Kolaborasi OVO, Tokopedia, dan Grab Galang Donasi Digital

Peluncuran program donasi "Patungan untuk Berbagi" dihadiri Menkominfo Rudiantara. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - OVO, Tokopedia dan Grab berkolaborasi melakukan penggalangan donasi digital dalam menyambut bulan Ramadan. Kolaborasi bertajuk ‘Patungan untuk Berbagi’ ini dapat diakses melalui ketiga platform tersebut. Dana ini nantinya akan disalurkan untuk pendidikan anak-anak di Indonesia.

Direktur OVO Harianto Gunawan mengungkapkan, berdasarkan data Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) tahun 2017, terdapat 4,4 juta anak Indonesia, termasuk yatim, piatu dan kurang mampu, yang belum terjamin pendidikannya.


“Karena itu, kami selaku pelaku digital teknologi, akan terus memberikan inovasi yang baru, serta dampak yang besar terhadap Indonesia. Kami berharap melalui donasi digital ini dapat memberikan kesempatan menuntut ilmu bagi anak-anak yang kurang beruntung,” kata Harianto dalam keterangannya Jumat (3/5/2019) di Jakarta.

Sementara itu Co-Founder sekaligus Vice Chairman Tokopedia Leontinus Alpha Edison menjelaskan, donasi dapat dikirimkan lewat OVO, Tokopedia dan Grab sesuai nominal yang dikehendaki donatur. Kemudian, ketiga perusahaan akan berkontribusi dengan menggandakan jumlah dana yang disalurkan dari donasi pengguna, maksimal senilai Rp 10 miliar.

Donasi yang terkumpul akan disalurkan kepada anak-anak yatim oleh Rumah Yatim dalam bentuk paket beasiswa serta peralatan sekolah. President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata berharap, program ini akan memudahkan masyarakat melakukan donasi selama Ramadan. Ia melanjutkan, nantinya program donasi tersebut juga akan diadakan secara offline melalui festival yang diselenggarakan di delapan kota pada 22 – 28 Mei 2019 mendatang.

Kota-kota tersebut adalah Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, dan Makassar.

“Jadi nanti boleh donasi via QR code, lalu ada beberapa merchant dari OVO, Tokopedia, GrabFood, dan berbagai acara hiburan juga,” ujarnya.

Para pengunjung yang hadir dalam festival tersebut dapat secara langsung berkontribusi dengan memindai QR code yang tersedia di booth ‘Patungan untuk Berbagi’, serta mereka dapat menyaksikan bertambahnya jumlah donasi dalam bentuk parsel berisi kebutuhan sekolah.

STEVY WIDIA

Exit mobile version