Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Inilah Tiga Tantangan Utama dalam Transaksi Keuangan Digital di Indonesia

13 Juni 2023
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Pendanaan Fintech

Tracxn: Pendanaan Fintech Asia Tenggara Turun 22% Pada Semester Pertama 2025 (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Setidaknya, ada tiga tantangan utama yang dihadapi dalam transaksi keuangan digital di tengah upaya dalam mendorong inklusi keuangan di Indonesia, yaitu keamanan data dan privasi, rendahnya literasi keuangan digital, dan masalah perlindungan konsumen.

Ketiga tantangan dalam transaksi keuangan digital itu dikemukan Friderica Widyasari Dewi Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam Webinar ISEI bertajuk Perlindungan Konsumen Terhadap Kejahatan Keuangan Digital, Senin 12 Juni 2023.

Menurut Friderica, tantangan pertama yakni soal keamanan dan privasi data pengguna layanan keuangan digital. Pasalnya, belakangan ini ancaman serangan siber seperti peretasan, pencurian identitas, atau penipuan online memang semakin banyak bermunculan.

“Terkait keamanan dan privasi data kalau kami di OJK Kami punya portal untuk menerima aduan dari masyarakat, ini banyak sekali, kemudian aduan terkait keamanan data dan privasi data dari konsumen yang disalahgunakan,” ujar Friderica.

Baca juga :   Tim UNS dan ITS Wakili Indonesia di Ajang Shell Eco Marathon Drivers’ World Championship 2017

Tantangan kedua adalah terkait rendahnya tingkat literasi keuangan dan literasi digital di masyarakat. Berdasarkan survei literasi dan inklusi keuangan OJK tahun 2022, tingkat literasi keuangan masyarakat hanya sebesar 49,68%, lebih rendah dibandingkan dengan tingkat inklusi keuangan yang mencapai 85%. Selain itu, tingkat literasi digital juga baru mencapai 41,48%.

“Irisan antara literasi keuangan dan literasi digital menjadi isu penting, karena banyak masyarakat yang sudah terbiasa menggunakan teknologi digital namun kurang paham mengenai aspek keuangan,” ungkapnya.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, lanjut Friderica, OJK bersama dengan pemangku kepentingan merancang beberapa program. Antara lain, OJK menggunakan teknologi informasi dalam mengakselerasi edukasi keuangan yang dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga :   Sambut Lebaran, Klook Hadirkan Libur Impian

Selain itu, OJK juga telah memiliki Learning Management System (LMS) yang komprehensif, mencakup edukasi keuangan dari tingkat dasar hingga tingkat menengah, termasuk perbankan, pasar modal, dan instrumen keuangan non-bank.

Dan, tantangan ketiga adalah penerapan prinsip perlindungan konsumen. OJK menjadikan perlindungan konsumen sebagai pondasi dasar untuk menjaga kepercayaan masyarakat.

Komitmen OJK pada perlindungan konsumen pun ditebalkan dan diatur secara khusus dalam undang-undang baru, yaitu undang-undang Perlindungan dan Pengawasan Sistem Keuangan (P2SK).

“Kita juga kedepankan dalam hal perlindungan masyarakat dalam hal pengaturan pengawasan perilaku pelaku usaha jasa keuangan atau market conduct dan ini juga ditebalkan atau disampaikan secara khusus di undang-undang P2SK yang baru,” tutp Friderica.

Baca juga :   Tix.ID Investasi Ke Startup Singapura

Saat ini, OJK memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk melaporkan keluhan melalui layanan Kontak 157, yang dapat diakses melalui Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen (APPK) atau melalui telepon, WhatsApp, dan email.

 

STEVY WIDIA

Tags: keamanan dataliterasi keuangan digitaltantangan Transaksi Keuangan Digital
Previous Post

Peran Penting PR dalam Menopang Pertumbuhan Startup

Next Post

Menggali Penetrasi Budaya Ilmiah Pada Generasi Milenial dan Gen Z

Related Posts

Easycash
News

Hadapi Maraknya Pinjol Ilegal, Easycash dan AFTECH Adakan Literasi Keuangan Digital

13 November 2024
0
Marak Pencurian Data, IMSecure Perkuat Keamanan Bagi Data Pribadi Pelanggan
Headline

Marak Pencurian Data, IMSecure Perkuat Keamanan Bagi Data Pribadi Pelanggan

21 Agustus 2024
0
tren industri keamanan
Analyze

Bagi Pengguna Fintech, Ini Tips Menjaga Keamanan Data

17 Februari 2023
0
Load More
Next Post
mahasiswa Indonesia

Menggali Penetrasi Budaya Ilmiah Pada Generasi Milenial dan Gen Z

tSurvey.id Hadirkan Layanan untuk Segmen UMKM

tSurvey.id Hadirkan Layanan untuk Segmen UMKM

Live Shopping

Live Shopping, Cara Baru Berbelanja Online

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version