Minggu, 13 Juli 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Kemeperin Gandeng Tokopedia Untuk Angkat Industri Kecil Lokal Cepat Terkenal

20 Juni 2025
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Kemeperin Gandeng Tokopedia Untuk Angkat Industri Kecil Lokal Cepat Terkenal

Kemenperin gandeng Tokopedia untuk program Kalcer. (Foto: stevywidia/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat jumlah industri kecil dan menengah (IKM) mencapai 4,52 juta unit per Oktober 2024. Angka ini mencapai 99,77% dari total unit usaha industri. Untuk mendukung pertumbuhan IKM terutama dalam meningkatkan keterampilan dan daya saing bisnis, Tokopedia dan TikTok Shop bersama Kemenperin menggelar program Kemenperin Angkat Lokal Cepat Terkenal (KALCER).

Wakil Menteri Perindustrian RI Faisol Riza mengatakan, program KALCER merupakan wujud nyata dukungan pemerintah terhadap industri lokal, khususnya IKM, dalam menghadapi era digital.

“Kolaborasi strategis dengan Tokopedia dan TikTok Shop ini diharapkan dapat mempercepat transformasi digital industri kecil dan menengah serta memperluas akses pasarnya melalui platform digital, seperti Tokopedia dan TikTok Shop. Melalui inisiatif ini, kami bertujuan memastikan produk lokal mampu mendominasi pasar domestik dan tetap memiliki daya saing tinggi,” katanya pada Kamis (19/6/2025) di Jakarta.

Baca juga :   Dorong Peningkatan Penggunaan Kendaraan Listrik, NFCX Berkolaborasi Dengan Sicepat

Faisol menekankan, sektor IKM adalah penopang ekonomi Indonesia saat krisis, seperti saat pandemi COVID-19. Oleh karena itu, kolaborasi Kemenperin lewat KALCER menjadi langkah penting agar UMKM tidak dibiarkan berjuang sendirian dalam akses pasar, pembiayaan, maupun regulasi.

Direktur Jenderal IKM dan Aneka Kemenperin Reni Yanita menambahkan, Kemenperin akan memanfaatkan data perilaku konsumen dari platform digital untuk menyusun strategi penguatan UMKM yang lebih tepat sasaran. Misalnya, memetakan kebutuhan musiman konsumen terhadap produk lokal.

“Tugas kami adalah lebih mengenalkan lagi pelaku IKM yang jumlahnya 4 juta tadi, lebih mengenalkan lagi dengan TikTok Shop ini. Kemenperin memiliki perangkat fasilitasi untuk membantu UMKM naik kelas, mulai dari standarisasi produk, pemenuhan TKDN, hingga akses ke lembaga pembiayaan,” ujarnya.

Saat ini, ada jutaan penjual yang telah tergabung di platform Tokopedia dan TikTok Shop, mayoritasnya UMKM/IKM.

Baca juga :   Afgan, Petra Sihombing, hingga Armand Maulana Meriahkan XSpace

Direktur Tokopedia dan TikTok E-Commerce Indonesia Vonny Susamto menjelaskan, melalui program KALCER, Tokopedia dan TikTok Shop akan memberikan pengetahuan bagi ratusan pelaku UMKM mengenai cara membuka dan mengelola toko di Tokopedia dan/atau TikTok Shop serta informasi tentang #JualanNyaman dan #BelanjaAman dan deretan fitur yang bisa dimanfaatkan para UMKM, seperti Live Stream dan Program Afiliasi.

“Program ini dirancang untuk membantu UMKM bersaing dan memaksimalkan pemanfaatan teknologi digital lewat Tokopedia dan TikTok Shop. Melalui program ini, pelaku usaha akan mendapatkan pelatihan, mulai dari cara membuka toko hingga strategi meningkatkan penjualan dan pendapatan di platform kami,” ujarnya.

