Rabu, 12 November 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Kemenperin Rangkul E-commerce Perkuat Pemasaran IKM

13 Desember 2017
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Kemenperin Rangkul E-commerce Perkuat Pemasaran IKM

Perjanjian Kerjasama Ditjen IKM Kemenperin dengan tiga Marketplace (Foto: Kemenperin/Youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Kementrian Perindustrian (Kemenperin) memfasilitasi permintaan dari pelaku industri kecil dan menengah (IKM) untuk memperluas marketplace dengan bekerja sama dengan beberapa e-commerce lain.

Gati Wibawaningsih, Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), menyampaikan IKM yang telah bergabung dengan marketplace seperti Bukapalak dan Blanja.com hingga saat ini telah mencapai 1.700 unit. Kini untuk memperkuat pemasaran online IKM, pihaknya menggandeng Tokopedia, Blibli, dan Shopee.

“Ketiga e-commerce ini diharapkan dapat memperluas jangkauan IKM kepada konsumen,” kata Gati, Selasa (12/12/2017) di Jakarta.

Kerja sama ini merupakan kelanjutan dari program e-Smart IKM yang sedang digenjot oleh Kemenperin. Gati menjelaskan kerja sama ini diambil untuk mempersiapkan IKM dalam menghadapi revolusi industri yang keempat yang berbasis Internet of things (IoT).

Baca juga :   Shopee Gelar Program Belanja Dengan Gratis Ongkir dan Hadiah Rp 3 Miliar

Kemenperin menargetkan hingga 2019 akan ada sebanyak 10.000 IKM yang ikut dalam program e-Smart IKM. Pertumbuhan jumlah IKM tersebut didorong oleh potensi pasar Indonesia yang terus berkembang. Berdasarkan data Asosiasi e-commerce Indonesia (IdeA), jumlah pengguna internet Tanah Air mencapai lebih dari 90,5 juta jiwa, sedangkan pengguna aktif yang berbelanja secara online sebanyak 26,3 juta jiwa.

Menurutnya, saat ini jumlah produk impor di pasar online dalam negeri masih terbilang banyak. Keberadaan IKM diharapkan dapat mengurangi permintaan terhadap produk asing tersebut. Bahkan Gati yakin produk yang dihasilkan oleh IKM memiliki kualitas yang tidak kalah dengan impor. Produk tersebut dibuat sesuai dengan kebutuhan dan tren permintaan saat ini. Kemenperin akan terus membimbing IKM tersebut dengan berbagai workshop yang bermanfaat untuk meningkatkan penjualan produk.

Baca juga :   Inovasi Dapat Tingkatkan Kapabilitas IKM Pangan di Indonesia

Sementara itu, Handhika Jahja, Head of Operations Shopee Indonesia, mengapresiasi kerja sama ini sebagai langkah untuk mengembangkan marketplace nasional dengan jumlah yang lebih besar dibandingkan saat ini. Selain itu, nilai positif dari kerja sama tersebut, yakni berbagai barang asli buatan Indonesia bisa mendapatkan tempat di negeri sendiri.

Shopee mencatat pengguna aktif aplikasi perusahaan e-commerce ini diperkirakan mencapai 1 juta orang. Aplikasi Shoppe telah diunduh oleh 25 juta pengguna Android dan iPhone.

Dia menjelaskan bahwa bisnis di sektor e-commerce menjanjikan. Bahkan, pertumbuhan jumlah transaksi penjualan di Shopee selalu tumbuh sebesar dua digit per bulan.

Adapun Leontinus Alpha Edison, COO Tokopedia, menyampaikan inisiatif Kemenperin ini sejalan dengan misi dari Tokopedia, yakni pemerataan ekonomi secara digital. “Ingin mengembangkan Indonesia sebagai basis ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara,” kata Leontinus kepada Bisnis, (12/12/2017).

Baca juga :   ShopTokopedia Mall, Upaya Dukung Eskalasi Bisnis di Ranah Daring

Selain itu, Tokopedia berkomitmen untuk membantu IKM karena sebagian besar penjual di perusahaannya tergolong dalam kategori pengusaha kecil dan menengah. Kerja sama tersebut dapat membantu pertumbuhan ekonomi IKM dari hulu ke hilir.

 

STEVY WIDIA

Tags: blibliIndustri Kecil Menengah (IKM)Kementerian Perindustrian (Kemenperin)marketplaceShopeeTokopedia
Previous Post

Unila & Universitas Saga Jepang Berkolaborasi Menjaga Ekosistem Mangrove

Next Post

Easybiz 2.0 Bantu Startup Urus Izin

Related Posts

Shopee Live
Headline

Dukung Kreator & UMKM, Shopee Gaet Meta Hadirkan Kemitraan Afiliasi Facebook

24 Oktober 2025
0
Untuk Jaga Loyalitas Konsumen, Shopee Hadirkan Program Berlangganan
Headline

Untuk Jaga Loyalitas Konsumen, Shopee Hadirkan Program Berlangganan

9 Oktober 2025
0
Blibli dan Grab Hadirkan Green Delivery, Prioritaskan Layanan Dengan Kendaraan Ramah Lingkungan
Headline

Blibli Jaga Pertumbuhan Bisnis Dengan Ekosistem Perdagangan Omnichannel

15 September 2025
0
Load More
Next Post
Easybiz 2.0 Bantu Startup Urus Izin

Easybiz 2.0 Bantu Startup Urus Izin

Bukalapak Raih Technology and Digital Award 2017

Bukalapak Jamin Transaksi Aman di Harbolnas

Monika Rudijono Bakal Pimpin Uber Indonesia 2018

Monika Rudijono Bakal Pimpin Uber Indonesia 2018

Discussion about this post

Recent Updates

Lintasarta

Bidik Pangsa Konektivitas AI Indonesia, Lintasarta Perluas Kapasitas Jaringan

11 November 2025
PLTS Schneider Electric

Jaga Stabilitas PLTS, Schneider Electric Tawarkan Pemutus Sirkuit 800V AC

11 November 2025
CyberArk

CyberArk Rilis Kontrol Hak Akses Khusus untuk Agen AI Berisiko Tinggi

11 November 2025
OYO SuperAgent

OYO Catat Pertumbuhan 10x Program Pemberdayaan Komunitas Lokal SuperAgent

11 November 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Lintasarta

Bidik Pangsa Konektivitas AI Indonesia, Lintasarta Perluas Kapasitas Jaringan

11 November 2025
PLTS Schneider Electric

Jaga Stabilitas PLTS, Schneider Electric Tawarkan Pemutus Sirkuit 800V AC

11 November 2025
CyberArk

CyberArk Rilis Kontrol Hak Akses Khusus untuk Agen AI Berisiko Tinggi

11 November 2025
OYO SuperAgent

OYO Catat Pertumbuhan 10x Program Pemberdayaan Komunitas Lokal SuperAgent

11 November 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version