Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Kontribusi SIRCLO bagi Pertumbuhan UMKM

30 Januari 2024
in Headline
Reading Time: 3 mins read
SIRCLO

Kontribusi SIRCLO bagi Pertumbuhan UMKM (Foto: Istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Penyedia solusi omnichannel commerce enabler SIRCLO mengklaim telah membantu pemilik merek SIRCLO Store meningkatkan omset bulanan hingga rata-rata 8 kali lipat dan kenaikan jumlah proyek kampanye bagi momfluencers hingga 5 kali lipat.

Selain melalui SIRCLO Store (dasbor yang membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berjualan online melalui berbagai kanal sekaligus, di antaranya website dan marketplace), SIRCLO juga memiliki layanan IbuSibuk (solusi pemberdayaan ekonomi bagi komunitas Ibu untuk menjadi momfluencers).

Dalam laporannya bertajuk “Menyorot Peran SIRCLO dalam Dinamika Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah”, disebutkan SIRCLO berfokus pada dua layanan tersebut untuk memfasilitasi pertumbuhan bisnis pelaku UMKM.

Brian Marshal, Founder dan CEO SIRCLO mengatakan, laporan Dampak SIRCLO sepanjang tahun 2023 ini memberikan gambaran mengenai inovasi dan solusi SIRCLO yang berpotensi memberikan dampak lebih luas dan berkelanjutan bagi para pelaku usaha.

“Dengan mempelajari kondisi yang dihadapi oleh pemilik UMKM, kami berupaya agar layanan SIRCLO tidak hanya berdampak pada pertumbuhan bisnis, namun sejalan dengan komitmen kami dalam mensejahterakan pelaku usaha dan mendongkrak perekonomian digital Indonesia,” kata Brian, Selasa (30/1/2024).

Melalui survei pada 1.025 responden yang tersebar di 113 Kota dan Kabupaten Indonesia, SIRCLO mengungkap kontribusinya dalam menjawab beragam tantangan nyata di lapangan, seperti kebingungan terhadap cara memulai usaha, cara memperluas jangkauan usaha, paparan penggunaan teknologi, dan keinginan untuk memberdayakan diri dan sekitarnya. Laporan ini memiliki empat dimensi pengukuran dampak, yakni berdasarkan dampak Ekonomi, Sosial, Kesejahteraan Komunitas, dan Inklusivitas.

Baca juga :   Telkomsel Perluas Inisiatif Paket ilmupedia untuk Kemudahan Belajar Online

Beberapa pencapaian yang dirangkum dalam Laporan Dampak SIRCLO 2023 terhadap ekosistem UMKM adalah sebagai berikut:

Solusi yang ditawarkan SIRCLO menjawab tantangan di lapangan, seperti cara memulai usaha dan memperluas jangkauan usaha, telah mendorong peningkatan jumlah pelanggan hingga omzet bulanan.

  • 2 dari 5 pemilik merek lokal dalam ekosistem SIRCLO Store mengalami kenaikan jumlah pelanggan hingga 10 kali lipat, di mana setengah di antaranya baru menggunakan layanan tersebut dalam kurun waktu satu sampai dua tahun.
  • Setelah menggunakan SIRCLO Store, 2 dari 5 pemilik merek lokal turut mengalami pertumbuhan omzet bulanan hingga rata-rata 8 kali lipat.
  • 80% momfluencers di dalam ekosistem IbuSibuk telah merasakan peningkatan jumlah proyek kampanye yang didapatkan dengan berkolaborasi bersama brands ternama sebesar 2 sampai 5 kali lipat.
  • Sejalan dengan peningkatan jumlah kampanye, 45,9% momfluencers semakin berkontribusi pada peningkatan pendapatan rumah tangga.
Baca juga :   Grab Indonesia Gandeng Produsen Sepeda Motor Listrik Lokal untuk Mobilitas Hijau

Selain pencapaian ekonomi, terdapat dampak positif dalam aspek sosial yang turut dirasakan oleh para pelaku UMKM berkat inovasi teknologi yang dihadirkan oleh SIRCLO.

