youngster.id - Telkomsel menggandeng platform komunikasi cloud global Infobip dan Google untuk menghadirkan layanan RCS for Business di Indonesia. Kolaborasi ini menegaskan langkah Telkomsel dalam mengembangkan solusi komunikasi digital yang aman, interaktif, dan terverifikasi bagi pelaku bisnis nasional.
RCS (Rich Communication Services) merupakan evolusi lanjutan dari SMS yang menghadirkan fitur pesan layaknya aplikasi chat, seperti berbagi media, tanda pesan dibaca, indikator mengetik, serta tombol call-to-action. Layanan ini berjalan melalui aplikasi pesan default di perangkat seluler dengan koneksi data atau Wi-Fi, serta didukung verifikasi pengirim oleh operator untuk meningkatkan keamanan dan kepercayaan pengguna.
Dalam ekosistem RCS for Business, Google menyediakan infrastruktur teknologi global, Telkomsel menjadi operator jaringan seluler pertama yang mengadopsi RCS di pasar Indonesia, sementara Infobip sebagai penyedia Communications Platform as a Service (CPaaS) menghadirkan akses dan keahlian teknis agar perusahaan dapat mengaktifkan RCS dalam skala besar.
VP of Digital Advertising, Wholesale, and Interconnect Telkomsel Arief Pradetya menyatakan, pengembangan RCS for Business merupakan bagian dari komitmen Telkomsel untuk menjadi mitra pilihan pelaku bisnis di Indonesia.
Menurutnya, RCS membuka peluang bagi brand untuk membangun komunikasi yang lebih aman, personal, dan interaktif di tengah meningkatnya selektivitas pelanggan terhadap pesan yang diterima.
“Melalui kolaborasi dengan Infobip dan Google, kami berharap dapat membantu lebih banyak bisnis menghadirkan kampanye yang berdampak sekaligus memperkuat kepercayaan pelanggan,” ujar Arief, dikutip Kamis (18/12/2025).
Adopsi RCS for Business di Indonesia dinilai memiliki prospek besar seiring tingginya penetrasi perangkat seluler dan percepatan transformasi digital.
Chief Commercial Telecom Officer Infobip, Matija Ražem, mengatakan potensi RCS for Business di Indonesia terus meningkat seiring tingginya penetrasi ponsel dan percepatan adopsi digital.
“Bersama Telkomsel, kami membantu perusahaan mengadopsi saluran pesan yang aman dan terverifikasi, yang membangun kepercayaan sekaligus menghadirkan pengalaman pelanggan yang lebih mulus,” kata Matija.
Head of Android Google Indonesia, Denny Galant, menambahkan RCS saat ini digunakan oleh lebih dari satu miliar pengguna setiap bulan secara global.
“Dengan fitur keamanan tingkat lanjut dan percakapan interaktif, RCS for Business menjadi elemen penting dalam membangun pengalaman digital yang lebih tepercaya,” ucap Denny.
RCS for Business telah mulai digunakan oleh pelaku industri di Indonesia. Infobip mencatat kolaborasi dengan Blibli menunjukkan pemanfaatan RCS dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan dan konversi. Dalam kampanye Histeria 11.11, Blibli menggunakan RCS for Business untuk menghadirkan pengalaman belanja yang lebih interaktif, dengan kategori groceries dan beauty mencatat tingkat konversi hingga 2,5 kali lipat.
Head of Membership and Loyalty Blibli, Soegi Martanto, mengatakan RCS menjadi saluran strategis dalam kampanye tersebut.
“RCS for Business membantu kami menghadirkan komunikasi yang lebih relevan dan interaktif, sehingga mendorong keterlibatan pelanggan dan pembelian berulang,” ujarnya.
Peluncuran RCS for Business oleh Telkomsel dan Infobip menandai babak baru komunikasi bisnis di Indonesia, dengan menghadirkan pesan yang lebih kaya, interaktif, dan aman bagi brand maupun konsumen.
STEVY WIDIA
















Discussion about this post