Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Industri e-Commerce Indonesia Terus Tumbuh Positif, Pelaku Bisnis Harus Berkolaborasi

20 Februari 2024
in Headline
Reading Time: 2 mins read
e-commerce

Momentum Works: Nilai GMV e-Commerce Asia Tenggara Capai US$145,2 Miliar pada 2024 (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Bisnis e-commerce di Indonesia terus bertumbuh dan meningkat dari tahun ke tahun. Riset SEA e-Conomy 2023 dari Google, Temasek, dan Bain & Company menyebut gross merchandise value (GMV) e-commerce Indonesia di tahun 2023 menyentuh US$62 miliar (Rp975,3 triliun) dan berpotensi menyentuh US$160 miliar (Rp2,51 kuadriliun) pada 2030 mendatang.

Menurut Momentum Works, pada 2023 Indonesia termasuk negara dengan transaksi e-commerce tertinggi di kawasan Asia Tenggara menyumbang 52% total GMV di kawasan ini. Akan tetapi nilai transaksi e-commerce masih terbilang kecil dibanding ritel offline. Oosga menyebut di tahun 2022 transaksi e-commerce Indonesia hanya 3,42% dari transaksi ritel offline. Hal ini masih cukup jauh perbedaannya jika dibandingkan dengan Amerika Serikat yang sudah berada di angka 16,75%.

Naoto Osada, Chief Executive Officer Transcosmos Commerce mengatakan, potensi pasar e-commerce Indonesia masih terbuka luas dan masih bisa dimaksimalkan lebih tinggi lagi. Untuk itu pihaknya hadir untuk membantu brand memaksimalkan penjualan secara online dengan berfokus pada layanan holistik meliputi strategi penjualan hingga fulfilment.

“Tren industri e-commerce Indonesia akan terus positif hingga beberapa tahun ke depan. Kami melihat masih banyak ruang bagi industri e-commerce Indonesia untuk bertumbuh dan hal menjadi peluang bagi brand global yang ingin meningkatkan ceruk pasar mereka dengan penetrasi di online. Kami berkomitmen untuk memberikan kualitas dan hasil terbaik demi bisa bertumbuh bersama para klien,” kata Osada, Selasa (20/2/2024).

Baca juga :   Bank Mandiri Gelar Kompetisi Startup Skala Nasional

Osada menyebut ada beberapa manfaat yang diperoleh pelaku e-commerce melalui kerja sama dengan e-commerce enabler untuk meningkatkan penjualan secara online. Pertama, meningkatkan penjualan hingga 2 kali lipat. Objektif utama dari e-commerce enabler adalah membantu klien untuk meningkatkan penjualan secara online. Hal ini karena e-commerce enabler memiliki sumber daya yang profesional serta pengalaman yang sudah teruji di bidang ini.

“Dengan sumber daya yang kompeten serta teknologi terdepan dalam meningkatkan penjualan, secara umum, rata-rata penjualan klien Transcosmos Commerce telah meningkat 2 kali lipat dalam 3 bulan. Penjualan yang meningkat tersebut tidak lepas dari strategi dan eksekusi iklan pada marketplace di mana secara rata-rata Return on ad spend (ROAS) di angka 21x,” klaim Osada.

Baca juga :   Pencari Kerja di Indonesia Merasa Penting untuk Mengetahui Gaji SebelumMereka Melamar

Kedua, meningkatkan efisiensi proses logistic. Salah satu faktor yang membuat pelanggan loyal adalah pengalaman belanja yang berjalan dengan lancar dan cepat. Faktor ini sangat dipengaruhi oleh faktor logistik yang lancar. Menurut studi Voxware, sebanyak 69% konsumen tidak ingin belanja kembali jika barang yang dibeli tidak sampai dalam dua hari dari tanggal yang dijanjikan.

“Dengan berpartner bersama e-commerce enabler terpercaya, Anda dapat meningkatkan efisiensi proses logistik ini. Transcosmos Commerce memiliki fulfillment store di area Jabodetabek dan telah berpartner dengan mitra logistik terpercaya sehingga Anda dapat meningkatkan efisiensi dari sisi logistik agar produk Anda dapat sampai ke tangan konsumen tepat waktu,” tambahnya.

Ketiga, lokalisasi konten. Untuk brand internasional, salah satu tantangan ketika masuk ke pasar Indonesia adalah bagaimana konten dari materi pemasaran mereka dapat dilokalisasi dengan preferensi konsumen. Pelokalan konten tidak hanya soal bahasa, tetapi juga format dan desain, serta kepekaan budaya. Maka dari itu menjadi penting untuk dapat relevan dengan strategi lokalisasi konten.

Baca juga :   Pandemi Covid-19 Ubah Pola Belanja Konsumen di E-Commerce

Sebagian besar klien dari Transcosmos Commerce adalah brand internasional dengan reputasi dan kualitas terbaik di kelasnya. Seluruh konten serta strategi penjualan dapat dilokalisasi dengan baik sehingga cocok untuk pasar Indonesia.

“Sejak Transcosmos Commerce mulai menjadi partner kami, dalam 3 bulan sudah membuktikan kemampuannya dengan meningkatkan penjualan jauh lebih tinggi dari partner lain. Tidak hanya meningkatkan penjualan, tetapi Transcosmos Commerce juga berkontribusi dalam menjaga citra merek kami sesuai dengan yang kami inginkan dengan profesionalitas yang tinggi dan layanan yang menyeluruh dari hulu hingga hilir kepada pengguna dan mitra kami,” ungkap Katsuo Kimoto, Chief Representative Roland Indonesia.

 

STEVY WIDIA

Tags: e-commerce enablerindustri e-commerceTranscosmos Commerce
Previous Post

Penjualan Tertinggi Honda di Januari 2024 Disumbang dari Brio dan HR-V

Next Post

Optimalisasi Operasional Bisnis, Arya Nobel Lakukan Transformasi Digital

Related Posts

Aloshop
Headline

Transaksi e-Commerce Indonesia 2024 Diprediksi Makin Moncer

24 Juli 2024
0
DDI
News

Optimalkan Operasional di e-Commerce, Bintang Toedjoe Gandeng DDI

13 Juni 2024
0
e-commerce enabler
News

Reckitt Benckiser Tunjuk DDI untuk Mengelola Produknya di e-Commerce

30 April 2024
0
Load More
Next Post
transformasi digital

Optimalisasi Operasional Bisnis, Arya Nobel Lakukan Transformasi Digital

SIRCLO - Bisnis Online

Jelang Ramadan 2024, Pahami Pola Belanja Konsumen dan Optimalkan Bisnis Online

Bursa Kripto Indonesia

Kripto Jadi Pilihan Investasi Jangka Panjang

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version