  • 52% pemilik merek lokal menggunakan pendapatan penjualan dari platform SIRCLO Store untuk memperkuat modal usaha. Pendapatan tersebut turut dialokasikan pada tabungan dan investasi, membuka cabang usaha baru, serta menambah karyawan.
  • 57,3% momfluencers mengalokasikan pendapatan mereka untuk tabungan dan investasi. Selain itu, pendapatan ini dimanfaatkan untuk keperluan hiburan, sumbangan donasi, dan pendidikan anak mereka.

Tidak hanya memberikan manfaat bagi pertumbuhan bisnis, kemudahan dan aksesibilitas atas teknologi yang disediakan turut berkontribusi terhadap pemerataan kesejahteraan, seperti penciptaan lapangan kerja dan peningkatan pendapatan.

  • 72,2% pemilik merek lokal dalam SIRCLO Store telah mempekerjakan tenaga profesional sebagai karyawan mereka. Selain tenaga profesional, pemilik merek tersebut turut mempekerjakan orang-orang terdekat mereka, seperti pasangan, saudara, dan tetangga.

Layanan SIRCLO mampu menciptakan lingkungan usaha yang merangkul keberagaman serta memberikan kesempatan yang setara bagi seluruh pelaku UMKM, menggarisbawahi aspek inklusivitas pada dampak yang diberikan.

  • 96% responden memiliki karyawan perempuan, di mana 66,7% posisi manajerial didominasi oleh perempuan.
  • 1 dari 24 pengguna SIRCLO Store berkebutuhan khusus, menunjukkan inklusivitas dan aksesibilitas SIRCLO bagi berbagai kalangan pengguna.
Baca juga :   SIRCLO Store Dukung UMKM Optimalkan Penjualan Selama Ramadan

Menggali Dampak Nyata yang dirasakan Pengguna SIRCLO Store dan Anggota IbuSibuk Ary Budiman, Pemilik Rock Nation dan pengguna SIRCLO Store selama sepuluh ke belakang, memberi testimoni.

“Industri musik di Indonesia memang penuh tantangan, namun, SIRCLO Store mampu membantu pertumbuhan sumber pendapatan utama saya, bahkan membuka peluang baru untuk memperluas jangkauan Rock Nation lewat kanal online. Berkat digitalisasi dengan bantuan SIRCLO Store, Rock Nation berhasil menjadi salah satu music merchandise store ternama di Indonesia.”

Dalam mendukung perkembangan pelaku UMKM pada aspek literasi digital, usaha, pengetahuan pemasaran, dan masih banyak lagi, SIRCLO Store secara aktif meluncurkan sejumlah program pendampingan, seperti Panen Omset (program edukasi dan pendampingan yang bertujuan membantu UMKM memasuki era digital) dan LokaLokal (acara yang melibatkan berbagai aktivitas mulai dari bazar yang menampilkan merek lokal dan mitra strategis, seminar, hingga program hiburan). Paralel dengan upaya tersebut, IbuSibuk kerap menyelenggarakan pelatihan bagi momfluencers untuk meningkatkan kapasitas serta pengetahuan mereka dalam strategi pemasaran dan skill pembuatan konten.

 

STEVY WIDIA

Tags: Dampak SIRCLOIbuSibukSirclo store
Previous Post

Alodokter Optimalkan Produk Perlindungan Kesehatan Bagi Karyawan

Next Post

Tumbangkan Tim Thailand 4-0, The BOSS Falcon dari Indonesia Jadi Juara Undawn All Star

Related Posts

SIRCLO
Headline

SIRCLO Mengakselerasi Bisnis Digital bagi Brand Merintis dan Momfluencers

13 Februari 2025
0
SIRCLO Group
Analyze

3 Tips Bagi Pelaku UMKM untuk Genjot Performa Bisnis Sampai Akhir Tahun

27 April 2023
0
SIRCLO Group
Headline

‘Integrasi Marketplace’ Jadi Fitur yang Paling Diminati Pelaku UMKM

19 Oktober 2022
0
Load More
Next Post
The BOSS Falcon - Undawn All Star

Tumbangkan Tim Thailand 4-0, The BOSS Falcon dari Indonesia Jadi Juara Undawn All Star

LAPAN Akan Luncurkan Aplikasi Penginderaan Jauh Pantau Indonesia

Indonesia Perlu Mengembangkan Bisnis Satelit dan Menjaga Kedaulatan Angkasa

Global Game Jam

Dorong Talenta Pengembang Game Lokal, Agate Gelar Global Game Jam

Discussion about this post

Recent Updates

Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version