Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Lazada Dorong Bisnis Lokal Terapkan Operasional Berkelanjutan

28 Maret 2024
in Headline
Reading Time: 3 mins read
Lazada Sustainability Academy Awards 2024

Lazada Dorong Bisnis Lokal Terapkan Operasional Berkelanjutan (Foto: Istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Perkembangan ekosistem ekonomi digital Indonesia berdampak besar pada ekonomi Indonesia. Di sisi lain pertumbuhan itu menimbulkan persoalan lingkungan termasuk limbah plastik. Hal ini mendorong Lazada Indonesia (Lazada) mendorong para pelaku bisnis di ekosistem menerapkan operasional berkelanjutan.

Upaya mendorong operasional berkelanjutan digelar Lazada Logistics dalam program Lazada Sustainability Academy Awards 2024. SVP Logistics, Lazada Indonesia Adiputra Wiharja menjelaskan, permasalahan lingkungan turut mendorong Lazada untuk juga berfokus pada upaya pertumbuhan berkelanjutan dalam ekosistem digitalnya.

“Kami menyadari bahwa upaya keberlanjutan selayaknya menjadi upaya kolektif di antara semua pemangku kepentingan di dalam ekosistem ekonomi digital Lazada. Karena itulah, Lazada tidak hanya berfokus pada upaya keberlanjutan di dalam perusahaan sendiri, namun juga mendorong para pelaku bisnis di dalam ekosistem Lazada untuk lebih memahami konsep keberlanjutan dan mengintegrasikan ke dalam operasional bisnis,” kata Adiputra pada Lazada Sustainability Academy Awards 2024 Rabu (27/3/2024) di Jakarta.

Menurut dia, Lazada Sustainability Academy Awards 2024 ini menjadi upaya kami untuk memberikan apresiasi kepada para penjual di Lazada yang memiliki kepedulian serta mulai bertransformasi ke arah keberlanjutan di dalam operasional bisnisnya.

Baca juga :   Transaksi e-Commerce Diproyeksi Bisa Capai Rp1,2 Triliun, Ini Ide Jualan Yang Bakal Tren di 2025

“Ini menjadi upaya kami mendorong operasional berkelanjutan dari para pelaku bisnis di ekosistem Lazada, baik dari kerangka lingkungan, sosial, maupun tata kelola bisnis (ESG), sekaligus mengapresiasi para pelaku bisnis yang mulai bergerak ke arah operasional yang berkelanjutan,” ungkap Adiputra lagi.

Lazada Sustainability Academy Awards 2024 merupakan bagian dari inisiatif dalam kerangka ESG dari Lazada Group, Lazada Sustainability Academy (LSA).

“Harapan kami, acara Lazada Sustainability Academy Awards dapat menjadi katalis dalam pengadopsian model bisnis berkelanjutan bagi para penjual yang berjualan secara online, sehingga mengurangi limbah, melestarikan sumber daya, dan berkontribusi terhadap bumi yang
lebih sehat. Di sisi lain e-commerce tidak hanya berkembang secara ekonomi namun juga memainkan peran penting dalam mencapai tujuan keberlanjutan secara global,” ungkap Adiputra.

Sementara itu, Asisten Deputi Delimitasi Zona Maritim dan Kawasan Perbatasan Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) Sora Lokita mengatakan, sebagai komponen utama sektor perekonomian, UKM memiliki tanggung jawab untuk mengutamakan praktik produksi yang ramah lingkungan,
memastikan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Peranan penting ini harus disertai dengan dukungan konkret dari para pemangku kebijakan, termasuk pemerintah dan platform e-commerce.

Baca juga :   13 Pengembang Game Indonesia Bakal Tampil di Gamescom 2022

“Di tengah pertumbuhan ekonomi yang pesat, kita tidak boleh melupakan tanggung jawab atas tantangan lingkungan yang semakin mendesak terhadap bumi. Inisiatif keberlanjutan yang diluncurkan oleh
Lazada telah membuktikan bahwa kita dapat mencapai kesuksesan ekonomi sambil menjaga lingkungan hidup,” katanya.

