youngster.id - Tiket.com dan Kemenparekraf RI menggelar program pembinaan dan kompetisi bertajuk Jagoan Pariwisata 2023. Program ini dikemas dalam bentuk lokakarya edukatif yang ditujukan bagi para pelaku desa wisata yang berada di bawah naungan Jejaring Desa Wisata (JADESTA).
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, pihaknya akan terus berinovasi untuk menciptakan gagasan-gagasan baru. Tiket.com sebagai sebuah platform OTA juga telah menjadi jawaban bagi perilaku gaya hidup digital para konsumen yang meningkat lebih pesat pasca pandemi.
“Program Jagoan Pariwisata merupakan program yang sangat dekat, kolaboratif dan inspiratif untuk mendorong pertumbuhan Indonesia. Jagoan Pariwisata juga merupakan salah satu kolaborasi yang kami apresiasi dengan baik karena dapat menciptakan dan mengembangkan UMKM yang siap digital atau Go Digital. Semoga penghargaan ini dapat memberi inspirasi dan motivasi untuk mengembangkan beragam inovasi untuk pariwisata Indonesia,” kata Sandiaga dalam keterangan pers, Rabu (15/11/2023).
Melalui program Jagoan Pariwisata, diharapkan pariwisata Indonesia dapat bangkit kembali serta keberlangsungan sektor ekonomi kreatif dan para UMKM agar dapat tetap terjaga.
Mengangkat tema “Empowering Local Champion for Sustainable Growth”, tiket.com mengajak pelaku usaha desa wisata untuk meningkatkan kapabilitas usahanya agar dapat menerapkan prinsip berkelanjutan (sustainable).
Kegiatan ini berhasil melibatkan 46 unit bisnis dari pelaku desa wisata termasuk Desa Wisata Undisan di Bangli (Bali), Desa Wisata Sudaji di Buleleng (Bali), Desa Wisata Semen di Blitar (Jawa Timur), Desa Wisata Selasari di Kabupaten Pangandaran (Jawa Barat), dan Desa Wisata Dieng Kulon di Kabupaten Banjarnegara (Jawa Tengah).
Selain mendapatkan sesi mentoring, para peserta juga menjalani serangkaian tahapan yang sudah disusun oleh tiket.com, termasuk business pitch competition, penjurian, dan final consideration. Rangkaian kegiatan Jagoan Pariwisata 2023 ini pun akhirnya menghasilkan empat pemenang dari berbagai kategori.
Pada kategori Best Homestay dimenangkan oleh Mandhasativa, yang berlokasi di Desa Sudaji, Buleleng, Bali. Kategori Best Digital Creative disabet oleh Keripik Kentang Lara di Desa Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. Sementara itu, Kategori Best Tourist Attraction diraih oleh Kampung Semai yang terletak di Desa Semen, Blitar, Jawa Timur. Terakhir, Kategori Best BeTiDeWi berhasil diperoleh TPST Saling Peduli yang berada di Desa Selasari, Pangandaran, Jawa Barat.
Kami membuat program ini dengan tujuan untuk mengembangkan kapabilitas dan potensi dari teman-teman yang ada di lokasi area Desa Wisata terutama para peserta ADWI dan Program Sadar Wisata. Area-area di desa wisata bisa terus kita kembangkan, hal tersebut juga menjadi fokus area yang akan dikembangkan oleh tiket.com. Kami yakin kesuksesan ini bisa menjadi inspirasi dan dapat membuka pintu bagi pelaku usaha desa wisata lainnya,” tutup Gaery Undarsa Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com.
STEVY WIDIA
Discussion about this post