youngster.id - Memasuki Ramadan, kebiasaan belanja masyarakat tidak hanya meningkat pada toko-toko fisik/offline tetapi juga dialami di jaringan belanja online.
E-commerce Elevenia mencatat bahwa peningkatan transaksi mencapai dua kali lipat ketika memasuki bulan puasa. Angka ini terus meningkat hingga dua minggu sebelum hari lebaran. Kemudian di minggu lebaran, transaksi cenderung menurun hingga 50% dan kembali meningkat hampir tiga kali lipat setelah minggu lebaran berlalu.
“Secara konsisten kami mendapati bahwa perilaku konsumen di Ramadan, transaksi belanja akan menurun pada minggu lebaran karena masyarakat sudah sibuk mempersiapkan acara lebaran itu sendiri, seperti bepergian ke kampung halaman maupun silaturahmi mengunjungi sanak saudara,” ungkap Bayu Tjahjono, GM Strategy & Communication Elevenia dalam siaran pers, Jumat (26/5/2017).
Bukan hanya itu, di bulan suci tersebut elevenia juga mendapati bahwa waktu ngabuburit pukul
14.00 – 17.00 merupakan waktu favorit para buyer untuk berbelanja. Tercatat di antara waktu
tersebut transaksi meningkat sangat signifikan. Sedangkan di luar jam tersebut, grafik transaksi
belanja cenderung menurun.
e-Commerce ini juga meneliti perilaku belanja konsumen pada Ramadan dan mendapati bahwa produk fashion menjadi produk yang secara konsisten setiap ramadan mengalami kenaikan hingga seperempat
dari seluruh transaksi. Produk lainnya yang mengalami kenaikan pembelian adalah produk gadget. Namun, berbeda dengan produk fashion, produk gadget justru mengalami kenaikan paling tinggi setelah melewati Lebaran.
“Sesuai dengan pesan ramadan ‘lahir baru’, belanja dan mengenakan baju baru sudah menjadi tradisi menyambut hari raya Idul Fitri. Selain itu, baju juga bisa menjadi alternatif hadiah yang pas untuk kerabat. Peningkatan belanja produk gadget biasanya terjadi di waktu yang berdekatan dengan waktu penerimaan Tunjangan Hari Raya (THR),” ucap Bayu.
Selain produk dari kedua kategori tersebut, menurut dia, produk laris lainnya selama Ramadan adalah e-coupon untuk pulsa handphone. “Tercatat selama ramadan, belanja pulsa handphone adalah sebesar 34% dan mengalami kenaikan paling tinggi di hari Lebaran, yakni mencapai 40%,” pungkasnya.
STEVY WIDIA
Discussion about this post