Indonesia Berkontribusi Hingga 40% Dari Total Bisnis Shopee

(ki-ka) Handhika Jahja, Head of Marketing Shopee Indonesia, Monica Vionna Elysia, Marketing Manager Shopee Indonesia, dan Rezki Yanuar, Brand Manager Shopee Indonesia pada perayaan ulang tahun Shopee yang ke-2. (Foto: Stevy Widia/Youngster.id)

youngster.id - Dalam waktu dua tahun Shopee mengalami pertumbuhan yang signifikan dengan nilai annualised Gross Merchandise Value (GMV), lebih dari US$ 5 miliar. Menariknya dari tujuh wilayah pemasaran, Indonesia memberi kontribusi hingga 40% dari total bisnis Shopee.

Handhika Jahja, Head of Marketing Shopee Indonesia mengungkapkan, kenaikan pengguna Shopee di Indonesia mencapai 350% kurun waktu 2016-2017.

“Indonesia merupakan market utama Shopee. Di Indonesia, Shopee telah memiliki lebih dari 100 juta listings aktif dan lebih dari 1 juta penjual serta brand. Di bulan Oktober saja, telah lebih dari 50 juta barang terjual. Lebih jauh lagi, Shopee telah diunduh lebih dari 25 juta kali, peningkatan sebesar 350% dari tahun lalu,” ungkap Handhika pada perayaan ulang tahun ke-2 Shopee Indonesia, Rabu (29/11/2017) di Jakarta.

Menurut dia pencapaian itu menunjukkan bahwa e-commerce ini telah meraih pangsa pasar yang baik di Indonesia. “Untuk itu kami terus berkomitmen untuk mendengarkan kebutuhan dan preferensi pengguna kami, kemudian kami bekerja untuk menciptakan platform yang sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan itu. Shopee juga berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan tidak hanya pengguna dan bisnis, tetap juga usaha kecil dan menengah dengan bantuan teknologi,” ucap Handhika lagi.

Sementara itu, Monica Vionna Elysia Marketing Manager Shopee Indonesia mengatakan, keberhasilan itu berkat berbagai terobosan yang dilakukan. Diantaranya, Roadshow Kampus Shopee ke 13 kota di seluruh Indonesia. “Kegiatan ini telah menjangkau lebih dari 10.000 peserta untuk menciptakan platform pendidikan, berbagi informasi, dan jejaring antar wirausahawan lokal dengan lebih dari ribuan penjual di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Selain itu menurut Monica, e-commerce ini juga menggandeng pemerintah yakni Kementerian Komunikasi dan Informatika dan iDEA untuk menggelar Roadshow UMKM Go Online, yang bertujuan untuk mencapai 8 juta UKM online.

“Kami juga melanjutkan komitmen investasi sebesar Rp100 miliar sebagai dana langsung kepada UKM melalui program Shopee Untuk Negeri,” ujarnya menambahkan.

Sebagai bagian dari perayaan ulang tahunnya, Shopee Indonesia secara khusus telah menyiapkan 18 hari Birthday Sale yakni 27 November sampai 14 Desember, bertajuk “Promo besar-besaran, dapatkan rumah idaman”. Program ini memberikan diskon hingga 90%, flash sale yang tak ingin dilewatkan, dan hadiah menarik lainnya. Selain itu, setiap pengguna juga akan memiliki kesempatan untuk memenangkan hadiah utama berupa satu unit rumah idaman, 60 Emas 5gr, dan 60 Oppo F5.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version