youngster.id - Pada periode Ramadan 3.3 Sale, Lazada Indonesia mencatat peningkatan traffic, yang diikuti dengan peningkatan nilai transaksi hingga 55% dibandingkan hari biasa. Rata-rata total pembelanjaan per pelanggan pun mengalami peningkatan hingga 4 kali lebih besar dibandingkan dengan rata-rata pembelanjaan per pelanggan di periode awal Ramadan tahun lalu.
Head of Operations Lazada Indonesia, Amelia Tediarjo mengungkapkan, pada periode Ramadan 3.3 Sale, Lazada mencatat peningkatan traffic, yang diikuti dengan peningkatan nilai transaksi hingga 55% dibandingkan hari biasa.
“Rata-rata total pembelanjaan per pelanggan pun mengalami peningkatan hingga 4 kali lebih besar dibandingkan dengan rata-rata pembelanjaan per pelanggan di periode awal Ramadan tahun lalu,” ungkap Amelia pada jumpa pers, Jumat (15/3/2025) di Jakarta.
Pada periode ini, Lazada Indonesia menghadirkan rangkaian Ramadan Sale yang berlangsung sejak 28 Februari hingga 3 April 2025. Menurut Amelia, aktivitas ini untuk mengakomodir kebutuhan pelanggan dari awal Ramadan sampai Lebaran. Selain itu, ada Ramadan 3.3 Sale (2 – 7 Maret 2025), diikuti dengan promo khusus berbagai kategori yang berbeda, seperti Ramadan Fashion Festival (10 – 15 Maret 2025).
“Di promo belanja Ramadan Sale kali ini, kami menggelar berbagai promo tematik, menyesuaikan kebutuhan konsumen yang berubah dengan cepat. Kami memahami pada awal Ramadan, pola konsumsi lebih condong ke arah kebutuhan harian, sedangkan untuk kategori fesyen merupakan kategori yang menonjol sepanjang bulan. Uniknya, tahun ini kategori pakaian pria adalah salah satu yang mendorong kenaikan kategori fesyen secara signifikan, terutama untuk baju muslim pria,” paparnya.
Selain itu Amelia juga mengungkapkan, minat pelanggan juga tinggi terhadap kolaborasi Lazada dengan berbagai brand ternama. Berkolaborasi dengan brand F&B seperti Chigo x Flip, Bakmi GM, Chatime, dan Kopi Kenangan dalam program ‘Buka Puasa Gratis’. Lewat program ini Lazada mentraktir pelanggan melalui voucher makan seharga Rp1. Hasilnya sekitar 600 voucher dibeli pelanggan dan angka ini diproyeksikan terus bertambah hingga program berakhir di tanggal 31 Maret.
Keunikan lainnya ada pada penjualan perangkat elektronik seperti smartphone dan televisi, yang biasanya diburu pelanggan setelah menerima THR kini sudah meningkat bahkan dari minggu-minggu pertama Ramadan
Melanjutkan kesuksesan dan antusiasme masyarakat yang kian meningkat jelang Hari Raya, Lazada menghadirkan kampanye puncak Ramadan Mega Sale pada 16 hingga 26 Maret 2025. Pada kampanye ini, pelanggan bisa menikmati diskon hingga 90% melalui Crazy Brand Mega Offer dan voucher bonus sampai Rp1.446.000 yang bisa dikumpulkan hanya dengan membuka aplikasi Lazada. Lazada juga menghadirkan promo spesial kebutuhan Ramadan serba Rp14.460 untuk kebutuhan harian ataupun hampers Lebaran.
Untuk mendukung antusiasme masyarakat dalam berbelanja selama Ramadan, e-commerce ini memastikan pengiriman cepat dengan memperkuat sistem logistik dan gudang. Selain itu, pelanggan juga dapat memanfaatkan fitur AI Lazzie dan temukan inspirasi belanja, mulai dari rekomendasi produk yang terpersonalisasi, ide hampers, fashion terkini, hingga inspirasi masakan.
“Pada Ramadan tahun ini, kami ingin memberikan pengalaman belanja yang nyaman dan praktis bagi pelanggan. Dengan berbagai penawaran spesial, kanal unggulan, hingga fitur berbasis teknologi, kami berharap pelanggan dapat memenuhi semua kebutuhannya untuk menyambut Hari Kemenangan,” ujar Amel.
Selain itu, Lazada menghadirkan kesempatan spesial bagi pelanggan selama periode 17 hingga 21 Maret 2025 untuk mendapatkan Yamaha Grand Filano dengan harga spesial Rp14.460.000, dari harga normal Rp28 jutaan. Penawaran ini hanya tersedia pada pukul 00.00 WIB setiap hari selama periode Ramadan Mega Sale berlangsung, dengan jumlah unit yang terbatas.
Lazada juga kembali memberikan kesempatan spesial bagi pelanggan untuk mewujudkan impian umrah ke Tanah Suci.
“Melanjutkan antusiasme dari kampanye tahun lalu, kami kembali memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk mewujudkan impian beribadah ke Tanah Suci melalui program umrah gratis di Ramadan tahun ini. Kami berharap inisiatif ini bisa menambah keberkahan dan kebahagiaan bagi pelanggan setia Lazada,” pungkas Amelia.
STEVY WIDIA
Discussion about this post