KoinWorks Impact Report Fokus Pada ESG dan Pengembangan Ekonomi Berkelanjutan yang Inklusif

KoinWorks Impact Report.

Peluncuran KoinWorks Impact Report Pertama. (Foto: stevywidia/youngster.id)

youngster.id - KoinWorks merancang Impact Report yang memuat rekam jejaknya dalam praktik bisnis berkelanjutan dan road map perusahaan untuk komitmen lingkungan, sosial, dan tata kelola (Environmental,Social, and Governance/ESG).

Dengan merancang Impact Report, KoinWorks memastikan bahwa tolak ukur dampaknya jelas, relevan, terukur, dan menerapkan kebijakan ketat untuk keamanan data.

“Kami mengadopsi standar internasional pada kerangka ESG untuk startup, karena kami ingin mengekspresikan literasi berkelanjutan dan inklusi keuangan yang kami terapkan dengan cara yang sama layaknya komunitas global. Sehingga kami dapat bekerja dengan tujuan terpadu untuk masa depan kita bersama,” kata Angelique Timmer Senior VP & Impact KoinWorks dalam peluncuran Impact Report pertama berjudul “Leveling Up Beyond Finance” Kamis (30/3/2023) di Jakarta.

Angelique juga menegaskan, KoinWorks akan semakin mahir dalam inovasi-inovasi yang berfokus pada ESG dan menarik investasi.

“Untuk mendukung upaya kami dalam rangka memperbaiki lingkungan dan masyarakat Indonesia sembari mempertahankan pertumbuhan bisnis,” katanya.

Sementara itu Chief Operation Officer KoinWorks Bernard Arifin mengatakan, model bisnis KoinWorks selalu mengutamakan inklusi dan dampak sosial.

“Impact Report kami yang baru diluncurkan merupakan langkah penting dalam memberikan dampak sosial yang ingin kami tuju. Sebagaimana kami membangun ekosistem digital yang inklusif, kami ingin partner, shareholders, dan pengguna kami memiliki akses ke strategi yang layak dan praktik bisnis terbaik yang telah kami terapkan,” katanya.

Sementara itu East Ventures, salah satu investor awal KoinWorks, percaya bahwa Impact Report ini menunjukkan kontribusi signifikan KoinWorks dalam menciptakan dan mendukung pertumbuhan ekonomi digital yang berkelanjutan.

“KoinWorks menunjukkan bagaimana teknologi dapat mendukung akses keuangan, khususnya dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi UMKM, seperti keterbatasan akses permodalan. Kami senang melihat KoinWorks, salah satu perusahaan portofolio kami, telah meluncurkan Impact Report. KoinWorks menunjukkan rekam jejak positif atas komitmennya untuk membuka akses layanan keuangan dan memberdayakan masyarakat Indonesia dalam mencapai inklusi keuangan,” ujar Avina Sugiarto, Partner East Ventures.

Kolaborasi dengan mitra juga menjadi salah satu pendekatan penting KoinWorks untuk menciptakan solusi yang lebih komprehensif guna melayani segmen underserved. Salah satu contoh kolaborasi untuk menciptakan pertumbuhan yang berdampak adalah dengan Wifkain, sebuah manufacturing-as-a-service platform untuk fashion brand dan pabrik, melalui penyediaan supply-chain financing.

“Kami selalu mencari cara untuk mendukung para mitra, sehingga kami sangat mengapresiasi kerja sama dengan KoinWorks yang memiliki misi serupa dengan kami, melalui supply-chain financing. Dengan fasilitas ini, mitra dan klien kami dapat mengelola arus kas mereka dengan lebih baik, terutama terkait dengan pengadaan tekstil, manufaktur, dan logistik,” kata Humprey.

Ke depan, KoinWorks bertujuan untuk mencapai karbon netral, dan mendorong UMKM memiliki model bisnis yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. KoinWorks juga bertujuan untuk meraih Golden Certificate Cerise, panduan berstandar internasional untuk perlindungan konsumen, sebagai salah satu bentuk komitmennya.

Pada tahun 2025, KoinWorks menargetkan lebih dari 2 juta UMKM bergabung dalam ekosistem digitalnya yang inklusif, dan memiliki setidaknya 40% gender diversity di dalam perusahaan.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version