Lazada Gandeng OTW Tingkatkan Operasional Logistik Ramah Lingkungan

youngster.id - Menurut penelitian dari Global Carbon Project (2022), Indonesia menempati peringkat tujuh sebagai penghasil karbon terbanyak di dunia. Untuk menurunkan emisi karbon sebanyak 29% pada 2030 dan mencapai nol emisi karbon pada 2060, pemerintah mendorong partisipasi sektor swasta dalam upaya ini. Lazada Indonesia menyambut hal ini dengan berbagai inisiatif, termasuk meningkatkan operasional yang lebih ramah lingkungan.

Untuk itu Lazada menjalin kemitraan dengan PT OTW Sinergi Niaga (Orderan Tepat Waktu – OTW) yang seluruhnya menggunakan armada sepeda motor berbasis listrik.

Chief Business Officer Lazada Indonesia, Stefan Winata mengatakan, Lazada berkeinginan membangun ekosistem eCommerce yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Untuk itu berbagai upaya terus dilakukan termasuk meningkatkan operasional yang lebih ramah lingkungan dengan dukungan para mitra strategis seperti OTW.

“Karena itulah kami terus mengembangkan armada #BlueVehicle, armada pengiriman paket yang berbasis listrik dan lebih ramah lingkungan sebagai salah satu upaya pengurangan jejak karbon dalam pengiriman paket kepada pelanggan Lazada, termasuk melalui kolaborasi dengan OTW,” katanya dikutip Jumat (28/6/2024).

Stefan menegaskan, armada #BlueVehicle dikembangkan Lazada untuk pengiriman paket yang lebih ramah lingkungan. Kolaborasi Lazada dengan OTW dengan #BlueVehicle berfokus pada konsumen yang tinggal di area Tangerang, Banten hingga ke Bogor dan Bekasi, Jawa Barat.

“Dengan dukungan infrastruktur dan teknologi canggih di Lazada, serta keahlian dan pengetahuan lokal dari para mitra strategis seperti OTW, kami berharap bisa terus memperluas kemitraan Lazada dengan banyak mitra lokal Indonesia demi memperluas akses masyarakat ke ekosistem ekonomi digital yang lebih inklusif dan berkelanjutan,” ucapnya.

Sejalan dengan Lazada, OTW memiliki perhatian besar terhadap upaya keberlanjutan dan juga berupaya menjalankan operasional yang lebih ramah lingkungan.

“Kami menyadari bahwa operasional logistik lekat dengan berbagai isu lingkungan, namun hal ini tidak menjadi penghalang bagi kami untuk tetap melayani konsumen dengan baik sembari berupaya mengurangi emisi gas karbon. Kerja sama dengan Lazada menjadi salah satu bentuk perwujudan kami mencapai visi ini,” kata Gary Prawira Chief Executive Officer OTW.

Menurut dia, OTW memang didirikan di tahun 2023 dengan visi mengurangi emisi karbon dalam pengiriman paket melalui penggunaan kendaraan listrik.

Dengan rata-rata biaya pengisian daya hingga penuh sebesar kurang dari Rp5 ribu, kendaraan berbasis listrik mitra kurir bisa menempuh jarak hingga 100 kilometer, menjadikannya jauh lebih hemat dibandingkan penggunaan bahan bakar bensin. Di semua fasilitas logistik (hub) OTW yang melayani pengiriman paket ke konsumen Lazada pun tersedia fasilitas pengisian daya kendaraan ini, menjadikan kurir bisa mengisi daya kendaraan sembari melakukan pemuatan paket yang akan dikirimkan ke konsumen.

Upaya ini juga berdampak positif pada kesejahteraan mitra kurir Lazada di OTW.

“Penggunaan kendaraan listrik tidak hanya menekan dampak lingkungan pada operasional logistik, tetapi juga mendorong efisiensi yang memberikan keuntungan pada mitra kurir. Sejak penggunaan kendaraan berbasis listrik, kurir kami dapat menghemat waktu dan energi karena pengisian daya kendaraan dapat dilakukan dengan mudah di mana saja selama perangkat dan daya listrik mendukung. Selain itu, pemakaian kendaraan listrik dapat mengeliminasi biaya bensin yang berujung pada pendapatan mitra kurir yang lebih menguntungkan,” pungkas Gary.

 

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version