youngster.id - Data SIPSN Kementerian Lingkungan Hidup mencatat timbulan sampah nasional pada 2024 mencapai 32 juta ton, dengan 40,33% atau sekitar 12,9 juta ton di antaranya tidak terkelola dengan baik. Bahkan, Indonesia menjadi negara dengan sampah makanan terbanyak di Asia Tenggara, yakni 14,73 juta ton per tahun menurut laporan UNEP Food Waste Index 2024.
Perusahaan berdampak sosial (social enterprises) yang bergerak di bidang pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat, Magalarva, hadir untuk menjawab persoalan sampah ini. Magalarva berkomitmen mengeliminasi sampah makanan dan membangun ekosistem berkelanjutan bagi petani melalui pakan hewan berbasis serangga.
Didirikan pada 2017 oleh Rendria Labde dan Arunee Sarasetsiri, Magalarva menangani masalah sampah makanan—yang menyumbang lebih dari 50% total sampah di Indonesia—dengan mengolah limbah organik menggunakan Black Soldier Fly (BSF) untuk menghasilkan pakan ternak berkualitas tinggi, di tengah dominasi solusi yang lebih banyak berfokus pada sampah non-organik.
“Saat pertama kali memulai, kami melihat betapa banyak limbah makanan yang terbuang begitu saja karena tidak terpilah dengan baik. Dengan membangun sistem yang lebih efektif dan melibatkan lebih banyak mitra, kami mulai melihat perubahan. Sampah yang dulu dianggap tidak bernilai kini bisa menjadi solusi bagi lingkungan dan sumber daya bagi industri. Langkah kecil seperti memilah sampah mungkin terasa sederhana, tapi jika dilakukan bersama, dampaknya bisa jauh lebih besar dari yang dibayangkan,” kata Rendria, Founder & CEO Magalarva, dikutip Sabtu (22/3/2025).
Magalarva memulai operasinya dengan kapasitas pengolahan hanya 60 kg sampah per hari, yang kemudian terus bertambah menjadi 6 ton per hari.
Konsistensi Magalarva dalam mengelola sampah sehingga memberikan dampak kepada lingkungan mendapat apresiasi dari pihak lain. Pada 2023 Magalarva mendapat hibah sebesar SGD250.000 ari DBS Foundation untuk mengembangkan bisnis dan mengolah lebih banyak sampah organik. Salah satu fokusnya adalah meningkatkan efisiensi pengumpulan sampah dengan menerapkan sistem pemilahan yang lebih rapi dan efektif, sehingga semakin banyak limbah yang bisa didaur ulang dan dimanfaatkan kembali.
“Kami percaya bahwa social enterprises seperti Magalarva memegang peran penting dalam membangun masa depan yang lebih berkelanjutan. Magalarva sendiri adalah bukti bahwa inovasi dan keberlanjutan bisa berjalan seiring, menciptakan dampak nyata bagi lingkungan dan komunitas,” ujar Head of Group Strategic Marketing & Communications PT Bank DBS Indonesia Mona Monika.
Sejak itu, kapasitas pengolahan sampah Magalarva meningkat pesat sebesar 66% menjadi 10 ton per hari, dengan produksi larva mencapai 1-2 ton per hari.
Selain itu, Magalarva telah menjalin kemitraan dengan 20 organisasi dari berbagai sektor, melampaui target awal 12 mitra. Beberapa mitra di antaranya adalah Ceres, Sarirasa, Indolakto, Rekosistem, PT Arie Karya Utama (AKU), dan Jangjo hingga acara bergengsi seperti Food & Hospitality Indonesia dan Kumparan Green Initiative Conference. Kemitraan ini memungkinkan Magalarva untuk mengumpulkan lebih banyak limbah makanan dan mengolahnya menggunakan BSF menjadi pakan ternak berkualitas tinggi, sehingga menekan jumlah sampah organik yang berakhir di TPA.
Untuk meningkatkan efisiensi operasional demi memperluas dampaknya, Magalarva telah membangun dua unit fasilitas pemilahan sampah di Bekasi dan Tangerang Selatan serta menambah jumlah mobil pengangkut. Efisiensi ini membuka peluang bagi Magalarva untuk menjangkau lebih banyak pasar dengan rentang harga yang lebih kompetitif. Dengan ini, seiring bertambahnya angka penjualan, semakin banyak pula sampah yang dapat diolah.
Pada tahun 2024, Magalarva berhasil menembus pasar internasional dengan mengekspor 14 ton produk pakan ke Amerika Serikat. Pencapaian ini menjadi bukti bahwa solusi berbasis keberlanjutan tidak hanya berdampak positif bagi lingkungan, tetapi juga memiliki potensi ekonomi yang menjanjikan.
Di samping mengolah sampah, Magalarva juga memberdayakan masyarakat dengan menciptakan lapangan kerja dan melibatkan tenaga kerja lokal. Saat ini, Magalarva menyerap 23 perempuan (dengan empat di antaranya pada posisi manajerial), 43 operator pabrik, dan 130 pemulung dalam ekosistem pemilahan sampah. Di samping itu, Magalarva juga menyediakan insentif bagi pemulung yang memilah dan menjual sampah organik, sehingga membantu mereka mendapatkan pendapatan tambahan sekitar 35%.
Selain di tingkat komunitas, Magalarva juga mendorong perubahan positif di kalangan mitra industri menjadi lebih bijak dalam mengelola limbah makanan. Salah satunya adalah The Westin Jakarta yang telah memperbarui Standard Operating Procedure (SOP) mereka dengan memilah sampah organik ke dalam drum yang ditukar secara berkala tanpa plastik sekali pakai. Inisiatif ini turut membantu mengurangi sampah yang tidak terkelola dan sejalan dengan program keberlanjutan dari pemerintah dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).
“Ke depannya, Magalarva akan memperluas upayanya dalam mengolah lebih banyak sampah makanan, serta menjalin kemitraan dengan lebih banyak pelaku industri untuk mempopulerkan solusi pengelolaan sampah yang bertanggung jawab dan mengurangi beban TPA. Di saat yang sama, Magalarva juga akan terus memperkuat ekspansi internasional, setelah sukses menjajaki pasar Korea Selatan, Jepang, dan Amerika Serikat,” tutup Rendria. (*AMBS)
Discussion about this post