Kamis, 18 Desember 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Kembangkan RCS for Business di Indonesia, Telkomsel Gandeng Infobip dan Google

18 Desember 2025
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Infobip - Telkomsel

Kembangkan RCS for Business di Indonesia, Telkomsel Gandeng Infobip dan Google (Foto: ILustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Telkomsel menggandeng platform komunikasi cloud global Infobip dan Google untuk menghadirkan layanan RCS for Business di Indonesia. Kolaborasi ini menegaskan langkah Telkomsel dalam mengembangkan solusi komunikasi digital yang aman, interaktif, dan terverifikasi bagi pelaku bisnis nasional.

RCS (Rich Communication Services) merupakan evolusi lanjutan dari SMS yang menghadirkan fitur pesan layaknya aplikasi chat, seperti berbagi media, tanda pesan dibaca, indikator mengetik, serta tombol call-to-action. Layanan ini berjalan melalui aplikasi pesan default di perangkat seluler dengan koneksi data atau Wi-Fi, serta didukung verifikasi pengirim oleh operator untuk meningkatkan keamanan dan kepercayaan pengguna.

Dalam ekosistem RCS for Business, Google menyediakan infrastruktur teknologi global, Telkomsel menjadi operator jaringan seluler pertama yang mengadopsi RCS di pasar Indonesia, sementara Infobip sebagai penyedia Communications Platform as a Service (CPaaS) menghadirkan akses dan keahlian teknis agar perusahaan dapat mengaktifkan RCS dalam skala besar.

Baca juga :   Halodoc Siap Jaga Kerahasiaan Pasien Kesehatan Mental

VP of Digital Advertising, Wholesale, and Interconnect Telkomsel Arief Pradetya menyatakan, pengembangan RCS for Business merupakan bagian dari komitmen Telkomsel untuk menjadi mitra pilihan pelaku bisnis di Indonesia.

Menurutnya, RCS membuka peluang bagi brand untuk membangun komunikasi yang lebih aman, personal, dan interaktif di tengah meningkatnya selektivitas pelanggan terhadap pesan yang diterima.

“Melalui kolaborasi dengan Infobip dan Google, kami berharap dapat membantu lebih banyak bisnis menghadirkan kampanye yang berdampak sekaligus memperkuat kepercayaan pelanggan,” ujar Arief, dikutip Kamis (18/12/2025).

Adopsi RCS for Business di Indonesia dinilai memiliki prospek besar seiring tingginya penetrasi perangkat seluler dan percepatan transformasi digital.

Chief Commercial Telecom Officer Infobip, Matija Ražem, mengatakan potensi RCS for Business di Indonesia terus meningkat seiring tingginya penetrasi ponsel dan percepatan adopsi digital.

Baca juga :   BukuWarung Mudahkan 6,5 Juta UMKM Dapatkan Komoditas Produk Digital 

“Bersama Telkomsel, kami membantu perusahaan mengadopsi saluran pesan yang aman dan terverifikasi, yang membangun kepercayaan sekaligus menghadirkan pengalaman pelanggan yang lebih mulus,” kata Matija.

Head of Android Google Indonesia, Denny Galant, menambahkan RCS saat ini digunakan oleh lebih dari satu miliar pengguna setiap bulan secara global.

“Dengan fitur keamanan tingkat lanjut dan percakapan interaktif, RCS for Business menjadi elemen penting dalam membangun pengalaman digital yang lebih tepercaya,” ucap Denny.

RCS for Business telah mulai digunakan oleh pelaku industri di Indonesia. Infobip mencatat kolaborasi dengan Blibli menunjukkan pemanfaatan RCS dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan dan konversi. Dalam kampanye Histeria 11.11, Blibli menggunakan RCS for Business untuk menghadirkan pengalaman belanja yang lebih interaktif, dengan kategori groceries dan beauty mencatat tingkat konversi hingga 2,5 kali lipat.

Baca juga :   LinkUp, Speed-Dating Eksklusif Untuk Pertemukan Startup & Investor

Head of Membership and Loyalty Blibli, Soegi Martanto, mengatakan RCS menjadi saluran strategis dalam kampanye tersebut.

“RCS for Business membantu kami menghadirkan komunikasi yang lebih relevan dan interaktif, sehingga mendorong keterlibatan pelanggan dan pembelian berulang,” ujarnya.

Peluncuran RCS for Business oleh Telkomsel dan Infobip menandai babak baru komunikasi bisnis di Indonesia, dengan menghadirkan pesan yang lebih kaya, interaktif, dan aman bagi brand maupun konsumen.

 

STEVY WIDIA

Tags: GoogleInfobipRCS for BusinessTelkomsel
Previous Post

REDMI 15C, Bawa Gebrakan untuk Penuhi Gaya Hidup Anak Muda Indonesia

Next Post

14,66 Juta Pelaku Usaha Mikro Bertransformasi Ke Sektor Formal di Tahun 2025

Related Posts

AI Innovation Hub
Headline

AI Innovation Hub Upaya Dorong Akselerasi Talenta dan Inovasi Ekosistem AI Nasional

18 Desember 2025
0
Program Terampil di Awan 2.0 Kolaborasi Telkomsel dan AWS, Luluskan 750 Talenta Digital Disabilitas
News

Program Terampil di Awan 2.0 Kolaborasi Telkomsel dan AWS, Luluskan 750 Talenta Digital Disabilitas

15 Desember 2025
0
Google Luncurkan Fitur Keamanan Untuk Layanan Daurat dan Situasi Kritis
News

Google Luncurkan Fitur Keamanan Untuk Layanan Daurat dan Situasi Kritis

13 Desember 2025
0
Load More
Next Post
stimulus kredit UMKM

14,66 Juta Pelaku Usaha Mikro Bertransformasi Ke Sektor Formal di Tahun 2025

Discussion about this post

Recent Updates

stimulus kredit UMKM

14,66 Juta Pelaku Usaha Mikro Bertransformasi Ke Sektor Formal di Tahun 2025

18 Desember 2025
Infobip - Telkomsel

Kembangkan RCS for Business di Indonesia, Telkomsel Gandeng Infobip dan Google

18 Desember 2025
REDMI 15C, Bawa Gebrakan untuk Penuhi Gaya Hidup Anak Muda Indonesia

REDMI 15C, Bawa Gebrakan untuk Penuhi Gaya Hidup Anak Muda Indonesia

18 Desember 2025
IQOO Siap Beradu Inovasi Teknologi Untuk Pasar Indonesia di Tahun 2026

IQOO Siap Beradu Inovasi Teknologi Untuk Pasar Indonesia di Tahun 2026

18 Desember 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Bang Jamin

Insurtech Bang Jamin Kantongi Rp65 Miliar dari Putaran Pendanaan pra-Seri A

17 Juli 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
stimulus kredit UMKM

14,66 Juta Pelaku Usaha Mikro Bertransformasi Ke Sektor Formal di Tahun 2025

18 Desember 2025
Infobip - Telkomsel

Kembangkan RCS for Business di Indonesia, Telkomsel Gandeng Infobip dan Google

18 Desember 2025
REDMI 15C, Bawa Gebrakan untuk Penuhi Gaya Hidup Anak Muda Indonesia

REDMI 15C, Bawa Gebrakan untuk Penuhi Gaya Hidup Anak Muda Indonesia

18 Desember 2025
IQOO Siap Beradu Inovasi Teknologi Untuk Pasar Indonesia di Tahun 2026

IQOO Siap Beradu Inovasi Teknologi Untuk Pasar Indonesia di Tahun 2026

18 Desember 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version