Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Layanan Digital Menjadi Produk Andalan Perbankan di Q1

21 Juni 2018
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
DBS Luncurkan Digibank di Indonesia

(ki-ka) Wawan Salum – Director of Consumer Banking Group PT Bank DBS Indonesia, Paulus Sutisna – President Director PT Bank DBS Indonesia, Leonardo Koesmanto – Head of Digital Banking PT Bank DBS Indonesia,pada peluncuran digibank by DBS. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Menurut laporan Maverick Banking Media Performance Report Q1 2018, produk dan layanan digital unggulan sejumlah bank di Indonesia di awal tahun ini. Beberapa diantaranya adalah bank besar seperti BNI, Bank Mandiri, BRI, dan DBS.

Laporan ini berdasarkan jumlah pemberitaan di media massa atas kegiatan tersebut. Direktur Monitoring and Analytics Maverick, Felicia Nugroho, menuturkan, berita mengenai peluncuran produk dan layanan digital baru ini mencapai 58% dari total pemberitaan mengenai produk dan layanan perbankan di kuartal pertama 2018.

“Ini artinya, bank sangat menaruh perhatian terhadap segmen digital sehingga tidak terlalu banyak bank membuat produk baru di segmen lain seperti card business, loan, investment, remittance, dan wealth management,” kata Felicia dalam keterangannya belum lama ini.

Dalam laporan itu diungkap bahwa BNI menguasai 42,9% porsi pemberitaan tentang produk perbankan digital di kuartal ini. BNI meluncurkan aplikasi mobile YAP! dan layanan virtual assistant berbasis chatting bernama Cinta (Chat with your INTelligent Advisor).

Di peringkat selanjutnya, terdapat Bank Mandiri yang memperkenalkan fitur virtual assistant bertajuk Mita (Mandiri Intelligent Assistant) dengan merebut 20,6% porsi pemberitaan, sedangkan BRI memperkenalkan fitur serupa dengan nama Sabrina (Smart BRI New Assistant) dengan 13,2% porsi pemberitaan. Dari kategori Bank BUKU III, DBS juga menawarkan layanan digital Digibank yang mencakup pula fitur virtual assistant yang mampu menguasai 16,2% porsi pemberitaan di kuartal ini, lebih tinggi dari BRI.

Baca juga :   Shopee Gelar Ngabuburit Sekaligus Galang Donasi Ramadan

Tidak hanya itu, data Maverick Banking Media Performance Report Q1-2018 menemukan fenomena sinergi antara bank dengan perusahaan fintech untuk memperluas akses layanan perbankan mereka. Bank Mandiri mengumumkan bekerja sama dengan Ovo, perusahaan penyedia pembayaran digital. BRI juga menggandeng Go-Pay untuk memperkuat layanan perbankan, sementara Bank Danamon menyepakati perjanjian kerja sama dengan Doku meluncurkan dompet elektronik D-Wallet.

Laporan Maverick Banking Media Performance Report Q1-2018 juga ikut memantau percakapan official account berbagai bank di media sosial. Hasilnya, nasabah lebih memilih menggunakan media sosial untuk bertanya ataupun menyampaikan keluhan mengenai suatu produk dan layanan perbankan.

Laporan ini juga mengungkapkan bahwa kemajuan teknologi turut memengaruhi cara nasabah menyampaikan keluhan mereka kepada bank. Hal ini terlihat semakin berkurangnya jumlah surat pembaca di media cetak yang berisikan keluhan terhadap layanan perbankan, dan meningkatnya jumlah keluhan nasabah di sosial media.

Baca juga :   Transaksi Pembayaran E-Commerce Masih Konvensional

Akun twitter @haloBCA merupakan akun Twitter paling aktif dan tercatat melakukan 66.470 cuitan sepanjang kuartal pertama 2018. Jumlah ini mencakup cuitan original dan cuitan balasan atas cuitan nasabah kepada @haloBCA. Sementara di peringkat kedua ada akun @kontakBRI dengan 22.404 cuitan dan di ketiga tedapat akun @mandiricare dengan 16.555 cuitan.

Manager Research Maverick, Charlie Tjokrodinata, menuturkan, teknologi turut mempengaruhi cara nasabah menyampaikan keluhan mereka terhadap bank. Meningkatnya jumlah percakapan di media sosial merupakan perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin aktif mencari informasi di media sosial. “Kecepatan bank dalam merespons pertanyaan maupun keluhan nasabah merupakan kunci penanganan keluhan agar tidak terjadi viral dan menjaga reputasi bank,” ujar Charlie.

Baca juga :   Upaya Bank Mandiri Mewujudkan Ekonomi Rendah Karbon

Maverick Banking Media Performance Report Q1 2018 adalah laporan yang mengukur pencapaian strategi komunikasi publik dari 20 bank terbesar di Indonesia dengan memonitor peliputan industri perbankan di 20 media serta media sosial, di antaranya Twitter, Facebook, dan Instagram.

Pencapaian tersebut diukur melalui Media Performance Index (MPI) yang memperhitungkan tidak hanya jumlah artikel, tetapi juga kualitas pemberitaan. Laporan ini juga menyajikan hasil pemberitaan terhadap juru bicara dan ekonom bank, kegiatan CSR, peluncuran produk dan layanan baru, serta kerja sama.



STEVY WIDIA

Tags: BankBank BCAbank MandiriBNIDBSlayanan digitalproduk digital
Previous Post

Layanan Music Streaming Penyelamat Industri Musik

Next Post

Instagram Perpanjang Durasi Video

Related Posts

Wondrful Gathering Mojokerto
News

Dorong UMKM Tembus Pasar Ekspor, BNI dan Bea Cukai Gelar wondrful Gathering

14 Juli 2025
0
Smart Healthcare
News

Bersama Kemenkes dan Periksa.id, BNI Dukung Nakes dengan Solusi Smart Healthcare untuk Klinik dan TPMD

30 Mei 2025
0
BNIdirect
News

BNI Hadirkan Solusi Digital bagi Pelaku Usaha Percepat Pembiayaan Rantai Pasok

15 Mei 2025
0
Load More
Next Post
Instagram Perpanjang Durasi Video

Instagram Perpanjang Durasi Video

Inovasi Cangkang Udang Jadi Pembersih Closet

Inovasi Cangkang Udang Jadi Pembersih Closet

Brian Karno Jan: Mengangkat Pengrajin Lokal Lewat Platform Digital

Saat Lebaran, Mendekor Raup Peningkatan Penjualan

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version