Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Indonesia Tertinggi Tingkat Pertumbuhan Instalasi Aplikasi di Asia Tenggara

7 April 2019
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
aplikasi e-commerce

(Foto : Ilustrasi/Youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Sebagai mobile attribution and marketing analytics, AppsFlyer menganalisis kebiasaan konsumen di Indonesia, Malaysia dan SIngapura dalam menggunakan aplikasi mobile di bulan Ramadan dari tahun 2016 hingga 2018.

Laporan AppsFlyer pertama mengenai Ramadan di Asia Tenggara menganalisis 220 juta pemasangan aplikasi dan 100 juta transaksi melalui aplikasi di Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Laporan ini menganalisis aplikasi mobile di kategori e-commerce, Travel, Keuangan, Media Sosial, dan Gaming.

Laporan ini meneliti 220 juta instalasi dan 100 juta transaksi melalui aplikasi di segmen Hiburan, Keuangan, Gaming, Peta & Navigasi, E-commerce, Media Sosial, dan Travel. Appsflyer meneliti  tren dan kebiasaan pengguna yang dapat mempengaruhi strategi mobile marketers dari sebelum bulan Ramadan hingga dua minggu sesudahnya.   

Baca juga :   MatahariMall.com Raih Investasi US$ 100 Juta

Beberapa poin penting  dari laporan tersebut adalah:

1.     Indonesia masih memimpin tingkat pertumbuhan instalasi aplikasi  di berbagai kategori. Di tahun 2017 dan 2018, ketiga negara yang disurvei secara rata mencatatkan pertumbuhan dalam instalasi aplikasi. Namun,  Indonesia memimpin pertumbuhan pemasangan aplikasi dengan tumbuh hampir 20% dari tahun ke tahun. Selain pertumbuhan ekonominya yang kuat di tahun 2018, penetrasi smartphone di Indonesia juga meningkat ke angka 26% dari sebelumnya 24% di 2017.

2.     Pertumbuhan pendapatan aplikasi e-commerce mengalami fluktuasi sebelum, sepanjang, dan setelah bulan Ramadan. Pendapatan aplikasi e-commerce meningkat menjelang bulan Ramadan dengan tingkat pertumbuhan sebesar 75% di tahun 2017 dan 55% di tahun 2018. Kami juga melihat angka ini menurun tajam sepekan setelah Ramadan, menunjukkan fluktuasi dari awal hingga akhir bulan Ramadan.

Baca juga :   Warkop DKI Reborn 2, Film Pertama Gunakan Aplikasi AR

3.     Aplikasi Travel memimpin tren pertumbuhan pendapatan. Dari berbagai kategori aplikasi, aplikasi Travel menunjukkan pertumbuhan yang paling konsisten di bulan Ramadan sepanjang kurun waktu penelitian. Aplikasi jenis ini, bersama dengan aplikasi-aplikasi media sosial dan messaging, memiliki tingkat pertumbuhan pendapatan yang tinggi.

4.     Aplikasi e-commerce dan Casual Gaming memiliki tingkat retensi terbaik. Pengiklan di aplikasi Casual Gaming dan e-commerce memimpin tingkat retensi pengguna non-organik selama bulan Ramadan, masing-masing sebesar 3,6% dan 3,8%. Aplikasi Belanja juga menunjukkan tingkat retensi pengguna organik yang tinggi (4,1%) di hari ke-30 bulan Ramadan.

5.     Pembelian melalui aplikasi memuncak pada dini hari dan tengah hari. Pembelian melalui aplikasi e-commerce meroket naik sepanjang bulan Ramadan di Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Lonjakan ini tampak jelas mulai dari tengah malam, setelah waktu Isya, hingga pukul 5-6 pagi. Di Indonesia, tingkat belanja melalui aplikasi meningkat hingga 526% pada dini hari sebelum waktu Subuh. Selain itu, pembelian pada waktu tersebut lebih tinggi 45% dibandingkan saat antara pukul 11 pagi hingga 2 siang sebelum bulan Ramadan.

Baca juga :   Tim Esport Wanita Indonesia Vitality Juarai MWI Mobile Legends EWC 2025

STEVY WIDIA

Tags: AppsFlyere-commercegamingkeuanganmedia sosialtravel
Previous Post

Tips Podcast, Pastikan Kualitas Konten di Tahap Pre-Production

Next Post

Kenali Fase dan Tipe Pendanaan Startup !

Related Posts

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline
News

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

29 September 2025
0
Lazada Hadirkan Beragam Fitur Berbasis AI dan Panduan untuk Bantu Penjual Maksimalkan Bisnis
Headline

Penjualan Lazada 9.9 Mega Brands Sale 2025 Meningkat, AI Jadi Pendorong Performa

20 September 2025
0
e-commerce
Headline

Pasar e-Commerce Indonesia Peringkat 2 Terdinamis di Dunia

17 September 2025
0
Load More
Next Post
pemimpin masa depan

Kenali Fase dan Tipe Pendanaan Startup !

Kaesang, Buka Kedai Kopi dan Ciptakan Lapangan Kerja

Kaesang, Buka Kedai Kopi dan Ciptakan Lapangan Kerja

Signify Distribusikan Philips Hue Di Erajaya

Signify Distribusikan Philips Hue Di Erajaya

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version