Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Lazada Hadirkan Layanan Berbasis GenAI, Bantu Konsumen Berburu Diskon

30 Juli 2025
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Lazada Hadirkan Layanan Berbasis GenAI, Bantu Konsumen Berburu Diskon

Head of Business Growth and Operations Lazada Indonesia Amelia Tediarjo. (Foto: stevywidia/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Di era industri e-Commerce yang dinamis, penyedia platform dituntut memberikan rasa “personal” bagi para pembeli. Dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) Lazada mengembangkan layanan berbasis GenAI yang tak hanya mampu memberikan rekomendasi produk yang lebih personal, tetapi juga membantu pelanggan mendapat diskon saat belanja online.

Bayangkan Anda sedang scrolling mencari produk impian setelah gajian, dan tiba-tiba notifikasi ponsel memunculkan informasi mengenai diskon fantastis atas produk yang baru saja dicari; semua ini terjadi karena AI.

“Kami menyadari bahwa peran AI saat ini telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat sehari-hari, seperti dalam pengambilan keputusan belanja online. Kami melihat bagaimana konsumen semakin cerdas dalam mencari penawaran terbaik, termasuk voucher dan diskon. Pemahaman ini mendorong kami untuk terus berinvestasi pada pengembangan teknologi, termasuk AI, untuk menyajikan pengalaman belanja yang cerdas dan personal,” ucap Amelia Tediarjo Head of Business Growth and Operations Lazada Indonesia dikutip Rabu (30/7/2025).

Baca juga :   Momen Imlek Buat Volume Transaksi Shopback Naik 70%

Pengembangan layanan bernama AI Lazzie ini berangkat dari Riset Kantar dan Lazada berjudul Adopsi Artificial Intelligence (AI) dalam eCommerce di Asia Tenggara (2024). Hasilnya mengungkap hampir semua konsumen yang berbelanja online di Indonesia (96%) meyakini bahwa AI dapat memilah produk-produk yang lebih relevan dan sesuai dengan preferensi mereka. Namun, 49% diantaranya mengaku bahwa ketinggalan voucher dan diskon merupakan permasalahan utama saat berbelanja online.

Riset yang sama juga mengungkap keputusan pembelian konsumen tak hanya dipengaruhi oleh kualitas produk (54%), tapi juga oleh harga yang kompetitif (54%), dan ketersediaan voucher, diskon, atau penawaran lainnya (51%). Selain itu, 36% juga mengungkapkan bahwa mereka secara aktif membanding-bandingkan harga, mencari flash-sale, dan menunggu waktu promosi untuk mendapatkan harga terbaik—yang sering kali disebut juga sebagai konsumen cerdas.

Baca juga :   JD.ID Gelar “Annual Seller Engagement 2019”

“Lazada sebagai pionir dalam penerapan AI dan GenAI pada platform eCommerce di Asia Tenggara, mengembangkan layanan berbasis AI yang tak hanya mampu memberikan rekomendasi produk yang lebih personal, tetapi juga menjawab kebutuhan konsumen akan informasi penawaran terbaru,” kata Amelia.

Dia menegaskan, dengan AI Lazzie, Lazada merancang asisten belanja personal berbasis AI yang mampu melayani konsumen setiap saat. Bagi konsumen cerdas yang kritis harga, AI Lazzie juga bisa digunakan untuk mencari penawaran menarik secara cepat, tanpa mereka harus mencari diskon atau voucher secara manual.

Layanan ini sekaligus menciptakan pengalaman belanja yang lebih personal, interaktif, dan efisien bagi konsumen, terutama pada periode-periode kampanye yang menghadirkan berbagai penawaran menarik, seperti Lazada PayDay Sale.

“Kemampuan AI dalam menyaring dan menganalisis informasi dalam skala besar memungkinkan platform eCommerce seperti Lazada untuk memahami kebutuhan konsumen dengan lebih tepat. Karenanya, Lazada akan terus berinvestasi dalam pengembangan teknologi berbasis AI dan GenAI demi menciptakan pengalaman belanja online terbaik bagi konsumen kami,” tutup Amelia.

Baca juga :   Dari 11 Juta Penjual di Tokopedia Hampir 100% Pelaku UMKM

AI Lazzie dilengkapi dengan empat fitur utama yang secara signifikan meningkatkan proses transaksi bagi konsumen dan penjual:

Pesan+: Fitur messaging personal yang mampu memberikan rekomendasi belanja, akses ke voucher tersembunyi, hingga berbagai penawaran spesial untuk konsumen.

Model Try-On: Pengalaman belanja imersif dengan model virtual untuk menemukan ukuran dan bentuk pakaian yang pas.

Deskripsi Produk Berbasis AI: Membuat deskripsi produk yang menarik dan relevan, menyoroti keunggulan utama sesuai dengan preferensi pengguna.

Ulasan Cerdas Berbasis AI: Meringkas ulasan produk secara cerdas dan memberikan informasi singkat untuk keputusan belanja yang lebih cepat dan tepat.

 

 

STEVY WIDIA

Tags: AI Lazziee-commerceGenAILazada
Previous Post

Startup TaniHub Tersandung Kasus Korupsi dan Pencucian Uang

Next Post

East Ventures Fokus Pendanaan Pada Sektor AI, Kesehatan, Konsumer dan Lingkungan

Related Posts

Lazada Hadirkan Beragam Fitur Berbasis AI dan Panduan untuk Bantu Penjual Maksimalkan Bisnis
Headline

Penjualan Lazada 9.9 Mega Brands Sale 2025 Meningkat, AI Jadi Pendorong Performa

20 September 2025
0
e-commerce
Headline

Pasar e-Commerce Indonesia Peringkat 2 Terdinamis di Dunia

17 September 2025
0
Blibli dan Grab Hadirkan Green Delivery, Prioritaskan Layanan Dengan Kendaraan Ramah Lingkungan
Headline

Blibli Jaga Pertumbuhan Bisnis Dengan Ekosistem Perdagangan Omnichannel

15 September 2025
0
Load More
Next Post
East Ventures Tim

East Ventures Fokus Pendanaan Pada Sektor AI, Kesehatan, Konsumer dan Lingkungan

bisnis logistik

Dikontribusi Bisnis Logistik, Pendapatan ASSA Naik 20% YoY di Paruh Pertama 2025

Jasuindo

Perluas Jangkauan Pasar, Jasuindo Catat Penjualan Rp666,50 Miliar di Paruh Pertama 2025

Discussion about this post

Recent Updates

Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version