youngster.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengajak para pelaku bisnis lokal termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal untuk beralih ke pasar digital. Dengan ekosistem digital pelaku usaha dapat membuka pasar semakin lebar dan mengembangkan usahanya.
Samuel A Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo mengatakan, untuk mendukung hal itu, pemerintah selalu berkolaborasi dengan para pihak di bidang ekonomi digital untuk menyejahterakan pelaku UMKM lokal agar mereka pun memiliki kemampuan untuk bersaing.
“Dengan berbisnis secara online, pelaku usaha dapat lebih meningkatkan kesempatan untuk mempromosikan dan membuka pasar semakin lebar,” kata Samuel dalam siaran pers, Senin (20/2/2018) di Jakarta.
Sementara itu, Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Mira Tayyiba menyebutkan, e – commerce akan menjadi salah satu pilihan strategis para pelaku bisnis sehingga daya saing pun akan meningkat. “Ke depannya tantangan yang dihadapi yakni daya saing lokal dengan asing. Maka UMKM juga harus kita perkuat hulu agar mampu bersaing,” ungkap Mira.
Mira mengimbau semua pihak termasuk pemerintah yang mendorong UMKM lokal bermigrasi ke digital untuk memperkuat hulu UMKM. Untuk itu, kata Mira, pemerintah daerah harus mengidentifikasi data produk unggulan dan para pelaku UMKMnya. Sehingga, pihak -pihak terkait mampu berkolaborasi memanajemen ekosistem e-commerce agar tercipta kondisi yang kondusif.
STEVY WIDIA
Discussion about this post