Kapal Api Gandeng Bekraf Hunting Sosiopreneur

Peluncuran program sociopreneur "Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu " oleh Kapal Api dan Bekraf. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Brand Kapal Api bekerjasama dengan Badan Ekonomi Republik Indonesia (Bekraf) memperkenalkan program kompetisi dan gerakan wirausaha sosial (sociopreneurship). Melalui kegiatan ini diharapkan akan lahir para pengusaha muda yang membawa dampak baik bagi masyarakat di Indonesia.

Program bertajuk ‘Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu ini diluncurkan pada Senin (14/5/2018) oleh PT Santos Jaya Abadi produsen Kapal Api dan Bekraf. Triawan Munaf Kepala Bekraf mengatakan program sociopruner ini merupakan bagian dari pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia.

“Gelombang kebangkitan sociopreneurship menjadi tanda pertumbuhan ekonomi nasional dan menjadi salah satu solusi bagi persoalan sosial-ekonomi bangsa,” ujar Triawan.

Dia mengungkapkan, banyak sociopreneur muda Indonesia dengan potensi dan pencapaian istimewa namun belum tersorot dan diwadahi secara baik. Padahal inovasi mereka menjanjikan dan bermanfaat bagi kehidupan sosial dan bagi pengembangan profesi di masa kini maupun di masa datang.

“Sebagai agen perubahan, pemuda diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk membantu mengentaskan permasalahan sosial-ekonomi dengan pendekatan kreatif sociopreneur. Hal ini hanya dapat terwujud jika mereka tumbuh dalam ekosisitem yang kondusif dan didukung oleh berbagai pihak secara lintas sektor,” imbuh Triawan.

Hal ini ditanggapi oleh Direktur PT Santos Jaya Abadi, Paulus Immanuel Nugroho dengan mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan sociopreneurship dengan memberdayakan pemuda Indonesia.

“Program ini selaras dengan komitmen yang mendukung pertumbuhan sociopreneurship dengan memberdayakan pemuda Indonesia dalam mewujudkam mimpi sekaligus menciptaoan dampak positif sosial-ekonomi melalui program inspiratif yang aplikatif dan berkelanjutan,” kata Paulus.

Pendaftaran Program akan dimulai pada 1 Juni hingga 30 September 2018 melalui www.secangkirsemangat.id. Peserta boleh perseorangan ataupun tim dengan anggota maksimal tiga orang. Mereka akan dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari Yori Sebastian (Founder & Creative Thinker OMG) dan Helga Angelina (Founder Burgreens).

“Kami akan menilai para peserta dari berbagai unsur, termasuk dampak yang mereka timbulkan dari ide bisnis maupun usaha yang mereka tampilkan,” ujar Yoris. Program ini akan digelar di 6 kota besar yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Yogyakarta dan Semarang. Proses penentuan hasil seleksi akan diumumkan pada Desember 2018. Pemenang utama akan mendapatkan hadiah berupa permodalan dan pendampingan usaha sebesar Rp 250 juta.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version