Dalam diskusi panel Lazada Sustainability Academy Awards 2024 brand penyedia perlengkapan kegiatan luar ruang dari Indonesia, EIGER Adventure (EIGER)
juga turut memberikan dorongan kepada para penjual yang hadir dalam acara tersebut.

“Keberlanjutan adalah salah satu kunci dari strategi bisnis setiap perusahaan yang mau
berkembang. Penerapan prinsip keberlanjutan di EIGER menjadi bentuk komitmen EIGER untuk bisa menjadi bagian dari solusi permasalahan lingkungan. Kami pun senang karena komitmen kami mulai dari hulu hingga di hilir bisa diterima baik oleh para pelanggan kami. Bahkan
menjadikan pengalaman belanja di EIGER dengan berbagai koleksi produk yang terbuat dari material terbarukan, menjadi pengalaman belanja baru yang ‘lebih hijau’,” ungkap Jason Edward Wuysang Marketing
General Manager EIGER.

Baca juga :   Dukung Pengembangan Pengusaha Lokal, Shoppe Gelar “Roadshow Kampus Shopee”

Sementara Sustainability and ESG Lead Funding Societies, Modalku Group Annette Aprilana mengatakan, sebagian besar pelaku bisnis merasa bahwa upaya keberlanjutan membutuhkan investasi dan modal besar. Padahal dengan pengetahuan yang tepat akan konsep keberlanjutan, ditambah dengan pemahaman akan tujuan usaha pelaku bisnis akan bisa memulai perjalanankeberlanjutannya dengan tetap mendapatkan keuntungan.

“Kami di Modalku siap untuk membuka akses pada pembiayaan serta pendampingan bagi penjual yang serius menjalankan operasional berkelanjutan,” ucapnya.

Program Lazada Sustainability Academy Awards 2024 memilih 5 pemenang berdasarkan parameter penilaian, yaitu Purpose (sosial), Profit (ekonomi), People (manusia), serta Planet (lingkungan). Mereka adalah Berkah Wangi Parfum, Al-Mubarokah Herbal, GUDANG JEAN’S, Chipa dan Damai Fashion.

 

STEVY WIDIA

Tags: Al-Mubarokah HerbalBerkah Wangi ParfumChipaDamai FashionGUDANG JEAN’SLazada IndonesiaLazada LogisticsLazada Sustainability Academy Awards 2024
Previous Post

OYO Sediakan Modal Investasi Bagi Mitra untuk Standarisasi Properti di Indonesia

Next Post

INDODAX Kuasai Marketshare Industri Kripto Indonesia

Related Posts

Lazada Hadirkan Beragam Fitur Berbasis AI dan Panduan untuk Bantu Penjual Maksimalkan Bisnis
Headline

Penjualan Lazada 9.9 Mega Brands Sale 2025 Meningkat, AI Jadi Pendorong Performa

20 September 2025
0
Lazada Hadirkan Beragam Fitur Berbasis AI dan Panduan untuk Bantu Penjual Maksimalkan Bisnis
News

Lazada Hadirkan Beragam Fitur Berbasis AI dan Panduan untuk Bantu Penjual Maksimalkan Bisnis

2 Juli 2025
0
Headline

Program Afiliasi Dorong Pemberdayaan Talenta Digital

13 Juni 2025
0
Load More
Next Post
industri kripto

INDODAX Kuasai Marketshare Industri Kripto Indonesia

Amar Bank x eFishery

Salurkan Pendanaan Rp100 Miliar ke Pembudidaya Ikan, Amar Bank Gandeng eFishery

Beasiswa Bakti BCA 2024

700 Mahasiswa Terima Beasiswa Bakti BCA 2024

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version