youngster.id - Perkembangan ekosistem ekonomi digital Indonesia berdampak besar pada ekonomi Indonesia. Di sisi lain pertumbuhan itu menimbulkan persoalan lingkungan termasuk limbah plastik. Hal ini mendorong Lazada Indonesia (Lazada) mendorong para pelaku bisnis di ekosistem menerapkan operasional berkelanjutan.
Upaya mendorong operasional berkelanjutan digelar Lazada Logistics dalam program Lazada Sustainability Academy Awards 2024. SVP Logistics, Lazada Indonesia Adiputra Wiharja menjelaskan, permasalahan lingkungan turut mendorong Lazada untuk juga berfokus pada upaya pertumbuhan berkelanjutan dalam ekosistem digitalnya.
“Kami menyadari bahwa upaya keberlanjutan selayaknya menjadi upaya kolektif di antara semua pemangku kepentingan di dalam ekosistem ekonomi digital Lazada. Karena itulah, Lazada tidak hanya berfokus pada upaya keberlanjutan di dalam perusahaan sendiri, namun juga mendorong para pelaku bisnis di dalam ekosistem Lazada untuk lebih memahami konsep keberlanjutan dan mengintegrasikan ke dalam operasional bisnis,” kata Adiputra pada Lazada Sustainability Academy Awards 2024 Rabu (27/3/2024) di Jakarta.
Menurut dia, Lazada Sustainability Academy Awards 2024 ini menjadi upaya kami untuk memberikan apresiasi kepada para penjual di Lazada yang memiliki kepedulian serta mulai bertransformasi ke arah keberlanjutan di dalam operasional bisnisnya.
“Ini menjadi upaya kami mendorong operasional berkelanjutan dari para pelaku bisnis di ekosistem Lazada, baik dari kerangka lingkungan, sosial, maupun tata kelola bisnis (ESG), sekaligus mengapresiasi para pelaku bisnis yang mulai bergerak ke arah operasional yang berkelanjutan,” ungkap Adiputra lagi.
Lazada Sustainability Academy Awards 2024 merupakan bagian dari inisiatif dalam kerangka ESG dari Lazada Group, Lazada Sustainability Academy (LSA).
“Harapan kami, acara Lazada Sustainability Academy Awards dapat menjadi katalis dalam pengadopsian model bisnis berkelanjutan bagi para penjual yang berjualan secara online, sehingga mengurangi limbah, melestarikan sumber daya, dan berkontribusi terhadap bumi yang
lebih sehat. Di sisi lain e-commerce tidak hanya berkembang secara ekonomi namun juga memainkan peran penting dalam mencapai tujuan keberlanjutan secara global,” ungkap Adiputra.
Sementara itu, Asisten Deputi Delimitasi Zona Maritim dan Kawasan Perbatasan Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) Sora Lokita mengatakan, sebagai komponen utama sektor perekonomian, UKM memiliki tanggung jawab untuk mengutamakan praktik produksi yang ramah lingkungan,
memastikan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Peranan penting ini harus disertai dengan dukungan konkret dari para pemangku kebijakan, termasuk pemerintah dan platform e-commerce.
“Di tengah pertumbuhan ekonomi yang pesat, kita tidak boleh melupakan tanggung jawab atas tantangan lingkungan yang semakin mendesak terhadap bumi. Inisiatif keberlanjutan yang diluncurkan oleh
Lazada telah membuktikan bahwa kita dapat mencapai kesuksesan ekonomi sambil menjaga lingkungan hidup,” katanya.
Dalam diskusi panel Lazada Sustainability Academy Awards 2024 brand penyedia perlengkapan kegiatan luar ruang dari Indonesia, EIGER Adventure (EIGER)
juga turut memberikan dorongan kepada para penjual yang hadir dalam acara tersebut.
“Keberlanjutan adalah salah satu kunci dari strategi bisnis setiap perusahaan yang mau
berkembang. Penerapan prinsip keberlanjutan di EIGER menjadi bentuk komitmen EIGER untuk bisa menjadi bagian dari solusi permasalahan lingkungan. Kami pun senang karena komitmen kami mulai dari hulu hingga di hilir bisa diterima baik oleh para pelanggan kami. Bahkan
menjadikan pengalaman belanja di EIGER dengan berbagai koleksi produk yang terbuat dari material terbarukan, menjadi pengalaman belanja baru yang ‘lebih hijau’,” ungkap Jason Edward Wuysang Marketing
General Manager EIGER.
Sementara Sustainability and ESG Lead Funding Societies, Modalku Group Annette Aprilana mengatakan, sebagian besar pelaku bisnis merasa bahwa upaya keberlanjutan membutuhkan investasi dan modal besar. Padahal dengan pengetahuan yang tepat akan konsep keberlanjutan, ditambah dengan pemahaman akan tujuan usaha pelaku bisnis akan bisa memulai perjalanankeberlanjutannya dengan tetap mendapatkan keuntungan.
“Kami di Modalku siap untuk membuka akses pada pembiayaan serta pendampingan bagi penjual yang serius menjalankan operasional berkelanjutan,” ucapnya.
Program Lazada Sustainability Academy Awards 2024 memilih 5 pemenang berdasarkan parameter penilaian, yaitu Purpose (sosial), Profit (ekonomi), People (manusia), serta Planet (lingkungan). Mereka adalah Berkah Wangi Parfum, Al-Mubarokah Herbal, GUDANG JEAN’S, Chipa dan Damai Fashion.
STEVY WIDIA
Discussion about this post