youngster.id - Industri pemasaran kreatif makin berkembang pesat dan dibutuhkan talenta pemasaran kreatif yang mumpuni. Menurut Occupational Outlook Handbook yang dirilis Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat, pertumbuhan karir di bidang pemasaran secara global akan tumbuh 10% sejak 2020 hingga 2030.
Hal ini mendorong REDComm Indonesia menggelar Jawara Muda. Ini adalah ajang kompetisi kreatif untuk mahasiswa yang mencari talenta pemasaran dan komunikasi digital baru dari universitas-universitas terkemuka di Indonesia.
“Semua pelaku industri kreatif khususnya periklanan pasti setuju bahwa salah satu tantangan terbesar industri kita adalah talenta yang mumpuni. Jadi, kami ingin menjadi bagian dari solusinya. Dengan Jawara Muda, tidak hanya mahasiswa yang mendapatkan langsung pengalaman terlibat dalam projek yang nyata dengan parapraktisi senior, industri pun akan mulai mendapatkan talenta baru dan segar, serta secara menyeluruh meningkatkan gairah industri periklanan ke generasi berikutnya,” kata Damon Hakim, Managing Partner Red Asia Inc dalam keterangan pers, Jumat (14/7/2023).
Kompetisi ini terdiri dari dua kategori, yaitu Creative Brand Campaign dan Graphic & Motion Design. Lebih dari 200 mahasiswa berbagai perguruan tinggi ikut serta untuk menampilkan ide-ide besar mereka di depan para praktisi berpengalaman di bidang pemasaran dan industri kreatif.
Pemenang kompetisi Jawara Muda adalah Grace dan Patrick dari Universitas Indonesia untuk kategori Creative Brand Campaign. Kemudian Anindita dan Zhaffira dari Universitas Sebelas Maret untuk kategori Graphic & Motion Design. Para pemenang mendapatkan hadiah dengan total puluhan juta rupiah, serta kesempatan untuk magang dan pekerjaan tetap.
Kompetisi ini berkolaborasi dengan platform e-commerce Sociolla, Asprodi DKV, Aspikom, Kompas, dan Medio.
“Kami senang dapat mendukung kompetisi Jawara Muda untuk mengembangkan para talenta muda kreatif Indonesia.Melalui ajang ini, kami berharap dapat semakin memacu kreativitas serta semangat lebih banyak lagi anak muda guna menciptakan berbagai inovasi lainnya untuk memajukan Indonesia,” kata Chrisanti Indiana, CMO dan Co-Founder Sociolla.
Kompetisi ini juga sebagai platform untuk berjejaring dan menghubungkan individu-individu dalam pemasaran dan industri kreatif. Bahkan, para finalis juga berkesempatan untuk mempresentasikan ide mereka kepada khalayak yang lebih luas, termasuk profesional industri, calon pemberi kerja, dan sesama mahasiswa.
“Program ini membantu mahasiswa untuk merasakan projek pada dunia kerja sesungguhnya, sehingga mereka bisa mulai terlatih sebelum menyelesaikan kuliahnya. Ditambah dengan supervisi dan panduan dari mentor yang sangat ahli di bidangnya, akan memperkaya pengalaman dan memperdalam cara pikir mereka secara tajam dan sesuai kebutuhan di dunia kerja nyata,” ungkap Yuwi Anjaya, Managing Director Scarlet Red, Salmon Red, REDComm Indonesia.
STEVY WIDIA