Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Kisarasa, Panggung bagi Wirausaha Mikro di Bisnis Kuliner

28 Maret 2025
in Headline
Reading Time: 3 mins read
Kisarasa

Kisarasa, Panggung bagi Wirausaha Mikro di Sektor F&B (Foto: Istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, menyumbang sekitar 61% terhadap PDB nasional. Industri F&B Indonesia—yang mayoritas terdiri dari UMKM dan pengusaha mikro—mencatatkan pertumbuhan tahunan yang stabil di kisaran angka 4,5%, dengan nilai mencapai Rp853,7 triliun (US$51,5 miliar) pada tahun 2024. Saat ini, industri F&B menjadi kontributor terbesar bagi perekonomian nasional di luar sektor minyak dan gas.

Sebagai upaya mendukung para wirausaha mikro di sektor F&B, Perusahaan wirausaha sosial (social enterprise) The Daily Company (DailyCo) merilis serial documenter Kisarasa yang mengangkat kisah para pejuang bisnis kuliner di Indonesia.

Kelvin Subowo, Founder & CEO DailyCo menjelaskan, dokumenter independent Kisarasa ini mengungkap kisah di balik perjuangan para wirausaha mikro di sektor F&B yang tak hanya menggerakkan perekonomian, tetapi juga menciptakan lapangan kerja dan menghidupi komunitas di sekitar mereka.

Menurutnya, sebagai perusahaan yang berorientasi pada dampak sosial, dengan misi untuk ‘memberi makan bangsa’, program ini menjadi cara DailyCo memberikan panggung bagi wirausaha mikro yang merupakan bagian besar dan penting dari ekonomi Indonesia—seperti petani, artisan, pedagang kaki lima, serta produsen makanan skala kecil yang kerap luput dari perhatian.

“Lewat Kisarasa, kami ingin mereka terlihat, didengar, dan dikenal—sehingga mereka bisa mendapatkan apresiasi, membangun kredibilitas, dan juga mengembangkan bisnis mereka masing-masing,” kata Kelvin, dikutip Jum’at (28/3/3035).

Baca juga :   Startup eFishery Raih Pendanaan Seri A

Dengan hampir setengah juta subscriber, Kisarasa adalah serial YouTube yang mengangkat kisah di balik warisan kuliner paling ikonik dan terkenal di Indonesia. Kini memasuki musim ketiga, Kisarasa mengajak penonton untuk menjelajahi langsung asal-usul berbagai hidangan khas Nusantara. Tayangan ini menghadirkan pengalaman yang imersif tentang tradisi kuliner di tengah keanekaragaman budaya Indonesia.

Dua sosok legendaris di dunia kuliner, Chef Juna Rorimpandey dan Chef Renatta Moeloek, menjadi pemandu dalam perjalanan ini. Keduanya dikenal sebagai juri MasterChef Indonesia. Chef Juna, yang menempuh pendidikan kuliner di Amerika Serikat dengan spesialisasi masakan Prancis dan Jepang, sering dikenal dengan gaya kepemimpinannya yang tegas dan disiplin. Namun, di Kisarasa, ia menampilkan sisi yang lebih reflektif dan penuh keingintahuan terhadap budaya Indonesia.

Chef Renatta, lulusan dari sekolah masak Le Cordon Bleu Paris, dikenal karena pendekatannya yang modern terhadap masakan Indonesia serta kegemarannya melakukan perjalanan kuliner. Bersama Chef Juna, keduanya menggabungkan keahlian, aspek otentik, dan kedekatan emosional dalam Kisarasa, sehingga penonton dapat menelusuri beragam cita rasa dan sejarah kuliner Nusantara.

Melalui storytelling yang menarik, Kisarasa menangkap esensi warisan kuliner Indonesia sekaligus mengangkat sosok-sosok di baliknya—para petani kecil, pengrajin makanan, dan wirausaha lokal yang jarang mendapat sorotan. Tayangan ini membantu mengangkat peran mereka, agar masyarakat luas bisa melihat langsung dan memberikan apresiasi bagi produsen makanan skala kecil, serta membuka jalan bagi ketahanan ekonomi yang lebih baik.

