Layanan Fintech JULO Kini Bisa Diakses Masyarakat di 34 Provinsi

JULO Adrianus Hitijahubessy

CEO & Co-founder JULO Adrianus Hitijahubessy. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - PT JULO Teknologi Finansial (JULO) siap perluas akses fasilitas kredit digital di seluruh 34 provinsi Indonesia. Selama lima tahun berdiri di Indonesia, JULO telah menyalurkan akses kredit kepada lebih dari 500.000 nasabah dengan 72% penggunaan kredit diperuntukkan untuk peningkatan kualitas hidup seperti modal usaha, renovasi rumah dan biaya pendidikan.

Langkah ini dilakukan setelah startup fintech ini berhasil meraih pendanaan seri B dari Credit Saison sejumlah US$80 juta.

CEO & Co-Founder of JULO Adrianus Hitijahubessy mengatakan, indeks inklusi keuangan menjadi salah satu komponen yang cukup memengaruhi kondisi pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional yang berkelanjutan. Walaupun indeks inklusi keuangan Indonesia tercatat terus bertumbuh dan sudah mencapai angka 76,19 persen per tahun 2021, akselerasi inklusi keuangan selayaknya menjadi perhatian utama bagi para pelaku industri.

“Melihat hal ini, JULO siap membawa revolusi lebih lanjut dengan memperluas akses kredit digital di seluruh 34 provinsi Indonesia sebagai salah satu perusahaan fintech karya anak bangsa,” ujar Adrianus dalam keterangannya, Senin (25/4/2022).

Menurut dia, JULO menjadi salah satu perusahaan fintech lending yang dapat diakses dari seluruh pelosok Indonesia. Selain kemudahan akses, JULO juga meluncurkan inovasi fitur kredit digital yang mencakup transaksi tunai dan nontunai dengan limit maksimal sampai Rp15 juta.

“Melalui target pertumbuhan loan book lebih dari 5 kali lipat untuk satu tahun ke depan, JULO akan terus konsisten untuk memperluas akses kredit digital lebih lanjut di seluruh 34 provinsi Indonesia melalui inovasi dari segi produk dan teknis sebagai langkah ke depannya,” kata Adrianus lagi.

Dia menegaskan, proses underwriting kredit serta manajemen risiko berbasis big-data memungkinkan credit scoring secara berkesinambungan dan membuat pengajuan mandiri melalui smartphone dapat dilakukan di manapun dan kapanpun. Dengan demikian, JULO dapat berperan aktif dalam meningkatkan akses finansial masyarakat untuk mencapai target inklusi keuangan Indonesia sebesar 90 persen pada tahun 2024 mendatang.

Pendanaan seri B dari Credit Saison dilangsungkan untuk mendukung pertumbuhan JULO melalui US$30 juta ekuitas dan US$50 juta fasilitas kredit. Ekuitas sebesar US$30 juta akan dimanfaatkan JULO untuk mengembangkan sistem analisa data, pengembangan produk, marketing, serta rencana akuisisi nasabah di seluruh pelosok Indonesia dengan menambah Sumber Daya Manusia (SDM) di tim developer, data scientist dan business intelligence. Sedangkan, US$50 juta fasilitas kredit akan dialokasikan untuk memfasilitasi dana pinjaman pada platform JULO.

Mengantongi izin permanen dari OJK sejak Mei 2020, para nasabah dapat menggunakan limit kredit digital untuk berbagai layanan meliputi tarik & kirim dana, beli pulsa & data, bayar tagihan listrik PLN, top-up dompet digital, bayar e-commerce, bayar tagihan BPJS sampai kartu pascabayar. Inovasi fitur produk berikut merupakan bentuk komitmen JULO untuk masyarakat Indonesia – terutama untuk 47 juta masyarakat underbanked dalam mengakses layanan keuangan dan memfasilitasi inklusi keuangan lebih lanjut.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version