Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Ini Beda Perilaku Konsumen Online Indonesia vs Malaysia Selama Ramadan 2018

21 Juni 2018
in Headline, News
Reading Time: 3 mins read
Dhompet Duafa Gelar Ramadan Festive 2018

Ramadan Festive 2018 di Central Park, Jakarta. (Foto: dok.youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Bulan Ramadan merupakan bulan yang suci dan penuh keberkahan bagi jutaan umat muslim di seluruh dunia. Di bulan ini pula, terdapat banyak perubahan aktivitas sehari-hari yang menyesuaikan dengan jadwal kegiatan berpuasa. iPrice melakukan riset untuk melihat tren perilaku konsumen di dua Negara dengan penduduk muslim terbesar yakni Indonesia dan Malaysia.

Indah Mustikasari |Content Marketing Executive dalam keterangannya menyamapkan, tren ini diperoleh iPrice dengan membandingkan lebih dari 2 juta pengguna iPrice Indonesia dan iPrice Malaysia pada 3 minggu sebelum Ramadan (17 April – 14 Mei) dan 3 minggu saat bulan Ramadan (15 Mei – 11 Juni).

Dari hasil analisa perbandingan ini, kami mendapatkan tiga temuan menarik mengenai konsumen daring Indonesia dan Malaysia.

Perbandingan Lonjakan Konsumen Indonesia dan Malaysia di Waktu Sahur

Selama bulan Ramadan, kegiatan khas yang dilakukan masyarakat Indonesia dan Malaysia adalah bangun pada dini hari untuk sahur. Meski begitu, kegiatan sahur ini juga dimanfaatkan bagi mereka untuk berbelanja daring.

“Kami menemukan terdapat lonjakan trafik dari pengguna di kedua negara pada pukul 5 pagi, yakni sebesar +350% di Indonesia dan +105% di Malaysia dibanding dengan periode 3 minggu sebelum Ramadan. Trafik pengunjung Indonesia mengalami lonjakan yang cukup dramatis dibanding Malaysia mengingat negara ini memiliki populasi Muslim terbesar di dunia. Tren ini memiliki persamaan dengan studi yang dilakukan iPrice tahun lalu di Indonesia dan Malaysia,” paparnya.

Baca juga :   Sambut Ramadan, Gojek-Tokopedia Gelar Program Kolaborasi Kampanye

Menurut Indah, di Indonesia, lonjakan trafik ini sedikit lebih rendah dibanding riset tahun lalu, yakni lonjakan drastis sebesar +400% di jam yang sama. Namun dengan data sebesar 2 juta pengunjung yang kami analisa di periode ini menunjukkan ada peningkatan ketertarikan konsumen terhadap transaksi daring dibanding tahun 2017 lalu yang menggunakan data sebesar 400.000 pengunjung.

Pola konsumen lainnya juga dapat dilihat terdapat penurunan trafik pengunjung sebesar -4% pada pukul 18.00 di Indonesia dan -9% pada pukul 19.00 di Malaysia mengingat masyarakat melakukan kegiatan berbuka puasa. Setelah ibadah solat Tarawih, trafik pengunjung kembali naik dengan puncak tertinggi pada pukul 22.00.


Konsumen Daring Malaysia Paling Banyak Mencari Promo Tiket Mudik

Berbeda dengan masyarakat Indonesia yang sudah jauh-jauh hari berburu tiket mudik, masyarakat Malaysia baru memiliki minat tinggi pada promo tiket pesawat di saat bulan Ramadan berlangsung.

Baca juga :   Partisipasi Perempuan dalam Bisnis e-Commerce di Indonesia Masih Rendah

Data Google Trends di periode yang sama menunjukkan sebesar 59% kata kunci pencarian “promotion” paling populer selama Ramadan merujuk pada promo tiket pesawat Air Asia, Malindo Air, dan Malaysia Airlines.

