli sekarang, bayar nanti” atau BNPL (Buy Now Pay Later).

Baca juga :   SukkhaCitta Berdayakan Pengrajin Kain dan Merawat Bumi Melalui Bisnis Mode

ZALORA menemukan bahwa meskipun kartu kredit mendominasi transaksi mewah dengan 41,1% pembeli menggunakannya sebagai metode pembayaran, pembeli mewah juga mulai lebih sering menggunakan BNPL. Pada tahun 2022, 21,4% transaksi mewah dibayarkan melalui BNPL, naik dari 12,9% pada tahun 2021. Dibandingkan dengan opsi kartu kredit, yang menurun dari 47,4% pada tahun 2021.

Metode BNPL juga memberikan pembeli akses ke produk bernilai tinggi lainnya, seperti produk rumah dan gaya hidup, kecantikan, dan aksesoris wanita.

Selain itu, festival belanja, seperti Single’s Day dan acara dua digit, juga telah mendorong hiperkonsumerisme di kalangan masyarakat Asia Tenggara. Brand yang ingin memanfaatkan acara ini perlu membangun kehadiran online yang lebih kuat yang akan membawa pelanggan melalui perjalanan mulus dari niat hingga pengiriman.

“Pelanggan ingin membangun hubungan jangka panjang dengan brand yang mereka sukai, tetapi mereka juga tidak ingin hal itu terjadi dengan mengorbankan banyak kerumitan atau kurangnya nilai uang. Keduanya sama pentingnya,” ujarnya.

Baca juga :   Kemenkop dan UKM Akan Revitaliasi 51 Pasar Rakyat

Untuk itu, ZALORA meningkatkan program manfaatnya, ZALORA Now (ZNOW). Melalui ZNOW, e-commerce ini menawarkan pengalaman unik kepada pelanggannya melalui akses awal ke acara-acara besar, layanan pengiriman last-mile yang lebih cepat, dan bahkan memungkinkan mereka untuk menemukan produk yang lebih baik, antara lain.

Di luar itu, brand perlu memastikan fleksibilitas terintegrasi di seluruh model bisnis, terutama di tengah lanskap ekonomi dan geopolitik saat ini yang dapat mengganggu rantai pasokan.

“Apakah itu sumber, manufaktur, atau produksi, semuanya terpukul, sehingga perusahaan terus menyesuaikan rantai pasokan mereka untuk beradaptasi dengan lingkungan saat ini. Kami juga telah melihat biaya transportasi dan logistik menjadi lebih kompetitif belakangan ini dan benar-benar melampaui batas di masa lalu. Brand dan penjual hanya perlu memastikan bahwa mereka tetap fleksibel. Mereka harus terus mencoba model bisnis baru untuk mengatasi tantangan saat ini karena mereka tidak akan pergi dengan tergesa-gesa,” tutup Setia. (*AMBS)

Tags: bayar nanti”BNPL (Buy Now Pay Later)Cash on Delivery (COD)cashlesslayanan “beli sekarangtransaksi tanpa uang tunaizalora
Previous Post

Teknologi AI Bantu Tingkatkan Akses Pendidikan Berkualitas di Indonesia

Next Post

Forum Diaspora Indonesia 2023, Dorong Diaspora Berperan Dalam Pembangunan

Related Posts

Zaloraya 2025, Dorong Kolaborasi dan Kemajuan Industri Fashion Lokal
Headline

Zaloraya 2025, Dorong Kolaborasi dan Kemajuan Industri Fashion Lokal

1 Maret 2025
0
Zalora
Headline

Tahun 2024, ZALORA Fokus pada Layanan Platform B2B dan Solusi e-Commerce

5 Maret 2024
0
Zalora
News

Minat Akan Fesyen Lokal Meningkat, Zalora Kolaborasi Dengan 9 Desainer Indonesia

27 Februari 2024
0
Load More
Next Post
Forum Diaspora Indonesia 2023, Dorong Diaspora Berperan Dalam Pembangunan

Forum Diaspora Indonesia 2023, Dorong Diaspora Berperan Dalam Pembangunan

Fitur AR Tokopedia

Tokopedia Hadirkan Berbagai Fitur Berbasis Teknologi Terbaru, Termasuk Augmented Reality

AMD Radeon RX 7600

Kartu Grafis Terbaru AMD Beri Gamers dan Konten Kreator Performa Tinggi

Discussion about this post

Recent Updates

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version