Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Kampanye Unik Zenius Untuk Tingkatkan Kompetensi Keterampilan Ilmu Dasar

2 Juli 2021
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Zenius

(ki-ka) CEO Zenius Rohan Monga dan Founder Zenius Sabda PS. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2019, Indonesia menempati ranking ke-62 dari 70 negara berkaitan dengan tingkat literasi. Sebanyak 70% dari anak-anak Indonesia pun berada di bawah level kompetensi minimum dalam membaca, 71% dalam matematika, dan 60% dalam sains.

Untuk itu startup education technology (edutech) Zenius menggelar kampanye unik yang mengajak masyarakat untuk meningkatkan ketrampilan-ketrampilan mendasar pada bidang matematika, logika verbal, dan bahasa Inggris.

“Sebagai lembaga edukasi di ranah digital, kami ingin pelajar dan masyarakat Indonesia tidak hanya mengejar prestasi di sekolah,” kata CEO Zenius Rohan Monga dalam pernyataan pers, Jumat (2/7/2021).

Kampanye tidak bisa itu dilakukan dengan melontarkan pertanyaan-pertanyaan di media seperti videotron, papan belakang truk, hingga gelas jus. Pesan utama kampanye #MulaiDariManaAja ini adalah mempelajari keterampilan fundamental dapat dimulai dari mana saja, terlepas dari perbedaan tingkatan pendidikan dan latar belakang tiap-tiap orang.

Baca juga :   Gandeng Telkomsel, Zenius Gelar Program Tes Berhadiah Beasiswa

“Kami percaya ketika seseorang telah memiliki fundamental skills yang baik, mereka akan bisa menangkap informasi dengan lebih cepat dan mampu berpikir secara kritis dan rasional, yang pada akhirnya dapat membantu mereka untuk meningkatkan kualitas hidup mereka,” kata Rohan.

Banyaknya respons dari netizen membuat kampanye #MulaiDariManaAja sempat bertengger di daftar  trending topic Twitter Indonesia. Ketika terungkap bahwa Zenius menjadi sosok di balik kampanye ini, reaksi netizen beragam

Sebagian besar cukup terkejut, ada juga yang mengaku sudah menduga-duga karena kombinasi warna kuning-ungu yang lekat dengan Zenius, dan ada yang meminta lebih banyak pertanyaan untuk dikerjakan karena ketagihan.

Program eksperimen social yang digelar sejak 14 Juni lalu oleh Zenius ini menghasilkan lebih dari 100.000 total vote atau jawaban partisipan yang tersebar mulai dari Sumatera hingga Sulawesi. Dari total jawaban tersebut, ditemukan bahwa sebanyak 73% (73.893) menjawab benar dan 27% (27.817) masih memberikan jawaban yang salah pada puluhan pertanyaan yang bersifat fundamental.

Baca juga :   Perhatikan, 4 Strategi Persiapkan Diri Hadapi ANBK 2022

Menurut Rohan, hal ini menunjukkan learning gap merupakan masalah nyata yang ada di masyarakat, dan hal tersebut harus diperbaiki. Melihat fakta ini, Zenius pun menutup ‘eksperimen sosial” dengan meluncurkan fitur terbaru bernama ZenCore. Fitur ini berisikan dua bagian utama, yakni CorePractice, tempat latihan dengan ratusan ribu pertanyaan dari 3 cabang konsentrasi utama seperti logika verbal, matematika, dan Bahasa Inggris, yang bisa disesuaikan dengan tingkatan pemahaman masing-masing individu.

Satu lagi, CoreInsight, tempat yang menyediakan berbagai pengetahuan yang insightful seperti filsafat, basic sciences, big history yang dapat digunakan untuk mendukung dan memperluas wawasan dan sudut pandang pengguna.

Fitur ZenCore sendiri dibuat dengan konsep gamifikasi yang melibatkan skema peringkat dan penilaian (rank and score). Hal ini dilakukan agar pengguna merasa penasaran untuk terus memacu diri mendapatkan skor terbaik, dan terpacu untuk berkompetisi ala push rank dengan teman-teman ataupun para pengguna lain.

Baca juga :   Logitech Umumkan Solusi Konferensi Video Baru

Tersedia di aplikasi Zenius, fitur ZenCore dapat diakses secara gratis. Terdiri dari 100 level dengan total lebih dari 135.000 pertanyaan yang disajikan dalam format permainan.

 

STEVY WIDIA

Tags: #MulaiDariMajaAjabahasa Inggrislogika verbalmatematikaZenius
Previous Post

Huawei Perkuat Sinergi, Dukungan di Bidang Alih Pengetahuan dan Teknologi di ITB

Next Post

Pengguna Tiktok Bisa Unggah Video Berdurasi Hingga 3 Menit

Related Posts

Samsung Innovation Campus 2025, Dorong Matematika Jadi Solusi Digital Berdampak
News

Samsung Innovation Campus 2025, Dorong Matematika Jadi Solusi Digital Berdampak

9 Juli 2025
0
startup
Headline

Dalam 2 Tahun Terakhir, 11 Startup Indonesia Gulung Tikar

31 Desember 2024
0
UTBK SNBT
Headline

Strategi UTBK 2024: Tips Hadapi 7 Subtes dengan Percaya Diri

4 November 2023
0
Load More
Next Post
TikTok

Pengguna Tiktok Bisa Unggah Video Berdurasi Hingga 3 Menit

implementasi 5G

Akuisisi Volterra, F5 Tawarkan Layanan Simplifikasi Penerapan Jaringan 5G

Kara Nugroho

Kara Nugroho : Kreatif Melihat Tren Untuk Bangun Merek Sepatu Lokal

Discussion about this post

Recent Updates

Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version