Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Kemkominfo Dukung Peningkatan Ekspor Produk UMKM Melalui e-Commerce

10 Oktober 2018
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Ada 44 Calon Startup Unicorn

Menkominfo Rudiantara. (Foto: Kominfo/Youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Kemunculan e-Commerce selama satu dekade terakhir dinilai secara radikal mengubah lanskap ekonomi. Terobosan memanfaatkan marketplace global merupakan salah satu upaya pemerintah meningkatkan pasar ekspor produk lokal di luar negeri.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyatakan dukungannya untuk peningkatan ekspor melalui e-commerce. Menkominfo Rudiantara mengatakan, peluang ini terbuka dengan kehadiran platform e-commerce yang semakin besar.

Sebagai realisasi dari rencana tersebut, pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) akan bisa memasarkan produk ekspor dari Indonesia ke Tiongkok melalui kerja sama dengan raksasa e-Commerce, Alibaba. Ekspor produk ini sekaligus dalam rangka memanfaatkan momen Single Days 11/11 pada bulan depan di Tiongkok.

“Peluang ekspor melalui e-commerce bisa memperluas pasar dan ekspor, salah satunya ke Tiongkok. Saya sudah minta Kementerian Perdagangan dan Bekraf untuk menyiapkan UMKM yang akan bisa mengikuti Singles’ Day,” jelas Rudiantara dalam siaran resmi sebagai pembicara kunci dalam Indonesia Eximbank Panel Discussion, The Perfect Time To Enhance Emerging Economies Cooperations On Trade, Selasa (09/10/2018) di Sofitel Hotel, Nusa Dua, Bali.

Baca juga :   Gelang Cerdas Ini Jadi Teman Aktivitas Kebugaran Termasuk Pantau Kesehatan Jantung

Peluang ekspor UMKM, menurut Rudiantara, relatif besar karena Tiongkok saat ini adalah pasar e-commerce ritel terbesar dan paling inovatif di seluruh dunia.

“Retailing online di Tiongkok diperkirakan akan tumbuh dari 17 persen pada 2017 menjadi 25 persen pada 2020. Alibaba mendominasi lingkup e-Commerce di Tiongkok dan di banyak bagian Asia yang menyumbang 1/10 dari total penjualan ritel Tiongkok,” tutur Rudiantara.
Menkominfo itu mengakui ada beberapa tantangan bagi UMKM Indonesia, salah satunya kemampuan untuk menyediakan barang.

“Biasanya volume belanjanya jutaan. Tinggal apakah UMKM kita siap atau tidak,” tuturnya. Kemunculan e-Commerce selama satu dekade terakhir dinilai secara radikal mengubah lanskap ekonomi. Terobosan memanfaatkan marketplace global merupakan salah satu upaya pemerintah meningkatkan pasar ekspor produk lokal di luar negeri. Rudiantara menilai pasar berkembang penting untuk pertumbuhan e-Commerce.

Baca juga :   Alodokter Aplikasi Kesehatan Dengan 20 Juta Pengguna

“Saat ini usaha ritel akan mencapai kejenuhan dalam pertumbuhan. Peluangnya berkembang di e-Commerce. Di Tiongkok, pasar e-Commerce terbesar di dunia, hampir separuh penduduk secara aktif melakukan pembelian online,” kata Rudiantara.

Peluang e-Commerce di pasar berkembang seperti Indonesia dinilai sangar besar, karena saat ini juga tengah tumbuh dan berkembang. Rudiantara bahkan memperkirakan tingkat pertumbuhannya akan segera melampaui negara-negara maju pada 2018. “Sekitar 50% dari populasi di pasar negara berkembang akan berbelanja online pada 2018, yang tidak jauh dari penetrasi rata-rata 63 persen di negara-negara maju,” ungkapnya.

STEVY WIDIA

Tags: e-commerceMenkominfo RudiantaraUMKM
Previous Post

Festival Pemuda 2018, Katalisator Perjuangan Anak Muda Indonesia

Next Post

Go-Daily Perluas Jangkauan di 13 Kota di Indonesia

Related Posts

Lazada Hadirkan Beragam Fitur Berbasis AI dan Panduan untuk Bantu Penjual Maksimalkan Bisnis
Headline

Penjualan Lazada 9.9 Mega Brands Sale 2025 Meningkat, AI Jadi Pendorong Performa

20 September 2025
0
e-commerce
Headline

Pasar e-Commerce Indonesia Peringkat 2 Terdinamis di Dunia

17 September 2025
0
Blibli dan Grab Hadirkan Green Delivery, Prioritaskan Layanan Dengan Kendaraan Ramah Lingkungan
Headline

Blibli Jaga Pertumbuhan Bisnis Dengan Ekosistem Perdagangan Omnichannel

15 September 2025
0
Load More
Next Post
Pisah Dari Go-Jek, Go-Life Siap Lepas Landas

Go-Daily Perluas Jangkauan di 13 Kota di Indonesia

Generali Berikan Motivasi Generasi Muda Magelang untuk Semangat Membangun Daerah

Generali Berikan Motivasi Generasi Muda Magelang untuk Semangat Membangun Daerah

GrabShare, Solusi Grab Untuk Kemacetan Jakarta.

Microsoft Suntik Dana Segar ke Grab

Discussion about this post

Recent Updates

Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version