Selain tiket pesawat, kata kunci pencarian paling populer lainnya sebesar 35% merujuk pada promosi supermarket seperti Aeon, Giant, dan Tesco. Sama seperti Indonesia, konsumen Malaysia juga senang membeli produk bahan makanan untuk menyambut hari Raya Idul Fitri.

Promosi yang Paling Dicari Konsumen Indonesia dan Malaysia Selama Ramadan

Kami juga menganalisa promosi apa saja yang paling dicari konsumen Indonesia dan Malaysia menggunakan data search interest Google Trends selama periode 16 Mei – 12 Juni 2018.

Promosi Supermarket Paling Diminati Konsumen Indonesia

Menggunakan data Google Trends, kami mengetahui minat konsumen melalui kata kunci yang diasosiasikan dengan kata “promo”, “diskon”, dan “voucher”.

Hasil data menunjukkan sebesar 39% kata kunci pencarian Google yang paling popular selama Ramadan adalah promo supermarket dan minimarket seperti “promo Giant”, “promo Alfamart”, dan “diskon Superindo”.

Baca juga :   Pelembab Halal Ini Dari Kulit Ceker Ayam

Besarnya minat promo di toko untuk membeli bahan makanan ini merefleksikan tradisi masyarakat Indonesia menjelang hari Raya Idul Fitri, seperti kegiatan amal berbagi sembako, zakat fitrah, hingga menyiapkan kue-kue untuk lebaran.

Selain itu, sebesar 24% kata kunci popular merujuk pada promo-promo online marketplace seperti “Lazada promo”, “kode voucher Shopee”, “diskon Tokopedia”, dan “voucher Bukalapak”. Pencarian promo toko daring ini menunjukkan minat konsumen yang cukup tinggi untuk berbelanja di marketplace selama Ramadan.

Konsumen Indonesia juga memiliki minat yang tinggi dalam pencarian promo baju lebaran. Terhitung sebanyak 19% kata kunci mengasosiasikan dengan promo toko daring yang khusus menjual produk fashion, seperti “diskon Mataharimall” dan “voucher Zalora”.

Sisanya, konsumen Indonesia juga berminat para promo-promo ojek online dan promo tiket transportasi. Sebanyak 12% kata kunci merujuk pada “promo Grab”, “voucher Gojek”, “tiket promo” dan “diskon tiket pesawat”. Rendahnya kata kunci promo tiket ini dapat dimaklumi mengingat orang Indonesia sudah jauh-jauh hari membeli tiket mudik Lebaran sebelum bulan Ramadan untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

 

STEVY WIDIA

Tags: Indonesia vs MalaysiaiPriceramadan
Previous Post

Kebocoran Data Di Cloud Halangi Laju Transformasi Digital

Next Post

Shopee Sedia Pulsa dan Paket Data

Related Posts

Libur Lebaran 2025, Trafik Data XL Alami Lonjakan Didominasi Streaming Video
News

Libur Lebaran 2025, Trafik Data XL Alami Lonjakan Didominasi Streaming Video

9 April 2025
0
Indosat Perkuat Konektivitas Sepanjang Jalur Mudik
News

Indosat Perkuat Konektivitas Sepanjang Jalur Mudik

12 Maret 2025
0
transaksi Lazada
News

Belanja Rata Rata Orang Indonesia Lebih Tinggi Selama Ramadan

5 Maret 2025
0
Load More
Next Post
Strategi Shopee Untuk Perluas Pasar e-Commerce di Indonesia

Shopee Sedia Pulsa dan Paket Data

Pelanggan MNC Vision Berkesempatan Nonton Langsung English Premier League

Pelanggan MNC Vision Berkesempatan Nonton Langsung English Premier League

Tech In Asia Jakarta 2017 Hubungkan Investor dengan Talenta

Konferensi Tech In Asia Indonesia 2018 Kedepankan Produk Berkelanjutan

Discussion about this post

Recent Updates

Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version