Selasa, 15 Juli 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Indonesia Jadi Pasar Terbesar Kedua TikTok Shop di Dunia

5 Februari 2025
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Kreator Affiliate

Membangun Karier dari Rumah Sebagai Kreator Affiliate di TikTok (Foto: Istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Indonesia merupakan pasar terbesar kedua bagi TikTok Shop setelah Amerika Serikat (AS) pada tahun 2024 lalu. Total transaksi atau gross merchandise value (GMV) TikTok Shop yang kini berganti nama menjadi ShopTokopedia, ditaksir mencapai US$ 6,198 miliar (sekitar Rp 100,5 triliun). Angka itu tumbuh 39% secara tahunan atau year on year (yoy). 

Adapun, total GMV TikTok Shop secara lobal yang ditaksir mencapai US$ 32,6 miliar pada 2024 ini. Jumlah ini setara dengan Rp 528,6 triliun.

Berdasarkan laporan firma analisis data video commerce, Tabcut.com, sebagaimana dilaporkan Momentum Works menyebut, Posisi Indonesia satu peringkat di bawah Amerika Serikat (A) yang menyumbang pendapatan senilai US$ 9 miliar (sekitar Rp 145,8 triliun). Transaksi belanja pengguna TikTok di AS ini tumbuh hingga 650%.

Produk kecantikan dan perawatan pribadi tetap menjadi kategori dominan di seluruh pasar TikTok Shop.  Di Indonesia, sembilan dari sepuluh toko teratas dan delapan dari sepuluh produk terlaris berasal dari kategori ini.

Baca juga :   Tokopedia & TikTok Shop Seller Center, Integrasikan Pengelolaan Penjual dari Dua Platform

“Di Indonesia, 9 dari 10 toko teratas dan 8 dari 10 produk terlaris berasal dari kategori kecantikan dan perawatan pribadi,” dilansir Momentum Works baru-baru ini.

Sementara harga transaksi barang rata-rata di Indonesia pada tahun 2024 mencapai US$ 4,98, masih lebih tinggi dari Malaysia yang berada di angka US$ 4,64. Adapun, harga transaksi barang rata-rata di AS mencapai US$ 19,64, harga tersebut sedikit lebih rendah dibandingkan dengan Singapura yang tercatat US$ 19,77.

Sementara itu, di Indonesia, TikTok bersama Tokopedia menciptakan ekosistem baru yang lebih kuat dan lebih berdampak. Kekuatan ShopTokopedia ini berupa sistem rekomendasi terpersonalisasi, konten autentik, dan dukungan komunitas yang kuat, dapat dimanfaatkan oleh penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia untuk mencapai lebih.

Bahkan, transaksi penjual yang berpromosi melalui live streaming di TikTok mengalami kenaikan signifikan, yaitu rata-rata 30 kali lipat 1. Riset Tempo Data Science menunjukkan, sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia secara keseluruhan berhasil meningkatkan pendapatan UMKM sebesar 95%.

Baca juga :   Berkat Beli Lokal, Transaksi Produk UMKM di Tokopedia dan ShopTokopedia Naik

Presiden Direktur Tokopedia dan TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto dalam ShopTokopedia & Tokopedia Summit beberapa waktu lalu mengungkapkan, sinergi Tokopedia dan ShopTokopedia secara keseluruhan berhasil meningkatkan pendapatan UMKM sebesar 95%.

Praktiknya, penjual bisa memperluas pasar dan meningkatkan penjualan dengan membuat sendiri konten video promosi di TikTok, atau bekerja sama dengan jutaan kreator di TikTok. Penjual yang berpromosi lewat short video di TikTok–baik yang dibuat sendiri oleh penjual maupun melibatkan affiliate content creator–mengalami peningkatan transaksi rata-rata 31 kali lipat. 6 Salah satu penjual batik di Jawa Tengah bahkan mengalami peningkatan omzet puluhan kali lipat di ShopTokopedia setelah memanfaatkan berbagai fitur, termasuk fitur LIVE dan short video di TikTok bahkan selama 24 jam.

“Kami akan terus memperkuat sinergi untuk membawa lebih banyak dampak positif bagi Indonesia, baik melalui inovasi, seperti pusat penjual terintegrasi, program afiliasi, dan solusi pemasaran yang lebih menguntungkan, maupun kampanye untuk mendorong kemajuan pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM,” kata Melissa.