Baca juga :   Huawei Fokus Percepatan Implementasi 5G dan Tingkatkan Talenta Digital

“Kisarasa bukan hanya bertujuan untuk menemukan makanan enak di Indonesia—tapi juga tentang bagaimana kita mengapresiasi orang-orang di baliknya. Para pengusaha makanan skala kecil ini adalah nyawa dari budaya kuliner kita. Dengan menceritakan kisah mereka, kita tidak hanya merayakan tradisi, tetapi juga membantu membangun ekosistem pangan yang lebih inklusif dan tangguh untuk Indonesia,” kata Chef Juna.

Dari para peracik kopi di Bali hingga petani rempah di Maluku, banyak pelaku usaha yang tampil di Kisarasa yang akhirnya mengalami peningkatan pesanan, penambahan pelanggan, serta penguatan reputasi mereka.

Salah satu contohnya adalah Ibu Romlah, yang tampil di Musim 1, Episode 08. Romlah merupakan produsen Kluwek unggulan yang bekerja sama dengan petani lokal untuk mengolah dan menjualnya ke berbagai restoran. Kluwek—yang juga dikenal sebagai black nuts—adalah bumbu esensial dalam hidangan tradisional Indonesia seperti Rawon. Namun, dalam bentuk mentahnya, Kluwek bersifat beracun. Hanya setelah melalui proses fermentasi khusus, biji ini menjadi aman untuk dikonsumsi—sebuah keahlian langka yang telah dikuasai oleh Ibu Romlah.

“Setelah tampil di Kisarasa, kami mendapatkan banyak pelanggan baru. Setelah episode kami tayang, saya menerima lebih dari 30 pesanan baru dari pemilik restoran—kebanyakan dari Jawa Timur dan Jawa Tengah, beberapa dari Sumatra, dan bahkan ada yang dari Kalimantan. Pesanan dari langganan meningkat sekitar 18% hingga 25%. Saya menjual Kluwek dalam bentuk mentah maupun yang sudah difermentasi, tetapi sebagian besar pelanggan lebih memilih yang sudah difermentasi karena siap digunakan untuk memasak. Proses fermentasi ini memakan waktu sekitar satu minggu, dan awalnya kapasitas produksi saya sekitar 8 ton per minggu, tetapi sekarang sudah meningkat,” papar Romlah.

Baca juga :   2019, E-Commerce Indonesia Bakal Tumbuh 8 Kali Lipat

Di tengah meningkatnya perhatian media dan dunia investasi terhadap tren bisnis yang menggabungkan keberlanjutan dengan skalabilitas bisnis, Kisarasa menjadi bukti nyata yang berhasil mewujudkan kedua hal tersebut. Dokumenter ini menjadi bukti nyata dari visi DailyCo dalam membangun branding makanan yang etis serta storytelling berbasis komunitas.

Ke depannya, DailyCo terus menjajaki peluang kolaborasi dan pengembangan untuk memperluas dampak Kisarasa, memanfaatkan strategi brand yang unik serta basis audiens yang terus berkembang. Kisarasa menjadi contoh nyata bagaimana konten strategis dapat menghasilkan dampak yang terukur—baik bagi bisnis, komunitas, dan masyarakat secara luas.

“DailyCo mengundang investor potensial, mitra B2B, dan kolaborator media untuk lebih memahami misi besar Kisarasa dalam membentuk ulang narasi kuliner Indonesia—sembari mendukung keberlanjutan dan penghidupan bagi pelaku usaha di seluruh Nusantara,” tutup Kelvin.

 

SARAH L.

Tags: bisnis kulinerKisarasawirausaha F&B
Previous Post

Catatkan Untung, Inocycle Optimis Pertahankan Kinerja Positif Tahun Ini

Next Post

Penjualan Bersih Trisula Textile Naik Tipis 9% di 2024

Related Posts

aplikasi OLIN
News

ESB Kembangkan Sistem POS Berbasis AI untuk Bisnis Kuliner

24 Mei 2024
0
Kuliner Gen Z dan Milenial
Analyze

Gen Z dan Milenial Lebih Suka Membeli Makan daripada Memasak Sendiri

1 Juni 2023
0
Festival Legendaris Grabfood
Headline

Festival Legendaris GrabFood di 8 Kota, Turut Melestarikan Kuliner Lokal

21 November 2022
0
Load More
Next Post
TRISULA

Penjualan Bersih Trisula Textile Naik Tipis 9% di 2024

Layanan Pelanggan XL dan Smartfren Tidak Berubah Usai Merger

Layanan Pelanggan XL dan Smartfren Tidak Berubah Usai Merger

Sambut Antusias Smarphone Lipat Honor Hadirkan Magic V3

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version