Menurut Vonny, dengan adanya sinergi Tokopedia dan TikTok Shop telah mendorong kenaikan penjualan yang lebih tinggi. Bahkan jika UMKM tersebut memiliki dua akun, baik di Tokopedia maupun di TikTok Shop, kenaikan penjualan bisa mencapai 118%. Kampanye Beli Lokal yang dilakukan oleh Tokopedia dan TikTok Shop juga mendorong pertumbuhan penjualan UMKM lokal hingga 70%. Penjual yang bergabung dalam Beli Lokal di TikTok Shop mengalami peningkatan nilai transaksi harian rata-rata hampir 90% khususnya pada bulan Ramadan.

Baca juga :   Asaelia Aleeza : Bangun Kesadaran Akan Kesehatan Mental di Masyarakat

Karena itu, Vonny menegaskan Tokopedia dan TikTok tak hanya menyediakan infrastruktur pasar digital, tetapi juga membekali pelaku UMKM dengan pelatihan keterampilan digital. Melalui host academy, pelaku usaha diajari cara menjadi afiliator, membangun personal branding, membuat konten video pendek, hingga memandu sesi live streaming.

“Live shopping menjadi format andalan yang terbukti efektif mendorong penjualan karena memungkinkan interaksi real time antara penjual dan pembeli. Saat ini, TikTok Shop telah memiliki lebih dari 8 juta afiliator aktif, jumlah yang diproyeksikan terus bertumbuh, ” pungkasnya.

 

 

STEVY WIDIA

Tags: Kemenperin Angkat Lokal Cepat Terkenal (KALCER)Tokopedia dan TikTok Shop
Previous Post

Pacu Brand Kecantikan Indonesia Mendunia, COSMAX Gelar June Fair 2025

Next Post

Erajaya Gandeng XPENG Hadirkan Mobil Listrik Pintar Ke Pasar Indonesia

Related Posts

No Content Available
Load More
Next Post
Erajaya Gandeng XPENG Hadirkan Mobil Listrik Pintar Ke Pasar Indonesia

Erajaya Gandeng XPENG Hadirkan Mobil Listrik Pintar Ke Pasar Indonesia

StuntingHub, Platform Solusi Pantau Cegah Stunting

StuntingHub, Platform Solusi Pantau Cegah Stunting

Startup Pengadaan Global Zinit Berinvestasi Hingga Rp30 Miliar di Indonesia

Startup Pengadaan Global Zinit Berinvestasi Hingga Rp30 Miliar di Indonesia

Discussion about this post

Recent Updates

Data Analitik Pegang Peranan Penting Bagi Bisnis

Komdigi Buka Pelatihan Analisis dan Rekayasa Data Untuk Tingkatkan SDM Digital

12 Juli 2025
Pertunjukan Musikal Petualangan Sherina 2025 Hadirkan Generasi Baru

Pertunjukan Musikal Petualangan Sherina 2025 Hadirkan Generasi Baru

12 Juli 2025
Superlative Gallery

OpenSea Akuisisi Rally, Siapkan Aplikasi Mobile Trading Token

12 Juli 2025
Perkuat Daya Saing Nasional Indonesia Kini Punya Pusat AI Termutakhir

Perkuat Daya Saing Nasional Indonesia Kini Punya Pusat AI Termutakhir

12 Juli 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

21 Maret 2019
MilikiRumah

Proptech MilikiRumah Galang Pendanaan Private Equity Senilai US$50 Juta

20 Mei 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Data Analitik Pegang Peranan Penting Bagi Bisnis

Komdigi Buka Pelatihan Analisis dan Rekayasa Data Untuk Tingkatkan SDM Digital

12 Juli 2025
Pertunjukan Musikal Petualangan Sherina 2025 Hadirkan Generasi Baru

Pertunjukan Musikal Petualangan Sherina 2025 Hadirkan Generasi Baru

12 Juli 2025
Superlative Gallery

OpenSea Akuisisi Rally, Siapkan Aplikasi Mobile Trading Token

12 Juli 2025
Perkuat Daya Saing Nasional Indonesia Kini Punya Pusat AI Termutakhir

Perkuat Daya Saing Nasional Indonesia Kini Punya Pusat AI Termutakhir

12 Juli 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version