Baca juga :   Gaya Padu Padan Modest di Modest Wear Fall/Winter 2022

Berikut 8 negara yang menyumpang GMV terbanyak untuk TikTok Shop: 
1. Amerika Serikat – US$ 9 miliar (sekitar Rp 145,8 triliun), tumbuh 650% yoy
2. Indonesia – US$ 6,198 miliar (sekitar Rp 100,5 triliun), tumbuh 39%yoy
3. Thailand – US$ 5,743 miliar (sekitar Rp 93 triliun), tumbuh 101%yoy
4. Vietnam – US$ 4,454 miliar (sekitar Rp 72,1 triliun), tumbuh 157% yoy
5. Filipina – US$ 3,12 miliar (sekitar Rp 50,5 triliun), tumbuh 116% yoy
6. Malaysia – US$ 2,724 miliar (sekitar Rp 44,1 triliun), tumbuh 104% yoy
7. Inggris – US$ 1,548 miliar (sekitar Rp 25 triliun), tumbuh 136% yoy
8. Singapura – US$ 391 juta (sekitar Rp 6,3 triliun), tumbuh 403% yoy

 

 

STEVY WIDIA

Tags: Gross Merchandise ValueShop|TokopediaTiktok Shop
Previous Post

800 Calon Pengembang Game di Indonesia Ikut Global Game Jam 2025

Next Post

Tumbuh Pesat di 2024, Tahun Ini Bank Digital Dituntut Lebih Adaptif

Related Posts

Tokopedia & TikTok Shop Seller Center, Integrasikan Pengelolaan Penjual dari Dua Platform
Headline

Tokopedia & TikTok Shop Seller Center, Integrasikan Pengelolaan Penjual dari Dua Platform

12 Juni 2025
0
Creators Lab, Edukasi UMKM Manfaatkan Konten Video Pendek Untuk Tingkatkan Penjualan
News

Creators Lab, Edukasi UMKM Manfaatkan Konten Video Pendek Untuk Tingkatkan Penjualan

29 April 2025
0
TikTok Shop
Headline

Nilai Transaksi Tokopedia dan TikTok Shop Naik 24 Kali di Kuartal I 2025

25 April 2025
0
Load More
Next Post
Bank Digital

Tumbuh Pesat di 2024, Tahun Ini Bank Digital Dituntut Lebih Adaptif

kewirausahaan sosial

Kewirausahaan Sosial Menjawab Tantangan dan Skema Bisnis Berkelanjutan

Ryan Gondokusumo

Bisnis Sribu Tumbuh Sebesar 67% di Tahun 2024

Discussion about this post

Recent Updates

Wondrful Gathering Mojokerto

Dorong UMKM Tembus Pasar Ekspor, BNI dan Bea Cukai Gelar wondrful Gathering

14 Juli 2025
Kagendra

Menang Dramatis, Kagendra Juara Baru FFNS 2025 Fall

14 Juli 2025
Fintech Lending Days 2025

Tingkatkan Literasi Keuangan di Timur Indonesia, AdaKami Dukung Gelaran Fintech Lending Days 2025

14 Juli 2025
AION UT, Mobil Listrik Berbasis AI Untuk Urban Trendsetter Yang Peduli Keberlanjutan

AION UT, Mobil Listrik Berbasis AI Untuk Urban Trendsetter Yang Peduli Keberlanjutan

14 Juli 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

21 Maret 2019
MilikiRumah

Proptech MilikiRumah Galang Pendanaan Private Equity Senilai US$50 Juta

20 Mei 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Wondrful Gathering Mojokerto

Dorong UMKM Tembus Pasar Ekspor, BNI dan Bea Cukai Gelar wondrful Gathering

14 Juli 2025
Kagendra

Menang Dramatis, Kagendra Juara Baru FFNS 2025 Fall

14 Juli 2025
Fintech Lending Days 2025

Tingkatkan Literasi Keuangan di Timur Indonesia, AdaKami Dukung Gelaran Fintech Lending Days 2025

14 Juli 2025
AION UT, Mobil Listrik Berbasis AI Untuk Urban Trendsetter Yang Peduli Keberlanjutan

AION UT, Mobil Listrik Berbasis AI Untuk Urban Trendsetter Yang Peduli Keberlanjutan

14 Juli 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version