Minggu, 28 Desember 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Kemenperin Rangkul E-commerce Perkuat Pemasaran IKM

13 Desember 2017
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Kemenperin Rangkul E-commerce Perkuat Pemasaran IKM

Perjanjian Kerjasama Ditjen IKM Kemenperin dengan tiga Marketplace (Foto: Kemenperin/Youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Kementrian Perindustrian (Kemenperin) memfasilitasi permintaan dari pelaku industri kecil dan menengah (IKM) untuk memperluas marketplace dengan bekerja sama dengan beberapa e-commerce lain.

Gati Wibawaningsih, Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), menyampaikan IKM yang telah bergabung dengan marketplace seperti Bukapalak dan Blanja.com hingga saat ini telah mencapai 1.700 unit. Kini untuk memperkuat pemasaran online IKM, pihaknya menggandeng Tokopedia, Blibli, dan Shopee.

“Ketiga e-commerce ini diharapkan dapat memperluas jangkauan IKM kepada konsumen,” kata Gati, Selasa (12/12/2017) di Jakarta.

Kerja sama ini merupakan kelanjutan dari program e-Smart IKM yang sedang digenjot oleh Kemenperin. Gati menjelaskan kerja sama ini diambil untuk mempersiapkan IKM dalam menghadapi revolusi industri yang keempat yang berbasis Internet of things (IoT).

Baca juga :   Bank Mandiri dan Shopee Hadirkan Uang Elektronik Desain Khusus

Kemenperin menargetkan hingga 2019 akan ada sebanyak 10.000 IKM yang ikut dalam program e-Smart IKM. Pertumbuhan jumlah IKM tersebut didorong oleh potensi pasar Indonesia yang terus berkembang. Berdasarkan data Asosiasi e-commerce Indonesia (IdeA), jumlah pengguna internet Tanah Air mencapai lebih dari 90,5 juta jiwa, sedangkan pengguna aktif yang berbelanja secara online sebanyak 26,3 juta jiwa.

Menurutnya, saat ini jumlah produk impor di pasar online dalam negeri masih terbilang banyak. Keberadaan IKM diharapkan dapat mengurangi permintaan terhadap produk asing tersebut. Bahkan Gati yakin produk yang dihasilkan oleh IKM memiliki kualitas yang tidak kalah dengan impor. Produk tersebut dibuat sesuai dengan kebutuhan dan tren permintaan saat ini. Kemenperin akan terus membimbing IKM tersebut dengan berbagai workshop yang bermanfaat untuk meningkatkan penjualan produk.

Baca juga :   Strategi Tokopedia Untuk Bertahan Bukan Diskon

Sementara itu, Handhika Jahja, Head of Operations Shopee Indonesia, mengapresiasi kerja sama ini sebagai langkah untuk mengembangkan marketplace nasional dengan jumlah yang lebih besar dibandingkan saat ini. Selain itu, nilai positif dari kerja sama tersebut, yakni berbagai barang asli buatan Indonesia bisa mendapatkan tempat di negeri sendiri.

Shopee mencatat pengguna aktif aplikasi perusahaan e-commerce ini diperkirakan mencapai 1 juta orang. Aplikasi Shoppe telah diunduh oleh 25 juta pengguna Android dan iPhone.

Dia menjelaskan bahwa bisnis di sektor e-commerce menjanjikan. Bahkan, pertumbuhan jumlah transaksi penjualan di Shopee selalu tumbuh sebesar dua digit per bulan.

Adapun Leontinus Alpha Edison, COO Tokopedia, menyampaikan inisiatif Kemenperin ini sejalan dengan misi dari Tokopedia, yakni pemerataan ekonomi secara digital. “Ingin mengembangkan Indonesia sebagai basis ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara,” kata Leontinus kepada Bisnis, (12/12/2017).

Baca juga :   Momade, Brand Komestik Korea Hadir Eksklusif di Shopee

Selain itu, Tokopedia berkomitmen untuk membantu IKM karena sebagian besar penjual di perusahaannya tergolong dalam kategori pengusaha kecil dan menengah. Kerja sama tersebut dapat membantu pertumbuhan ekonomi IKM dari hulu ke hilir.

 

STEVY WIDIA

Tags: blibliIndustri Kecil Menengah (IKM)Kementerian Perindustrian (Kemenperin)marketplaceShopeeTokopedia
Previous Post

Unila & Universitas Saga Jepang Berkolaborasi Menjaga Ekosistem Mangrove

Next Post

Easybiz 2.0 Bantu Startup Urus Izin

Related Posts

Shopee
Headline

Satu Dekade Beroperasi, Shopee Catat Peran dalam Pengembangan UMKM dan Brand Lokal

19 Desember 2025
0
Berkat E-Commerce Batik Khantil Bangkit Dari Keterpurukan
Headline

Berkat E-Commerce Batik Khantil Bangkit Dari Keterpurukan

6 Desember 2025
0
Shopee Live
Headline

Pelaku UMKM Raup US$270 Miliar secara Global Melalui Platform Shopee

2 Desember 2025
0
Load More
Next Post
Easybiz 2.0 Bantu Startup Urus Izin

Easybiz 2.0 Bantu Startup Urus Izin

Bukalapak Raih Technology and Digital Award 2017

Bukalapak Jamin Transaksi Aman di Harbolnas

Monika Rudijono Bakal Pimpin Uber Indonesia 2018

Monika Rudijono Bakal Pimpin Uber Indonesia 2018

Discussion about this post

Recent Updates

Sisternet

Sisternet Gelar Kompetisi Modal Pintar Untuk UMKM Perempuan Siap Ekspor

27 Desember 2025
Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

27 Desember 2025
Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

27 Desember 2025
Pitik

Pitik dan Ilusi Revolusi Agritech yang Terlalu Cepat Terbang

26 Desember 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Bang Jamin

Insurtech Bang Jamin Kantongi Rp65 Miliar dari Putaran Pendanaan pra-Seri A

17 Juli 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Sisternet

Sisternet Gelar Kompetisi Modal Pintar Untuk UMKM Perempuan Siap Ekspor

27 Desember 2025
Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

Prediksi 2026: Teknologi Baru Buka Risiko Ancaman Siber Bagi Sektor Telekomunikasi

27 Desember 2025
Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

Tim Onic Esport Indonesia Juara Dunia MLBB Game of the Future 2025

27 Desember 2025
Pitik

Pitik dan Ilusi Revolusi Agritech yang Terlalu Cepat Terbang

26 Desember 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version