youngster.id - Tingkat kompetensi bahasa asing di Indonesia berada di posisi menengah dibandingkan negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara. Padahal, kini kemampuan berbahasa asing telah menjadi kebutuhan utama dalam berbagai sektor, termasuk pendidikan, bisnis, hingga pelayanan pelanggan.
Menyikapi hal itu, edtech Cakap dan Infomedia menjalin kerja sama untuk meningkatkan keterampilan berbahasa asing dan kemampuan teknis bagi insan BUMN secara khusus dan kepada masyarakat Indonesia secara umum. Melalui kemitraan ini, Cakap dan Infomedia bersama akan mendukung dari sisi operasional dan penyediaan akses ke berbagai kalangan masyarakat.
Eddy Sofryano, Direktur Utama Infomedia mengatakan, dalam era modern dan globalisasi, penguasaan bahasa asing dan peningkatan keterampilan adalah dua elemen kunci untuk mendorong daya saing bangsa.
“Melalui kemitraan dengan Cakap, kami optimis dapat memberikan solusi pelatihan yang relevan, efektif, dan inklusif untuk insan BUMN dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Kami melihat ini sebagai langkah strategis untuk mempercepat pengembangan talenta yang mampu menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di pasar global,” ucap Eddy, Jum’at (13/12/2024).
Dalam kerja sama ini, Cakap mendukung Infomedia melalui penyediaan Cakap English Standardized Test (CEST), CEST yang merupakan Pretest akan membantu untuk mengukur kemampuan bahasa inggris sebelum menjalankan tes resmi seperti TOEFL/TOEIC. Dengan melakukan registrasi melalui platform Infomedia, para calon peserta tes akan mendapatkan potongan harga khusus yang tentunya akan menjadi semakin ekonomis dari sisi biaya dibandingkan harus mengulang tes resmi. Kesempatan ini bukan hanya terbuka untuk ekosistem BUMN, namun juga untuk masyarakat umum.
Selain CEST, kerja sama ini juga meliputi placement test yang setara Toefl ITP dan program upskill self-paced learning (SPL). Penandatanganan MoU ini menunjukkan komitmen bersama untuk meningkatkan kompetensi bahasa asing Indonesia di Asia Tenggara. Sehingga, dapat membuka peluang untuk menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi, serta akses merata untuk mendukung dan menjadi jembatan bagi visi Indonesia Emas 2045.
Jonathan Dharmasoeka, Chief Financial Officer Cakap mengatakan, kerja sama dengan Infomedia merupakan langkah strategis untuk memperluas jangkauan dan dampak positif dari program pelatihan dan tes bahasa asing yang kami sediakan.
“Melalui kolaborasi ini, kami berkomitmen untuk mendukung peningkatan kompetensi sumber daya manusia, agar lebih siap menghadapi tantangan global. Dengan memanfaatkan teknologi dan pendekatan pembelajaran yang inovatif, kami percaya bahwa program ini dapat berkontribusi signifikan terhadap pencapaian visi Indonesia Emas 2045,” kata Jonathan.
Bersamaan dengan penandatanganan MoU Infomedia, Cakap juga menjalin kerja sama dengan Kuncie.id untuk program yang hampir sama dengan Infomedia, namun untuk kelas usia wajib sekolah (SD-SMA). Kerja sama ini akan membantu penggalian dalam pelaksanaan program tes bahasa inggris dan keterampilan kerja untuk masa depan Indonesia yang berkualitas. Sehingga semakin membuka peluang untuk penerapan pendidikan berkelanjutan yang inklusif.
Sinergi antar pihak diharapkan dapat memberikan solusi nyata dan menjadi agen perubahan dalam pengembangan sumber daya manusia yang lebih kompetitif dan siap menghadapi persaingan global.
STEVY WIDIA
Discussion about this post